Cara Merawat dan Harga Arwana Green Pino

arwana green pino
Arwana green pino

Arwana green pino adalah salah satu jenis ikan hias. Ikan merupakan salah satu hewan yang bisa dijadikan hewan peliharaan di rumah, biasanya yang sering dipelihara adalah ikan-ikan hias dengan bentuk yang indah.

Salah satu jenis ikan hias yang biasa dipilih adalah ikan arwana, bentuk tubuhnya yang unik dan warnanya yang indah menjadi ketertarikan tersendiri. Ikan arwana sendiri terdiri dari berbagai jenis, salah satunya adalah arwana green pino.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Arwana

Cara Merawat dan Harga Arwana Green Pino


Sebelum merawat arwana jenis green pino ini, tentunya anda harus membelinya terlebih dahulu. Harga green pino sendiri bervariasi, tergantung ukuran yang anda pilih.

Ukuran yang terkecil biasanya sekitar 5 cm sampai yang terbesar sekitar 50 cm, sedangkan harganya mulai dari Rp 150.000 sampai dengan Rp 3.000.000.

Sedangkan cara merawat arwana jenis green pino sebenarnya tidak jauh berbeda dengan merawat jenis arwana lainnya, sehingga jika anda sudah terbiasa merawat ikan arwana maka anda bisa melanjutkan dengan metode yang digunakan.

Baca juga: 6 Tips Cara Merawat Ikan Arwana secara mudah

Namun jika anda belum mengetahui sama sekali cara merawat ikan arwana, maka simaklah ulasan cara merawat arwana green pino di bawah ini.

1. Merawat di Akuarium


Tentunya jika anda terbiasa merawat ikan di dalam akuarium, maka anda harus rajin-rajin untuk merawat ikan di akuarium tersebut. Anda bisa memberikan nuansa yang segar dengan memberikan sedikit hiasan pohon atau batu-batu, namun anda tetap harus menjaga kebersihan akuarium dengan selalu mengganti air secara rutin.

2. Memberi Makan Arwana Jenis Green Pino


Apabila tempat tinggal atau akuarium telah disiapkan, maka anda juga harus menyiapkan makanan yang cocok bagi arwana.

Makanan yang cocok digunakan bagi arwana adalah kelabang atau serangga lainnya seperti jangkrik, kecoa, katak, lipan, kadal, dan udang. Arwana senang memakan serang karena ikan ini merupakan jenis arwana predator, sehingga akan tidak cocok jika anda memberikan makanan ikan yang dijual di toko.

3. Mengontrol dan Mengganti Air


Dalam merawat arwana juga harus melakukan pengontrolan secara rutin setiap hari, dimana yang wajib dilakukan adalah terus mengontrol pH dan suhu air.

Suhu air ideal yang cocok bagi arwana adalah 25 sampai 27 derajat celcius, sehingga anda harus terus memastikan bahwa suhu air tidak dingin dengan cara menyalakan heater.

Sedangkan pH air yang ideal adalah 6 sampai 8.5, jika pH terlalu rendah maka anda bisa memasukkan kapur ke akuarium. Anda juga perlu memerhatikan sanitasi air, dimana anda perlu mengobati air akuarium setiap 3 minggu sekali menggunakan malachite green.

Selain mengontrol pH dan suhu air, anda juga harus rajin untuk mengganti air yang ada di akuarium.

Pergantian air sendiri dibagi menjadi dua yaitu mengganti air setiap 2 hari secara reguler dengan besar volume sekitar 10% dari semua volume air yang ada diakurium, atau menggantinya secara total sekali setiap 3 bulan.

Apabila anda menggunakan air PAM, maka kandung khlor air tersebut harus dibiarkan mengendap selama 24 jam terlebih dahulu kemudian baru bisa dimasukkan ke akuarium.

Baca juga: Jenis Penyakit Arwana dan Tips Cara Mengatasinya

Informasi mengenai cara merawat dan harga arwana green pino tersebut tentu akan sangat membantu jika anda ingin membelinya di toko yang jual green pino, sehingga anda akan dapat menentukan green pino yang paling tepat untuk dijadikan peliharaan. Semoga bermanfaat.

Labels: Ikan arwana

Thanks for reading Cara Merawat dan Harga Arwana Green Pino. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Merawat dan Harga Arwana Green Pino"