Kenali Secara Lebih Jeli Ikan Discus Red Melon

Ikan jenis discus red melon

Bagi para pencinta ikan hias secara umum mungkin nama ikan Discus Red Melon mungkin terkesan asing dan jarang kita temui di pasaran ikan hias di Indonesia. Hal ini disebabkan karena ikan ini merupakan ikan impor yang tidak dikembangbiakan secara luar dan berasa dari sungai Amazon di negara Brazil. Ikan yang memiliki nama latin Symphysodon Discus memiliki karakteristik yang khas yakni memiliki warna yang sangat khas yakni merah cerah seperti buah semangka.

Ikan ini memiliki bentuk tubuh cakram dan memiliki gaya berenang yang anggun sehingga enak dilihat bagi para pemeliharanya. Ikan ini sangat sulit untuk dibiakan yang membutuhkan suhu dan pH yang tepat untuk mendukung performa hidup ikan ini. Oleh karena itu sebelum anda memilih dan juga membeli ikan Discus favorit anda maka anda perlu mempelajari seluk beluk dari ikan Discus jenis Watermelon. Berikut ini ulasan singkat dan padat terkait jenis ikan Discus Watermelon.

Informatif Ikan Discus Red Melon


Ikan Discus terkenal dengan keindahan corak warna merah cerah yang identik dengan warna semangka di seluruh sisik yang terbentang di badan dan ujung ekornya.Ikan Discus merupakan ikan hias yang terkenal dengan peminatnya yang banyak dari mancanegara terutama dari negara Eropa dan Jepang. Jika anda tertarik untuk memelihara ikan ini, terlebih dahulu ketahuilah informasi lengkap terkait spesies ikan hias Discus Watermelon dalam ulasan di bawah ini.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Discus

Selak Beluk Varian Ikan Discus Red Melon


Gambar discus red melon

1. Karakteristik Ikan Discus

Ikan Discus murah maupun yang mahal memiliki karakteristik general yang sama yakni memiliki warna kemerahan cerah dengan warna bagian kepala yang putih agak kekuningan. Selain itu mata ikan ini berwarna merah dan memiliki tubuh yang berbentuk cakram pipih. Bentuk tubuh ini menyesuaikan dengan kebiasaan ikan Discus ini yang suka berada diantara ranting dan akar pohon.

2. Habitat Ikan Discus

Ikan Discus jenis ini yang merupakan golongan spesies ikan Cichild seringkali hidup di daerah sungai yang memiliki deras arus yang tenang.Tidak hanya itu ikan jenis ini sangat menyukai tinggal diantara ranting-ranting, akar, maupun dedaunan yang ditujukan untuk mempertahankan diri mereka.

3. Asupan Makanan Ikan Discus

Dikarenakan ikan Discus juga masih tergolong karnivora ikan ini sangat suka kombinasi makanan nabati dan daging. Sangat direkomendasikan untuk memberikan pelet cacing tubifex atau biasa dikenal dengan cacing sutra karena asupan makanan ini sangat bergizi dan membantu ikan untuk bertumbuh besar. Pemberian makanan dilakukan secara rutin dalam rentang waktu dua kali sehari.

4. Metode Pengembangbiakan dan Pemeliharaan Ikan Discuss

Hal yang perlu anda lakukan pertama kali dalam proses pengembangbiakan ikan Discus Red Melon adalah menyiapkan akuarium dengan ukuran 100x50x50 cm dengan berisi air 30 cm serta diberi substract berupa paralon. Masukanlah sepasang induk betina dan jantan selanjutnya proses pembuahan akan dilakukan setelah pasangan ikan tersebut. Kemudian bersihkan permukaan paralon dari lumut. Ikan tersebut akan berenang bersama yang merupakan proses betina menempelkan telur yang sudah dibuahi jantan pada paralon yang sudah dibersihkan secara beraturan.

Telur ikanya akan menetas dalam waktu 46 hingga 60 jam setelah itu dalam waktu 4 hari larva ikan ini akan mulai melekat pada tubuh induknya setelah waktu 2-3 minggu larva tersebut mulai bertumbuh secara signifikan sehingga perlu diberi panganan cacing sutra secara rutin sampi beranjak besar.

Baca juga: 5 Tips Terbaik Cara Memelihara Ikan Discus

5. Harga Pembelian Ikan Discus

Harga yang ditawarkan untuk bisa mendapatkan ikan ini sangat bervariasi tergantung pada keindahan warna dan motif beserta keunikan bentuk tubuhnya. Secara umum harga ikan Discus anakan dihargai sekitar Rp. 50.000,- sampai Rp. 150.000,- per ekornya. Namun untuk ukuran dewasa dijual dengan harga Discus termahal sekitar harga Rp. 600.000,- untuk pembelian setiap ekornya.

Meski ikan Discus termasuk golongan ikan hias yang sulit untuk dipelihara dan dikembangbiakan namun kesulitan tersebut pada akhirnya akan terbayar saat menikmati keindahan corak warna dan keunikan ikan ini.

Lihat juga: Daftar Harga Ikan Discus

Sekian ulasan yang bisa kami sampaikan dalam kesempatan artikel kali ini. Semoga informasi ini dapat menjadi panduan anda untuk bisa memiliki ikan Discus Red Melon dengan kualitas terbaik

Labels: Ikan discus

Thanks for reading Kenali Secara Lebih Jeli Ikan Discus Red Melon. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Kenali Secara Lebih Jeli Ikan Discus Red Melon"