12 Cara Merawat Ikan Louhan Cencu Dengan Tepat

cara merawat ikan louhan secara tepat dan mudah

Ikan louhan adalah salah satu jenis ikan yang pada zaman dahulu sempat menjadi buruan banyak orang. Hal tersebut dikarenakan, ikan hias satu ini memiliki tampilan yang sangat unik. Ikan louhan memiliki jenong pada bagian atas kepalanya. Selain itu, mereka juga memiliki pola warna-warni di tubuhnya. Kedua ciri tersebut menjadi acuan ikan louhan tersebut sehat atau tidak. Untuk itu, maka perlu diperhatikan cara merawat ikan louhan cencu.

Ikan louhan sebenarnya adalah jenis ikan hias dengan cikal bakal ikan Child. Sehingga, dapat dikatakan jika ikan ini berasal dari ikan Child yang di kawin silangkan. Hampir setiap orang yang peternak louhan menginginkan ikan louhan yang memiliki jenong yang besar dan elastis. Berikut beberapa cara mudah merawat ikan louhan cencu.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Louhan

cara merawat ikan louhan cencu dengan mudah


begini cara mudah merawat ikan louhan cencu
Louhan cencu

1. Memperhatikan akuarium

Langkah pertama, yang perlu diperhatikan yaitu terkait dengan ukuran akuarium ikan louhan. Letakkan louhan di akuarium yang memiliki panjang sekitar 90 cm, lebar 40 cm serta tinggi 50 cm. Semakin tinggi akuarium, maka akan semakin baik.

Selain itu, jangan lupa untuk memasang filter samping di aquarium. Terkait dengan pembagian lampunya, pilihlah lampu berwarna pink serta hidupkan selama 10 jam. Lebih disarankan untuk menggunakan jenis lampu TFC.

Baca juga: Cara Mempercepat Pertumbuhan Ikan Louhan

2. Memperhatikan suhu air dalam akuarium

Perhatikan juga suhu air yang ada di dalam akuarium. Anda bisa memasang pemanas supaya suhu di dalam akuarium tetap terjaga. Pastikan, untuk mengganti air akuarium setidaknya dua minggu sekali sebanyak seperempat dari semua jumlah air yang ada di dalam akuarium.

3. Memperhatikan kadar pH dalam air

Jika Anda menginginkan louhan memiliki jenoung yang besar, maka perhatikan ph dalam akuariumnya. Pastikan untuk menggunakan air dengan kadar pH 7 hingga 8. Gunakan pengukur ph air supaya bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Hindari untuk memberikan pakan hidup

Perhatikan juga jenis pakan yang diberikan untuk ikan louhan. Jangan pernah memberikan pakan hidup kepada ikan louhan. Seperti cacing tanah, udang, hingga ikan cere. Hal itu dikarenakan jenis pakan hidup bisa saja terinfeksi parasit hexamita. Namun, jika anda tetap ingin memberi pakan hidup, maka sebaiknya berikan pakan hidup yang sudah dibekukan terlebih dahulu.

5. Berikan makanan dengan rutin

Jangan lupa untuk memberi makanan dengan rutin, setidaknya dua kali sehari. Berikan makanan di pagi dan sore hari. Hindari untuk memberi makanan jangkrik yang berlebihan. Pemberian makanan jangkrik yang berlebihan bisa menjadikan warna ikan louhan berubah menjadi gelap. Pastikan jika memberi makan jangkrik, bagian kaki serta kepalanya sudah dihilangkan.

6. Ajak ikan berinteraksi

Jangan lupa untuk rutin mengajak ikan berinteraksi. Mengajak ikan berinteraksi bisa membuat ikan louhan menjadi lebih agresif. Hal ini merupakan salah satu hal yang penting jika Anda ingin mendapatkan louhan cepat jenong. Banyak cara yang bisa dilakukan supaya ikan mau berinteraksi dan menjadi lebih agresif.

7. Memberi cermin

Salah satu cara yang bisa dilakukan supaya ikan louhan cepat jenong yaitu bisa dengan memberikan cermin di dalam akuarium. Dengan memberikan cermin, maka ikan akan menjadi lebih agresif. Tetapi, ada juga yang memberikan makanan dengan menggerak-gerakkan nya di luar akuarium. Selain itu, juga bisa dengan sengaja memberikan porsi makan yang sedikit kepada ikan louhan.

Baca juga: Harga dan Karakteristik Louhan Cencu

8. Mengajak ikan louhan bermain

Ajaklah bermain mengajak bermain ikan louhan atau berinteraksi bisa membuat ikan louhan menjadi semakin agresif.

9. Memberi pakan ikan yang mengandung banyak lemak

Kandungan lemak serta protein juga harus ada di dalam diet atau makanan louhan. Lemak dan protein bisa merangsang pertumbuhan jenong ikan louhan. Sumber terbaik untuk bisa mendapatkan kandungan lemak dan protein yang tinggi, yaitu dengan memberikan makanan dari kombinasi jantung hati sapi, cacing tanah, cacing beku, ayam serta wortel.
Semua bahan yang sudah disebutkan tadi, kemudian dicampur menjadi satu. Jika sudah tercampur, maka dibuat seperti pelet dengan menggunakan bahan agar-agar.

Baca juga: Cara Merawat Anakan Ikan Louhan

10. Memberikan pelet

Anda bisa memberikan pelet jika ingin ikan louhan cepat jenong. Pakan buatan pabrik ini dapat Anda kombinasikan menggunakan bahan alami supaya bisa membuat jenong ikan louhan besar dan elastis. Pemberian palet biasanya kombinasikan dengan beberapa bahan berkualitas.

11. Berilah makanan yang mengandung beta karoten

Selain memperbesar Jenongnya, perhatikan juga warna ikan louhan. Makanan yang dapat memunculkan warna bagus untuk ikan louhan haruslah pakan yang mengandung betakaroten. Dengan memberikan makanan yang kaya akan kandungan betakaroten, bisa membuat warna ikan louhan menjadi semakin cerah. Makanan yang memiliki kandungan betakaroten bisa Anda buat sendiri.

12. Makanan yang memiliki kandungan protein tinggi

Supaya ikan louhan cepat membesar, maka sebaiknya Anda memberikan pakan yang memiliki kandungan protein yang tinggi. Kadar protein yang harus Anda berikan setidaknya 45 hingga 60%. Jangan lupa juga untuk memperhatikan kadar lemak serta kandungan mineral lainnya.

Baca juga: Ketahui Jenis Ikan Louhan Bonsai Terbaik Untuk Peliharaan Anda

Cara merawat ikan louhan cencu supaya cepat jenong ternyata mudah sekali. Selamat menerapkan sendiri di rumah, smeoga ikan louhan Anda cepat jenong.

Labels: Ikan louhan

Thanks for reading 12 Cara Merawat Ikan Louhan Cencu Dengan Tepat. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "12 Cara Merawat Ikan Louhan Cencu Dengan Tepat"