Ciri-Ciri Ikan Koi Asli dari jepang

Ciri ciri ikan koi asli

Ciri-ciri ikan koi asli dapat dilihat dari rupa ikan koi. Ada ikan koi yang berasal dari negara aslinya yaitu Jepang, ada pula ikan koi lokal yang dikembangbiakkan oleh penduduk setempat. Ikan koi ini merupakan ikan yang menjadi lambang cinta dan persahabatan. Oleh karena itu, warga Jepang merawat ikan koi dengan perawatan yang tak main-main.

Sebelum Anda mengetahui ciri-ciri ikan koi asli, Anda harus tau bagaimana rupa ikan koi pada umumnya. Ikan koi adalah jenis ikan hias yang merupakan ikan peliharaan yang termasuk favorit. Ikan ini terkenal dengan kecantikan warnanya yang beraneka. Ada ikan koi dengan warna dasar merah dengan corak putih, hitam, dan lain sebagainya. Bahkan, ada ikan koi yang warna tubuhnya polos tanpa corak. Ikan koi ini dikenal sebagai ikan yang warnanya indah sehingga sering dipelihara oleh para pecinta ikan.

Ikan koi yang berasal dari negara Jepang ini memiliki banyak ragam jenis. Ada yang disebut koi bekko, kohaku, slayer, dan lain sebagainya. Ikan koi ini berbeda warna dan corak sehingga penamaannya pun berbeda. Dan bagi ikan yang merupakan hasil persilangan, penamannya biasanya diambil dari nama induknya yang disilangkan.

Ikan koi yang asli dan palsu atau lokal memiliki banyak perbedaan.Anda dapat menemukan berbagai karakteristik yang berbeda antara ikan koi asli dari Jepang maupun yang bukan berasal dari Jepang asli. Berikut ini akan membahas perbedaan ikan koi asli dengan yang bukan asli.

Ciri - ciri Ikan Koi Asli dari Jepang


Penamaan ikan koi asli disandarkan pada asalnya yaitu negara Jepang. Ikan koi yang berasal dari Jepang tentunya berbeda dengan koi lokal yang dikembangbiakkan di dalam negeri.

Di Jepang, ikan koi dipelihara sedemikian rupa dan dikembangbiakkan dengan perawatan yang maksimal. Ikan koi diberikan pakan terbaik, bahkan perlakuan kepada ikan koi pun diperhatikan. Hal ini membuat kualitas ikan koi asli menjadi lebih unggul dari koi lokal. Ikan koi ini lalu dibawa ke Indonesia, menjadi koi import.

Di dalam negeri, bukan berarti ikan koi tidak diperhatikan. Ikan koi dipelihara dengan perawatan yang juga maksimal dengan harapan akan menjadi berkualitas unggul. Namun, tetap saja ada beberapa perbedaan antara ikan koi asli dengan yang lokal. Berikut ini adalah ciri-ciri khusus ikan koi.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Koi

1. Jinak pada pemilik

Biasanya, koi yang asli dari Jepang memiliki karakteristik sifat yang jinak. Jika didekati, koi ini tidak takut ataupun malu kepada tangan manusia. Anda dapat memberi makan ikan koi asli secara langsung dan tidak perlu khawatir ikan dapat menjadi stress. Ikan koi Jepang cenderung nyaman dan jinak pada pemiliknya.

Lihat juga: Jenis Ikan Koi Slayer dan Ciri-cirinya

Berbeda dengan koi asli, koi lokal yang dikembangbiakkan tidak di tempat aslinya memiliki karakteristik yang lebih liar. Ikan koi lokal akan lebih aktif untuk menghindar jika didekati oleh tangan manusia. Jika merasa lingkungannya terancam atau berubah, ikan koi lokal akan berenang menjauh dari tangan manusia.

2. Warnanya lebih cerah

Ikan koi asli memiliki warna yang lebih cerah dibanding ikan koi yang bukan berasal dari negara aslinya. Ikan koi di Jepang diberikan perawatan khusus yang menjadikan warna sisiknya menjadi lebih cerah. Selain itu, motif ikan koi juga dipengaruhi oleh jenis aslinya.

Ikan koi lokal cenderung memiliki warna dan corak atau motif yang lebih pucat. Memang tidak semuanya, namun jika dibandingkan, warna sisik koi asli akan terlihat lebih cerah. Biasanya, ikan koi lokal berwarna cerah ketika masih anakan. Namun ketika dewasa, warnanya perlahan-lahan memudar.

3. Bukan hasil persilangan

Ikan koi asli merupakan ikan koi yang benar-benar berasal dari negara Jepang dan keturunan murni. Biasanya, para peternak ikan menyilangkan banyak jenis koi sehingga didapatkan ikan koi jenis baru. Ikan koi yang berasal dari persilangan banyak yang menyebut bahwa ia bukan merupakan jenis koi asli.

Lihat juga: Jenis Ikan Koi dan Harganya

Demikianlah ciri-ciri ikan koi asli yang dapat Anda lihat dari perbedaan dengan koi lokal. Jika Anda ingin membeli ikan koi, pastikan Anda mengetahui keaslian ikan koi tersebut, ya.

Labels: Ikan koi

Thanks for reading Ciri-Ciri Ikan Koi Asli dari jepang. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Ciri-Ciri Ikan Koi Asli dari jepang"