6 Cara Merawat Ikan Arwana yang Baik dan Lengkap

Berbagai cara mudah merawat ikan hias arwana

Cara merawat ikan arwana tergantung dari jenis dan karakteristik ikan. Jika Anda merawat ikan dengan baik, ikan akan tumbuh optimal dan baik sehingga ukurannya besar dan harga jualnya lebih mahal.

Jika Anda ingin memelihara ikan arwana untuk diri sendiri, Anda juga harus memperhatikan cara merawatnya supaya ikan selalu sehat.

Ikan arwana merupakan jenis ikan yang bernilai ekonomis tinggi. Untuk itu, perawatannya pun tidak boleh sembarangan.

Cara merawat ikan arwana harus dilakukan dengan baik dan tepat. Anda harus merawat ikan arwana dengan pengelolaan yang benar agar cepat besar dan kualitasnya bagus.

Cara Merawat Ikan Arwana


Sebelumnya, Anda harus tau karakteristik dari masing-masing jenis ikan arwana. Ikan arwana ada banyak jenisnya. Karena itu, karakteristik ikan pun berbeda-beda. Cara merawat ikan sesuai jenis-jenis arwana dan karakteristiknya akan dibahas di bawah ini.

Ikan arwana yang dirawat di kolam serta akuarium juga berbeda cara perawatannya. Ikan arwana dewasa dan anakan pun tentu berbeda pemeliharaannya.

Ikan arwana anakan perlu dirawat dengan tepat dan benar supaya cepat tumbuh besar. Merawat anakan ikan arwana relatif lebih sulit dibanding arwana dewasa yang sudah lebih kuat. Berikut ini adalah berbagai cara merawat ikan arwana.

Cara Merawat Ikan Arwana Sesuai Jenis dan Karakteristiknya


1. Arwana silver

Jenis arwana silver albino
Arwana silver albino

Ikan arwana dengan nama latin Osteoglossum bichirrhosum ini merupakan jenis arwana yang harganya paling terjangkau dibanding arwana jenis lainnya. Ikan arwana silver ini mudah dipelihara serta sering dijadikan penghias dalam aquarium. Karakteristik yang paling menonjol dari ikan ini yaitu warnanya yang tentu saja berwarna silver di sepanjang sisiknya.

Ikan arwana silver biasanya diberi makan dengan katak kecil atau cacing. Ikan arwana silver juga terbiasa hidup menyendiri. Ikan ini hidup di tempat yang arus airnya tenang seperti rawa dan perairan dangkal lainnya. selain itu, arwana silver ini lebih jinak dari pada arwana lainnya. Anda dapat memberi makan arwana silver langsung ke mulutnya.

2. Arwana golden red

Arwana jenis golden red
Arwana golden red

Ikan arwana golden red yang nama latinnya Scelerepages formosus ini merupakan ikan arwana yang berwarna merah keemasan, sesuai namanya. Arwana golden red bernilai ekonomis cukup mahal. Ikan ini banyak dicari oleh penyuka ikan meski harganya cukup menguras kantong.

Cara merawat ikan arwana golden red harus teratur dalam memberikan pakan. Ikan arwana golden red juga merupakan jenis karnivora, sehingga Anda bisa memberikan pakan yang sama seperti ikan arwana silver. Anda juga dapat memberikan pakan berupa jangkrik atau belalang dengan terlebih dahulu dibuang kakinya. Lihat juga Ciri-ciri Golden Red yang Bagus

3. Arwana super red

Jenis arwana super red
Arwana super red

Ikan arwana super red merupakan jenis ikan arwana yang harganya paling mahal di antara jenis lainnya. Ikan yang bernama latin Scleropages formosus ini dikenal dapat membawa keberuntungan, sehingga banyak peminatnya. Meski harganya selangit, ikan ini tetap diminati karena kecantikan serta keindahannya.

Ikan arwana super red memiliki warna dasar merah delima, dan menutupi seluruh sisiknya. Ada juga arwana jenis super red yang berwarna jingga atau putih keemasan. Ikan ini juga termasuk karnivora, sehingga pakannya relatif sama dengan arwana jenis lainnya. Ikan arwana super red senang hidup di perairan yang tenang dan perlu tempat yang luas. Lihat juga Daftar Harga Arwana Super Red terbaru

4. Cara Merawat Ikan Arwana Anakan

Ikan anakan arwana
Anakan arwana

Untuk merawat ikan arwana anakan, Anda harus memperhatikan pakan, suhu air, situasi di sekitar kolam atau akuarium, dan sirkulasi udara yang cukup.

Pertama, Anda harus mengetahui karakteristik ikan sesuai jenisnya. Lalu, buatlah kandang untuk ikan anakan, bisa berupa aquarium ataupun kolam. Anda harus mengisi kolam dengan air bersih yang suhunya hangat, sekitar 25 hingga 30 derajat celcius. Selain itu, ph air juga harus terkontrol. Pastikan air yang mengisi kolam memiliki ph netral.

Cara merawat ikan arwana anakan yang selanjutnya yaitu tempatkan aquarium atau kolam di tempat yang tidak bising. Kondisi yang terlalu ramai dikhawatirkan akan membuat arwana anakan menjadi stress. Anda juga perlu memberikan penerangan yang cukup serta pakan yang sesuai dengan ukuran mulut ikan anakan.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Arwana

5. Cara Memelihara Ikan Arwana di Aquarium

Begini cara memelihara arwana di akuarium

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk merawat ikan arwana di aquarium yaitu menyesuaikan ukuran aquarium. Usahakan aquarium tersebut berukuran besar, karena ikan arwana dapat tumbuh hingga mencapai satu meter. Lalu, tempatkan akuarium ini di tempat yang tenang.

Selanjutnya, Anda perlu mengisi air bersih ke dalam kolam. Air yang dipilih harus bersuhu hangat dan ph netral. Untuk mengenalkan ikan dengan lingkungan barunya, jangan buang air yang berasal dari tempat ikan sebelumnya. Campurkanlah air tersebut supaya ikan menjadi kenal dengan lingkungan yang baru. Ikan yang terkejut pada lingkungan baru bisa saja mengalami stress atau kematian.

Setelah itu, Anda dapat melakukan pembersihan akuarium seminggu atau dua minggu sekali. Anda dapat menempatkan penyedot kotoran dan juga stabilisator udara di dalam aquarium. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan akuarium.

6. Cara Merawat Ikan Arwana di Kolam

Arwana di kolam

Merawat arwana di kolam cenderung lebih rumit, karena berarti jumlah ikan yang dipelihara berjumlah banyak. Anda perlu membuat kolam yang luas sehingga ikan dapat berenang bebas. Anda juga perlu memisahkan kolam untuk anakan dan juga dewasa, karena dikhawatirkan arwana dewasa memangsa yang kecil.

Untuk sirkulasi udara, tempatkan kolam di bawah sinar matahari langsung. Anda juga harus membersihkan kolam secara rutin agar airnya selalu bersih. Lihat juga bagaimana cara Memelihara Arwana Green Pino

Baca juga: Tips Cara Merawat Anakan Ikan Arwana

Cara merawat ikan arwana di atas dapat Anda terapkan di rumah. Anda harus merawat ikan arwana dengan baik dan tepat. Selamat mencoba!

Labels: Ikan arwana

Thanks for reading 6 Cara Merawat Ikan Arwana yang Baik dan Lengkap. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "6 Cara Merawat Ikan Arwana yang Baik dan Lengkap"