Karakteristik dan Harga Ikan Louhan Cencu

Harga louhan cencu terbaru

Harga ikan louhan cencu berbeda-beda tergantung warna dan ukurannya. Ikan louhan merupakan salah satu jenis ikan yang paling sering dipelihara oleh para hobiis, hal ini dikarenakan karakteristik dari ikan ini yang unik dan warnanya yang indah.

Ikan louhan sendiri terdiri atas beberapa jenis, salah satunya adalah ikan louhan cencu. Nama lain dari jenis louhan cencu ini adalah ikan lohan mutiara, hal ini disebabkan karena ikan ini mempunyai warna sisik dengan pola yang menyerupai butiran mutiara.

Lihat juga: Daftar Jenis Ikan Louhan dan Harganya

Karakteristik dan Harga Ikan Louhan Cencu


Setiap jenis dari ikan louhan cencu sebenarnya mempunyai ciri yang berbeda, dimana perbedaan yang sangat mencolok terdapat pada mutiaranya. Jika mutiara louhan klasik tidak kelihatan dominan, sedangkan mutiara louhan jenis cencu modern kelihatan sangat dominan.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Louhan

Kemudian louhan klasik biasanya mempunyai ukuran tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan tipe modern, serta siripnya yang tidak mudah layu. Namun ikan louhan cencu sebenarnya mempunyai karakteristik secara umum untuk semua jenis, berikut informasi mengenai karakteristik dan harga ikan louhan cencu lengkap.

    1. Bentuk Sirip


Umumnya bentuk sirip dari louhan cencu berbentuk lunak, dimana semakin tua umur louhan cencu maka bentuk siripnya akan sedikit lebih kuncup seperti layaknya ikan cupang atau betta fish. Sirip ini akan semakin indah apabila sirip semakin lebar dan panjang.

Baca juga: Tips Cara Merawat Ikan Louhan Cencu

    2. Mempunyai Head Marking

Louhan cencu mempunyai marking di bagian kepala, hal ini dikarenakan nenek moyang dari ikan ini adalah amp. Trimaculatus. Namun anda tetap harus berhati-hati dengan pihak jual cencu yang reliabilitasnya belum diketahui, karena biasanya mereka sulit membedakan antara ikan louhan cencu dengan red devil. Pada ukuran 3 cm dari kedua jenis ini umumnya hampir memiliki ciri yang sama seperti pada marking badan serta struktur tubuh.

    3. Mempunyai Body Marking

Louhan cencu juga mempunyai grade A, B, dan C yang dibedakan berdasarkan garis marking yang terdapat di tubuhnya. Garis marking grade A biasanya sampai ke pipi, garis marking grade B biasanya pada setengah badan, dan garis marking grade biasanya terdapat sekitar 1 atau 2 di tubuh.

Biasanya garis marking ini bisa saja hilang ketika louhan cencu beranjak dewasa, sehingga anda harus teliti dalam memilih anakan. Pilihlah anakan yang mempunyai garis marking dengan dikelilingi mutiara berwarna silver mengkilap, karena biasanya garis marking ini tidak akan hilang ketika ikan dewasa.

    4. Ikan Louhan Cencu Male

Untuk menentukan apakah louhan cencu itu male atau jantan dapat dilihat berdasarkan siripnya, biasanya louhan cencu jantan tidak mempunyai spot hitam di bagian sirip atas. Kemudian dapat dilihat juga berdasarkan kelaminnya, biasanya kelamin jantan akan terlihat menonjol dan lancip, pangkal kelamin jantan juga menyempit. Selain itu, louhan cencu jantan biasanya memiliki jakun atau lekukan menonjol di bagian bawah mulut sampai perbatasan perut.

    5. Ikan Louhan Cencu Female

Untuk menentukan apakah louhan cencu itu female atau betina dapat dilihat juga berdasarkan siripnya, dimana sirip atas louhan cencu betina biasanya mempunyai spot hitam. Kemudian kelamin louhan cencu betina biasanya agak lebar serta tonjolannya tidak akan terlalu kelihatan, tentunya betina ini tidak mempunyai yang disebut jakun seperti yang dimiliki louhan cencu jantan.

    6. Harga Louhan Cencu

Louhan cencu biasanya dibandrol harga sesuai dengan jenis dan ukurannya, dimana harga louhan cencu modern akan lebih mahal dibanding yang klasik.

  1. Untuk louhan cencu klasik ukuran 10 cm dibandrol sekitar Rp. 100.000,
  2. ukuran 15 cm sekitar Rp. 200.000,
  3. ukuran 20 cm sekitar Rp. 400.000,
  4. dan ukuran 30 cm sekitar Rp. 1.000.000.
  5. Sedangkan louhan cencu modern ukuran 10 cm sekitar Rp. 150.000,
  6. ukuran 15 cm sekitar Rp. 300.000,
  7. ukuran 20 cm sekitar Rp. 500.000,
  8. dan ukuran 30 cm sekitar Rp. 1.500.000.

Harga louhan cencu ukuran 10 cm merupakan harga anakan louhan cencu yang dijual di pasaran.

Lihat Juga Artikel: Harga ikan louhan bonsai terbaru

Dengan mengetahui karakteristik dan harga ikan louhan cencu tersebut, tentunya dapat membantu anda untuk membedakannya dengan jenis louhan lainya seperti kamfa atau golden flower. Semoga bermanfaat.

Labels: Ikan louhan

Thanks for reading Karakteristik dan Harga Ikan Louhan Cencu. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Karakteristik dan Harga Ikan Louhan Cencu"