Ikan Guppy Dragon, Harga dan Ciri-cirinya

Gambar guppy dragon

Ikan guppy dragon merupakan salah satu jenis ikan guppy yang diminati untuk dipelihara. Bagi para pecinta ikan hias, ikan ini tepat sekali untuk dijadikan peliharaan dan akan mempercantik ruangan dengan warna dan coraknya yang indah. Ikan guppy merupakan salah satu jenis ikan hias yang berukuran kecil.

Ikan dengan nama latin Poecilia reticulata ini lebih cocok dipelihara secara berkelompok di satu akuarium karena warnanya tampak lebih indah jika disandingkan bersama-sama. Untuk satu akuarium, Anda bisa mengisinya dengan sepuluh hingga lebih ikan guppy.

Ikan guppy berasal dari benua Amerika, tepatnya Amerika selatan. Ikan guppy masuk ke Indonesia dan mulai diminati menjadi ikan hias karena corak tubuhnya yang meskipun kecil, namun tetap menarik dan unik. Ikan guppy ini memiliki banyak sekali jenis.

Hal ini disebabkan karena banyak orang yang mencoba menyilangkan spesies ikan guppy satu dengan lainnya sehingga terciptalah jenis-jenis baru. Ada spesies guppy yang asli, namun ikan guppy yang lain juga tak kalah indahnya.

Ikan Guppy Dragon, Harga dan Ciri-cirinya


Gambar ikan guppy dragon tuxedo
Guppy dragon tuxedo

Ikan guppy dragon memiliki corak yang sangat indah sehingga menjadi ikan hias yang banyak peminatnya. Selain itu, harga guppy dragon juga tergolong tak terlalu mahal, hanya berkisar di angka Rp. 8.000 untuk anakan dan juga 15 ribu rupiah untuk ikan guppy dragon dewasa. Namun, harga ini dapat berbeda-beda di pasaran.

Cek juga: Daftar Harga Ikan Guppy

Ikan guppy dragon tak berbeda ukurannya dengan jenis ikan guppy lainnya, yaitu sekitar lima hingga tujuh centimeter saja. Namun, ikan guppy dragon tak kalah indahnya dengan ikan lain. Corak di tubuhnya membuat ikan hias lokal ini menarik dan unik.

Ikan guppy dragon memiliki banyak campuran warna di sekujur tubuhnya. Hal ini sesuai dengan namanya, yang berarti naga, yang digambarkan memiliki banyak warna. Ikan guppy dragon berkembang biak dengan pesat dan relatif cepat sehingga mudah dikembangbiakkan. Ciri-ciri dari ikan guppy dragon yang paling utama adalah warna dan coraknya. Ciri-ciri ikan guppy dragon akan dijabarkan di bawah ini.

Bentuk badan

Badan ikan guppy dragon kecil, memanjang dan silindris. Bentuk tubuh ikan ini pipih dari mulai kepalanya, namun membesar di bagian bawah perut, lalu mengecil kembali hingga ke ekor. Ukuran ikan yang kecil dan memanjang ini membuat ikan guppy dragon bebas berenang kesana kemari.

Sirip belakang ikan guppy dragon berukuran besar dan lebar, seperti ikan guppy pada umumnya. Sirip itu dipenuhi corak yang berbeda-beda. Di Indonesia sendiri, ada satu jenis ikan guppy hasil persilangan yang menjadi idola bagi pecinta ikan guppy. Ikan guppy ini dinamai ikan guppy jenis dragon, yang merupakan ikan guppy hasil persilangan dari warga Indonesia asli.

Baca Juga: Cara Budidaya Ikan Guppy

Warna dan corak

Ikan guppy dragon biasanya berwarna dasar cenderung gelap seperti hitam, dengan ditambah corak beraneka warna yang bentuknya terkadang lurus maupun bergelombang melingkari sirip. Corak warna ini berwarna merah, biru, putih, kuning, hingga hitam dan coklat.

Ada yang mengangap warna corak ikan guppy dragon ini sebagai perwujudan warna elemen alam yaitu api, air, hingga kayu. Warna corak yang menarik inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi ikan guppy dragon.

Baca juga: Tips Mempercepat Pertumbuhan Ikan Guppy secara mudah

Demikian adalah ciri-ciri dari ikan guppy dragon. Ikan yang meski berukuran kecil ini menarik, bukan? Maka dari itu, jika Anda ingin membeli ikan guppy dargon, pastikan untuk mengetahui ciri-ciri serta harganya.

Labels: Ikan guppy

Thanks for reading Ikan Guppy Dragon, Harga dan Ciri-cirinya. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Ikan Guppy Dragon, Harga dan Ciri-cirinya"