Jenis-Jenis Arwana Banjar dan Harganya

Beberapa jenis arwana banjar
Jenis arwana banjar

Salah satu jenis arwana yang terkenal adalah arwana banjar, dimana arwana jenis banjar juga terbagi lagi menjadi tiga jenis. Familia Osteoglossidae atau arowana atau sering disebut arwana merupakan jenis ikan tawar purba yang telah tersebar di dunia mulai dari Amerika Selatan, Australia, Asia tenggara, hingga Afrika.

Menurut studi genetik serta temuan fosil menunjukkan bahwa ikan ini telah hidup setidaknya selama 220 juta tahun di bumi.

Karakteristik ikan ini sendiri sangat unik, keunikan ini terdapat pada bentuk sisik dan bentuk mulut arwana yang moncong. Semua jenis arwana memiliki kunikan tersebut, hanya biasanya berbeda berdasarkan warna atau karakteristik sisik dan bentuk mulut.

Jenis-Jenis Arwana Banjar dan Harganya


Umumnya arwana jenis banjar mempunyai warna merah dengan level dua, namun warnanya tidak seperti arwana merah. Biasanya panjang arwana jenis banjar ini sekitar 90 cm, sehingga akan memerlukan akuraium yang cukup besar untuk memeliharanya.

Terlebih lagi ikan ini terkenal sangat aktif dalam bergerak. Ciri khas dari ikan ini adalah siripnya yang berwarna oranye serta ekornya yang berwarna kekuningan, namun tetap setiap jenis arwana banjar memiliki perbedaan baik cirinya maupun harganya seperti yang akan diulas di bawah ini.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Arwana

1. Arwana Banjar Red


Arwana banjar merah

Ikan arwana banjar red mempunyai tubuh yang berwarna kuning kehijauan dan sirip yang berwarna merah, hal inilah yang menyebabkan ikan ini sering disebut sebagai arwana sirip merah atau red fin arwana.

Biasanya mata arwana jenis banjar red ini rentan juling karena stres, hal ini dapat dilihat dari pandangan ikan yang selalu ke bawah dan cara berenangnya yang tidak tenang.

Namun arwana jenis ini dikenal baik oleh para hobiis karena penampilannya, sehingga tidak heran jika banak dari mereka yang mencari ikan ini. Di Kalimantan Barat sebagai daerah asalnya, ikan ini sering disebut sebagai siluk sirip merah atau sang naga sirip merah.

Ikan ini termasuk ke dalam jenis banjar murah, karena harganya di bawah jenis ikan arwana banjar lainnya. Umumnya harga ikan ini akan dibandrol sekitar Rp. 8.000.000 per ekornya di pasaran, sedangkan untuk anakan akan dibandrol sekitar Rp. 650.000 per ekornya.

2. Arwana Banjar Golden Red


Gambar arwana banjar gold red

Ikan arwana banjar golden red sering disebut juga arwana banjar kuning, hal ini dikarenakan ikan ini mempunyai kilauan sisik yang berwarna kuning keemasan setara dengan keindahan arwana banjar super red.

Pada bagian ring sisik yang berwarna coklat juga nampak seperti kuning keemasan, dimana hampir semua siripnya berwarna kuning kecoklatan.

Tubuh ikan ini sangat tebal dan lebar, namun cara berenangnya tetap berwiwabawa, santai, dan tenang. Mata ikan ini akan menghadap ke atas ketika berenang, dimana sungut coklat mudanya juga mengarah ke atas. Jenis arwana ini sering disebut sebagai sang naga emas atau golden dragon.

Sedangkan harganya lebih mahal dibanding banjar red, yaitu sekitar Rp. 15.000.000 per ekornya. Apabila anda membeli yang bersertifikat, maka akan dibandrol sekitar Rp. 20.000.000 per ekornya dan anakannya sekitar Rp. 3.000.000 per ekornya di pasaran.

3. Arwana Banjar Super Red


Gambar arwana banjar super red

Ikan arwana jenis super red terkenal akan kualitasnya yang sangat bagus, dimana ikan ini memiliki sisik yang berkilau dengan warna merah layaknya permata merah delima.

Jarang sekali ditemukan kecacatan dalam tubuh ikan ini, dimana bentuk siripnya rapih dan matanya tidak juling seperti ikan arwana banjar red.

Biasanya ikan ini disebut sebagai Le Tiaw Lung atau sang pembawa keberuntungan, sehingga dengan kualitasnya yang sangat bagus tersebut menyebabkan harga banjar super red ini cukup mahal di pasaran dibandingkan dengan jenis arwana banjar lainnya.

Untuk ikan arwana jenis banjar super red yang telah dewasa akan dibandrol sekitar Rp. 25.000.000 per ekornya, namun jika kualitasnya sangat bagus maka bisa mencapai ratusan juta rupiah per ekornya. Sedangkan untuk anakannya yang berukuran 10 cm akan dibandrol sekitar Rp. 350.000 per ekornya.

Baca juga: Tips Cara Merawat Ikan Arwana Secara mudah

Merujuk dari ketiga jenis arwana banjar tersebut, maka dapat diketahui bahwa arwana jenis banjar ini juga mempunyai kualitas yang cukup baik dibandingkan jenis arwana lainnya. Cirinya yang unik dan warnanya yang khas lah yang membuatnya diminati oleh para hobiis. Semoga bermanfaat.

Labels: Ikan arwana

Thanks for reading Jenis-Jenis Arwana Banjar dan Harganya. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Jenis-Jenis Arwana Banjar dan Harganya"