Jenis Ikan Koi dan Harga Terbaru saat ini

Gambar dan jenis ikan koi
Jenis ikan koi dan harganya

Jenis ikan koi dan harganya bervariasi. Ada banyak jenis ikan koi yang membuat ikan koi tampak berbeda, baik warna dan coraknya. Ikan koi merupakan ikan yang banyak sekali peminatnya. Karena warna tubuhnya yang cantik serta menarik membuat koi ini cocok menjadi ikan hias di akuarium.

Ikan yang bernama latin Cyprinus carpio ini dikenal dengan kecantikan warna tubuhnya yang penuh corak serta sifatnya yang jinak. Ikan koi berasal dari Jepang dan merupakan ikan yang biasa dipelihara oleh para pecinta ikan. Dalam bahasa Jepang, ikan koi menjadi lambang persahabatan dan simbol cinta. Kata “koi” sendiri berarti cinta dalam bahasa Jepang.

Ikan koi memiliki banyak jenis yang berbeda. Jenis ikan koi dan harganya di pasaran pun bervariasi, tergantung dengan ukuran serta keindahan ikan. Artikel ini akan membahas tentang jenis-jenis serta harga ikan koi terbaik.

Jenis Ikan Koi dan Harganya


Ikan koi merupakan kelas ikan yang memiliki banyak jenis. Jenis ikan koi mempengaruhi corak serta warna yang ada di tubuhnya. Ada yang berwara oranye, kuning, coklat, hingga putih. Jenis-jenis inilah yang mempengaruhi harga ikan koi.

Selain yang berasal dari Jepang, ada juga koi lokal yang dibudidayakan secara langsung di dalam negeri. Yang membedakan dengan koi impor yaitu koi lokal biasanya lebih aktif bergerak dan warnanya agak pudar dibanding koi impor. Koi impor lebih mudah ditangkap.

Banyak orang yang masih belum paham dengan nama jenis-jenis ikan koi. Ikan koi biasanya diberi nama dari kata berbahasa Jepang. Jika merupakan percampuran, namanya akan digabung dari nama kedua induknya. Berikut ini akan dijelaskan jenis-jenis ikan koi beserta harganya dan gambar koi.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Koi

1. Koi Bekko

Jenis dan harga koi bekko terbaru

Ikan koi bekko merupakan jenis ikan koi yang memiliki corak tidak terlalu banyak di tubuhnya. Warna dasar kulit ikan ini bisa oranye, kuning, atau putih dengan corak berwarna hitam. Corak ini tersebar tidak merata. Kadang corak ini luas dan ada juga corak yang kecil. Harga koi bekko berada di kisaran seratus hingga 250 ribu tergantung ukuran panjang dan besarnya.

2. Koi Kohaku

Jenis dan harga ikan koi kohaku terbaru
koisale.com

Biasanya, jenis koi ini sering dipelihara di kolam sebagai ikan hias. Koi kohaku merupakan jenis koi yang sering ditemukan karena warnanya yang indah. Koi kohaku memiliki warna dasar putih dengan corak berwarna oranye,merah, atau hitam. Ada jenis yang hanya berwarna putih corak merah, ada juga yang coraknya campuran. Harga koi termahal ini rata-rata mencapai 500 hingga 600 ribu rupiah dengan ukuran 40 cm.

3. Koi Utsurimono

harga terbaru ikan koi jenis utsuri

Jenis ikan koi dan harganya yang satu ini memiliki warna dasar hitam atau lebih banyak corak hitam di tubuhnya. Ada yang berwarna hitam-kuning, hitam-putih, dan hitam-oranye namun dengan warna hitam yang lebih mendominasi. Harganya berkisar 40 hingga 50 ribu per ekor dengan ukuran 20cm.

4. Koi Tancho

Jenis gambar dan harga koi tancho
Harga Koi tancho

Koi Tancho adalah ikan koi yang terbilang unik karena berbeda dengan lainnya. warna dasar koi ini bisa putih atau hitam. Yang membuat unik adalah terdapat lingkaran berwarna merah di kepalanya. Terkadang, di tubuhnya terdapat corak lain yang tersebar. Koi tancho dihargai untuk ukuran 30-35 cm sekitar 350 ribu rupiah per ekornya.

5. Koi Asagi

Gambar ikan koi asagi
Gambar koi asagi

Koi asagi merupakan jenis ikan koi yang juga cukup unik karena warnanya yang berbeda. Ikan koi asagi memiliki corak warna merah yang letaknya membujur di sepanjang bagian bawah ekor, perut, hingga kepala. Di bagian punggung, terdapat corak seperti totol-totol berwarna silver. Harga ikan koi asagi yaitu sekitar 50 hingga 60 ribu rupiah per ekornya dengan ukuran 18 cm.

6. Koi Slayer

Ini adalah ikan koi jenis slayer
Jenis koi slayer

Ikan koi juga memiliki satu jenis lagi, namun tidak seperti jenis lainnya yang bertotol-totol. Ada jenis ikan koi slayer, yaitu ikan koi yang memiliki sirip yang panjang hingga disebut seperti slayer. Sirip ini tidak hanya berjumlah dua buah, melainkan 4 buah. Dua sirip di depan ditambah dua sirip di bagian belakang yang menjuntai indah membuat koi ini disebut koi slayer.

Koi slayer dihargai sekitar 50 ribu rupiah ketika ukurannya masih 10 cm. untuk ikan koi slayer dewasa yaitu berukuran 40 cm, harganya mencapai 500 ribu rupiah. Ikan koi slayer juga memiliki jenis yang berbeda. Ikan koi slayer yang polos dinamai ikan koi slayer platinum.

Sementara yang memiliki corak berwarna lain dinamai slayer kumpay. Harga ikan slayer platinum lebih mahal dari ikan slayer kumpay yang berkisar di angka 100 ribu rupiah saat dewasa.

Daftar Harga Ikan Koi Update Bulan ini



Ukuran Ikan Koi Harga
Ikan Koi Bekko 35 cm 850.000
Ikan Koi Asagi 18 cm 70.000
Ikan Koi Kohaku 35 cm 600.000
Ikan Koi Sanke 35 cm 900.000
Ikan koi Tancho 35 cm 380.000
Ikan Koi Shiro Utsuri 14 cm 80.000
Ikan Koi Utsurimono 20 cm 60.000
Ikan Koi Hi Utsuri 30 cm 350.000
Ikan Koi Shusui 23 cm 250.000
Ikan Koi Aka Matsuba 20 cm 240.000
Koi Orgon Platinum 50 cm 850.000
Ikan Koi Kujaku 20 cm 200.000
Ikan Koi suragoi 20 cm 150.000
Ikan Koi Budo Goromo 30 cm 450.000

Lihat juga: Jenis Ikan Koi Tercantik di dunia

Jenis ikan koi dan harganya di atas merupakan harga koi yang ada di pasaran. Harganya dapat berbeda sesuai penjual dan kualitas ikan. Jika Anda ingin membeli ikan koi, pastikan Anda mengetahui jenis dan harganya, ya. Anda bisa melihat beberapa referensi gambar koi yang banyak tersebar di internet.

Labels: Ikan koi

Thanks for reading Jenis Ikan Koi dan Harga Terbaru saat ini. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Jenis Ikan Koi dan Harga Terbaru saat ini"