5 Cara mudah Budidaya Cacing Sutra Media Nampan

Cara bagaimana budidaya cacing sutra agar berhasil

Blogikan.com - Bagi Anda seorang pemula pastinya cukup merasa asing dengan istilah budidaya cacing sutra media nampan, karena sebenarnya ada banyak media yang dapat digunakan untuk membudiyakan cacing sutera. Banyak orang yang menanyakan sebenarnya apa manfaat dari membudidayakan cacing? Ketahuilah bahwa bahwa cacing sutra ini dapat dijadikan sebagai makanan ikan yang sangat bergizi, bahkan mampu mempercepat pertumbuhan ikan.

Dengan bentuk cacing rambut ini memang cukup membuat orang aneh melihatnya, namun bisnis ini ternyata dapat memberikan keuntungan yang cukup banyak.

Bagi Anda yang tertarik untuk melakukan budidaya cacing sutra yang paling mudah dalam waktu cepat maka cobalah dengan media nampan. Tanpa budget yang besar Anda dapat menghasilkan cacing sutera yang kini sering dicari oleh banyak orang untuk memberi makan spesies ikan.

Nah, dengan demikian maka akan memberikan peluang yang cukup besar bagi Anda yang menjalankan bisnis tersebut. Namun, untuk mencapai keberhasilannya maka ketahui terlebih dahulu cara yang paling tepat dalam artikel ini.

Tutorial Cara Budidaya Cacing Sutra Media Nampan


Persiapan budidaya cacing sutera

Bagi Anda yang ingin mengetahui cara budidaya cacing sutra dengan media nampan maka simak informasi lebih jelasnya dalam uraian list yang ada di bawah ini.

1. Gunakan Rak Bambu


Langkah pertama dalam cara budidaya cacing sutra dengan menggunakan media nampan yaitu Anda harus menyiapkan rak bambu terlebih dahulu sebagai wadah nampan. Jadi, sebelum Anda memulai budidaya cacing sutra menggunakan nampan maka siapkan terlebih dahulu media rak bambu.

Dengan menggunakan rak bambu maka akan membuat cara panen menggunakan rak bambu menjadi sangatlah mudah. Hal tersebut tentunya disebabkan karena Anda dapat menata rapi nampan di setiap rak bambu.

begini ternak cacing sutra

2. Buatlah Kolam Terpal

Berikutnya, setelah Anda menyiapkan rak bambu maka buatlah kolam dengan menggunakan terpal yang diisi air. Tujuan dari dibuatnya kolam terpal yaitu untuk memudahkan mengalirkan makanan utama untuk cacing sutra lewat paralon. Setelah itu, Anda juga dapat meminimalkan jumlah limbah yang disebabkan oleh perkembangbiakan cacing sutra.

Sudahkah Anda mengetahui bahwa kolam terpal ini di isi air seperti kolam kemudian di dalamnya Anda meletakan rak bambu tersebut yang juga sudah di isi berbagai cacing sutra untuk perkembangbiakan.

Dengan menggunakan pola pipa yang mengalirkan air ke dalam nampan tentunya memang bertujuan untuk mengalirkan makanan kepada cacing sutra yang teksture sangatlah lembut dan halus. Apabila Anda memang ingin menjalankan bisnis cacing sutra maka media menggunakan nampan ini sangatlah direkomendasikan untuk Anda.

3. Lubangi Nampan


Sebelum Anda meletakkan nampan di bagian rak bambu maka selanjutnya Anda sebaiknya melubangi nampang terlebih dahulu untuk memberikan ruang kepada cacing sutra. Dengan demikian maka ternak cacing sutra menjadi lebih berhasil dibandingkan dengan berbagai jenis cara budidaya yang lainnya.

Pastikan ketika memilih salah satu media untuk ternak cacing maka sebaiknya janganlah Anda memaksa cacing sutra untuk berkembangbiak pada tempat yang tidak sesuai karena cacing sutra tetaplah makhluk hidup yang perlu bernafas, makan, dan segala pola hidup yang lainnya.

Budidaya cacing sutera media nampan membutuhkan waktu yang cepat. Hal tersebut disebabkan karena budidaya melalui media nampan memang memberikan presentase keberhasilan yang lebih besar dibandingkan dengan media yang lainnya.

4. Susun Nampan


Setelah Anda melubangi nampan maka selanjutnya susunlah nampan dalam rak , tentunya nampan tersebut sudah diisi dengan bibit-bibit cacing sutra. Sekarang ini, memang sudah banyak orang yang menjalankan bisnis cacing sutra yang memberikan jumlah keuntungan cukup banyak. Ketahuilah, harga cacing sutra per kilogramnya sangatlah murah yaitu Rp. 10.000,00.

Cek juga: Daftar Harga Cacing Sutra terbaru

Biasanya, cacing sutra ini digunakan untuk memberikan makan berbagai ikan hias seperti ikan guppy. Nah, bagi Anda yang memiliki ikan hias sangat disarankan untuk memberikan makan cacing sutra yang harganya juga sangat murah.

Manfaat cacing sutra untuk ikan hias

5. Alirkan Air Melalui Pipa Paralon


Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa dalam membuat rak bambu untuk mengalirkan air ataupun makanan ke dalam nampan maka sebaiknya Anda juga menjaga kebersihan pipa. Memang cukup ribet menggunakan media nampan tetapi mengenai keberhasilan budidaya cacing sutranya sudah tidak diragukan lagi.

Dalam menggunakan media nampan Anda juga harus melakukan perawatan media lainnya seperti rak bambu, pipa paralon, dan kolamnya.

Jangan Terkena Sinar Matahari ataupun Hujan
Selain menyiapkan berbagai peralatan dalam melakukan budidaya cacing maka selanjutnya Anda juga harus menghindarkan tempat budidaya tersebut dengan sinar matahari ataupun hujan.

Nah, dalam melakukan budidaya cacing sutra melalui nampang memang harus intensif agar hasil budidayanya sesuai dengan yang diinginkan.

Dari penjelasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa budidaya cacing sutra media nampang memang dapat memberikan keberhasilan yang memiliki presentase cukup besar.

Labels: Cacing sutra

Thanks for reading 5 Cara mudah Budidaya Cacing Sutra Media Nampan. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "5 Cara mudah Budidaya Cacing Sutra Media Nampan"