8 Cara Memelihara Ikan Lemon Agar Tetap Sehat

Tips tepat Cara memelihara ikan lemon dengan mudah

Cara memelihara ikan lemon ternyata cukup mudah. Ikan yang memiliki warna khas kuning ini adalah salah satu ikan yang cukup populer di pasaran. Ikan lemon memiliki warna yang indah dan cantik, sehingga tidak jarang jika banyak sekali peminatnya. Di sisi lain, harganya yang terjangkau juga menjadikan ikan ini bisa dimiliki oleh siapa saja.

Ikan lemon merupakan ikan yang berasal dari negara Afrika. Namun ikan lemon yang kerap Anda jumpai di toko Indonesia sekarang bukanlah hasil dari ikan lemon impor Afrika. Hasil dari budidaya para petani di Indonesia.

Tips Cara Memelihara Ikan Lemon Terbaik


Jenis dan tips memelihara ikan lemon

1. Gunakanlah Ukuran Akuarium yang Ideal

Perlu diketahui, jika akuarium merupakan salah satu tempat yang digunakan untuk tinggal ikan lemon. Dengan demikian, sebaiknya Anda memperhatikan ukuran yang pas untuk akuarium Anda. Pasalnya, jika akuarium memiliki ukuran yang terlalu kecil tentu ikan akan mengalami perkembangan tubuh yang lambat.

Ikan lemon memiliki panjang maksimal hingga 13 cm atau kurang lebih 4 hingga 5 inci. Dengan adanya panjang tersebut, setidaknya Anda menyiapkan akuarium yang mampu menampung 114 liter atau 30 galon. Dengan begitu, ikan bisa bergerak dengan leluasa.

2. Melengkapi Akuarium dengan Tempat Persembunyian

Ikan lemon adalah jenis ikan air tawar yang sangat senang bersembunyi. Oleh sebab itu, lengkapi kolam dengan tempat persembunyian buatan. Gunakan tumbuhan air, batu atau paralon bekas sekali pun juga tidak masalah. Hanya saja, Anda perlu mencucinya sampai bersih. Pastikan tidak ada siput dan tanah yang menempel.

3. Biasakan untuk Mengontrol Suhu Akuarium

Keadaan air yang terlalu panas atau terlalu dingin bisa mengganggu pertumbuhan dari ikan lemon tersebut. Dalam suhu yang ekstrem ikan bisa meninggal. Dengan demikian, sebaiknya Anda rajin untuk mengontrol suhu di akuarium tetap stabil.

Untuk suhu airnya, sebaiknya Anda menggunakan suhu di antara 24 hingga 28 derajat Celcius, atau sekitar 74 hingga 82 derajat Fahrenheit. Dikarenakan ikan lemon menyukai air yang bersuhu hangat, maka memiliki suhu yang sangat sangat pas sebagai habitat ikan lemon.

Anda bisa menggunakan termometer untuk mengukur suhu dalam akuarium. Termometer ini bisa Anda peroleh dengan mudah di toko Ikan atau apotik.

4. Jangan Lupa untuk Memperhatikan Tingkat Keasaman Air

Tips selanjutnya ketika memelihara ikan lemon, yaitu perhatikan keasamaan air dalam akuarium. Untuk mengetahui tingkat keasaman airnya, Anda bisa menggunakan alat pengukur khusus untuk mengukur keasaman air. Alat ini bisa anda beli di peralatan ikan yang berada di sekitar tempat tinggal Anda.

    Tingkat keasaman akuarium yang ideal yaitu memiliki kadar pH 6,9 hingga 7. Hal tersebut dikarenakan Spesies ikan bisa tumbuh subur di air asam yang memiliki kandungan banyak mineral.

Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan air dalam akuarium, lebih baik jika Anda mengendapkan airnya terlebih dahulu. Anda bisa membiarkan air di dalam wadah setidaknya 1 hari atau 24 jam. Jika sudah melewati masa tersebut, Anda bisa memasukkan ikan ke dalam akuarium.

5. Gunakan Alat Filter

Penggunaan kedua alat tersebut sangat bermanfaat bagi Anda. Menggunakan alat filter bisa menghemat air. Alat ini berfungsi untuk menyaring udara kotor yang ada di dalam akuarium, serta memberikan asupan oksigen ke dalam air dalam akuarium.

6. Menggunakan Pakan yang Berkualitas

Tips selanjutnya yang perlu Anda perhatikan yaitu memilih jenis pakan ikan. Makanan adalah salah satu faktor yang bisa menyebabkan ikan lemon berhasil dipelihara atau tidak. Jika Anda salah dalam memberikan makan bisa jadi ikan Anda akan sakit dan mati.

Penggunaan pakan tersebut bisa mempengaruhi warna dari ikan lemon Anda. Semakin bagus warna ikan tentu akan semakin cantik juga untuk dilihat. Selain itu, jika Anda menjualnya, tentu ikan lemon bisa ditawar dengan harga yang lumayan tinggi.

Warna kuning yang cerah, serta Indah merupakan salah satu warna yang banyak diinginkan tiap orang yang memelihara ikan lemon. Untuk itu, supaya proses pewarnaan lebih cepat maka penggunaan pakan yang tepat haruslah diperhatikan.

Beberapa jenis pakan yang bisa Anda pilih untuk memaksimalkan warna yaitu seperti pelet, udang air asin, Cacing sutra serta kutu air. Untuk peletnya, secara khusus diformulasikan untuk pakan ikan lemon. Ketika Anda berhasil merawatnya, ini bisa berusia hingga 9 tahun Lamanya.

Cara memelihara ikan lemon di akuarium

7. Pelihara Setidaknya 6 Ekor dalam Satu Akuarium

Tips berikutnya yaitu memperhatikan jumlah dari minimal ikan yang pas untuk dipelihara. Ikan lemon adalah jenis ikan yang senang hidup berkelompok. Untuk itu, mengetahui jumlah minimal memelihara ikan lemon merupakan salah satu hal yang sangat berpengaruh untuk pertumbuhan ikan lemon itu sendiri.

Untuk menambah keindahan akuarium, sebaiknya Anda menempatkan atau memelihara ikan lemon minimal 6 ekor di dalam satu wadah. Dikarenakan ikan yang memiliki ukuran kecil, maka ikan lemon akan terlihat cantik jika berada di dalam akuarium.

8. Mengatur Jumlah Ikan Jantan dan Ikan Betina

Bagi Anda yang sudah lama memelihara ikan lemon, tentu sangat hafal dengan sifat-sifat asli dari ikan lemo itu sendiri. Ikan lemon termasuk dalam jenis ikan yang atau dengan kata lain memiliki daerah kekuasaan.

Untuk itu, sebaiknya Anda mengatur jumlah ikan lemon betina dan ikan lemon jantan. Pasalnya, jika jumlah ikan jantan lebih banyak dari ikan betina maka bisa membuat mereka saling berkelahi.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Lemon secara lengkap

Cara memelihara ikan lemon ternyata cukup mudah dilakukan, untuk itu, Anda memiliki keinginan untuk memeliharanya, langsung saja beli bibitnya sekarang.

Labels: Ikan lemon

Thanks for reading 8 Cara Memelihara Ikan Lemon Agar Tetap Sehat. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "8 Cara Memelihara Ikan Lemon Agar Tetap Sehat"