5 Tips Terbaik Cara Memelihara Ikan Discus Secara Profesional

Info cara memelihara ikan jenis discus
Tips memelihara ikan discus

Cara memelihara ikan Discus tidak jauh berbeda dengan ikan hias lainnya. Ikan hias Discus merupakan ikan hias yang populer dan menjadi favorit masyarakat karena keindahan warnannya yang bervariasi, keanggunan cara berenangnya dan bentuk tubuhnya yang karismatik. Namun dibalik keunggulan itu semua ikan Discus memiliki karakteristik yang sensitif sehingga tingkat perawatan harus lebih tinggi kualitasnya dibandingkan ikan hias lainya dan dilakukan secara hati hati.

Selain penciptaan habitat yang dapat membantu Ikan Discus anda lebih nyaman untuk tinggal hal ini harus diikuti dengan pemberian makanan bergizi beserta suplemenya yang bergizi secara teratur sehingga akan membuat ikan semakin aktif dan juga responsif.

Jangan sampai anda membuat ikan berada dalam kondisi stress karena itu akan membuat ikan menjadi mudah terserang oleh penyakit . Oleh karena itu ada baiknya bagi anda untuk mengetahui cara memelihara ikan Discus dengan membaca ulasan singkat dan berbobot dalam artikel ini.

Cara Memelihara Ikan Discus


Ikan Discus tidak hanya dikenal karena keindahanya semata namun juga dikenal sebagai ikan yang mudah terserang penyakit.

Telah banyak pemelihara ikan ini yang menyerah dan gagal untuk bisa memelihara ikan ini secara benar sehingga pada akhirnya ikan Discus dibiarkan sakit tak berdaya yang kemudian berakhir pada kematian ikan ini.

Tips merawat ikan hias discus

Rangkaian Prosedur Cara Memelihara Ikan Discus


1. Persiapkan Habitat Untuk Merawat Ikan Discus

Salah satu dasar yang harus kita persiapkan untuk merawat ikan Discus secara baik dan benar adalah terkait kondisi habitat tempat tinggal ikan ini.Oleh karena itu setting Aquarium menjadi hal yang penting sebagai rekomendasi usahakan temperature dari air di dalam Akuarium berada sekitar 27-32 derajat. Untuk membentuk kondisi seperti ini diperlukan juga alat pendukung seperti heater untuk bisa memberikan dan mengatur panas di dalam air akuarium sehingga ikan Discus akan hidup lebih nyaman.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Discus

2. Aturlah Penerangan Dalam Akuarium

Selain pembentukan habitat akuarium yang ideal untuk tempat tinggal ikan Discus hal yang perlu ditambahkan dalam cara memelihara ikan Discus yang baik dan benar adalah dengan menambahkan penerangan di akuariumnya. Dengan penerangan yang baik dapat membantu ikan Discus untuk berenang lebih baik dan membuat ikan Discus tidak stress dalam aktivitas hidupnya.

Selain itu penerangan dapat membantu memberi suhu panas jadi bisa dibilang dapat digunakan sebagai cara merawat tanpa heater namun aturlah penerangan sesuai dengan kebutuhan ikan karena penerangan dengan tingkatan yang berlebih akan meningkatkan pertumbuhan lumut dalam akuarium yang berefek buruk pada kesehatan ikan Discus.

3. Jagalah Kebersihan Air Akuarium Secara Rutin

Jika akuarium adalah wadah, air merupakan komponen utama yang menyokong ikan Discus untuk hidup terutama bernapas.Pergantian air dalam akuarium biasanya dilakukan dalam kurun waktur seminggu 1 kali dengan metode pergantian tidak sekaligus keseluruhan air di akuarium namun dilakukan secara bertahap dengan mengurangi air dengan takaran sepertiga lalu baru mengisinya dengan air yang bersih sesuai dengan intensitas air yang berkurang.

Air dengan kondisi yang bagus akan membantu cara merawat ikan yang sakit menjadi sehat secara berangsur serta terhindar dari penyakit.

4. Berikanlah Panganan Dengan Kualitas Terbaik

Asupan makanan juga merupakan hal yang harus dijaga supaya ikan Discus kesayangan anda dapat hidup serta tumbuh dengan baik. Ikan Discus. Cara membuat makanan ikan Discus terdiri atas dua metode yakni alami tanpa adanya proses pembuatan sehingga masih berbentuk bahan mentah meliputi larva serangga,cacing,buah-buahan dalam ukuran kecil sedangkan untuk buatan adalah produk makanan siap saji yang sudah mengandung kandungan gizi berimbang bagi ikan anda seperti pelet.

Direkomendasikan bagi kalian pemelihara ikan Discus untuk memberi makan Cacing tubifek, blood worm, jentik nyamuk, telur udang, pelet yang mengandung vitamin tinggi yang diberikan dalam rentang waktu 1 hari dua kali pemberian makan.

Baca Juga: Mengenal Ikan Discus Red Melon secara lengkap

5. Perhatikan kadar Ph dan Amonia

Terakhir jangan lupa untuk memperhatikan kadar Ph dan Amonia usahakan pertahankan kadarnya di angka 6,5 dan jangan sampai menyentuh angka 7,5. Cara mestabilkan Ph dan kadar Amonia dapat anda lakukan dengan mengunakan filter penyaring air yang akan menyaring kotoran berlebih dalam air.

Meskipun ikan Discus tergolong sebagai ikan yang sensitif terhadap habitatnya sendiri dan membutuhkan cara memelihara ikan Discus yang sangat khusus serta berkualitas tinggi. Percayalah bahwa keindahan ikan Discus akan membayar semua hasil jeri payah kamu dalam merawat ikan ini.

Baca juga: Tips Merawat Ikan Discus tanpa Heater

Sekian sudah perjumpaan kita dalam ulasan singkat dan padat dalam artikel ini terkait dengan seluk beluk cara merawat bagi pemula ikan Discus dan semoga bermanfaat bagi anda dalam menjaga keberlangsungan hidup ikan hias Discus kesayangan anda.

Labels: Ikan discus

Thanks for reading 5 Tips Terbaik Cara Memelihara Ikan Discus Secara Profesional. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "5 Tips Terbaik Cara Memelihara Ikan Discus Secara Profesional"