5 Cara Pembudidayaan Ikan Platy Cendrawasih Bagi Pemula

Jenis dan harga ikan platy cendrawasih
Ikan platy cendrawasih

Ikan Platy Cendrawasih memiliki warna cerah keemasan. Ukuran mungil, bentuk yang unik, dan indah ketika berenang-renang di akuarium atau aquascape. Kalau dilihat mungkin seukuran dengan ikan cupang.

Platy Cendrawasih ikan yang tidak agresif seperti ikan cupang. Sehingga Anda bisa memelihara Platy Cendrawasih ini dengan berbagai macam ikan lain. Tentunya ketika usia dan ukurannya tidak kecil lagi. Mungkin kisaran 2 – 3 cm.

Harga ikan Platy Cendrawasih sangatlah murah dan pastinya terjangkau. Namun Anda harus memilih dengan hati-hati. Ikan Platy Cendrawasih juga memiliki peluang besar untuk dijadikan sebagai usaha, baik rumahan atau secara besar. Hal ini dikarenakan peminat dari ikan Platy meningkat. Apabila Anda berkesempatan melakukan budidaya disinilah gerbang pengetahuan Anda. Jadi pembudidayaan ikan Platy Cendrawasih sangatlah mudah dan tidak sulit.

budidaya Ikan Platy Cendrawasih


Membudidayakan ikan Platy Cendrawasih perlu teknik dan persiapan. Setidaknya ada lima langkah yang harus dilalui dari persiapan hingga panen. Berbagai komponen yang harus dipersiapkan mulai dari kolam/media, pemilihan benih yang bagus, cara pemijahan, perawatan anak ikan, dan masa panen ikan Platy Cendrawasih. Semua hal itu akan dibahas dalam artikel di bawah ini. jadi simaklah baik-baik.

Gambar ikan platy cendrawasih dewasa
Gambar platy cendrawasih

1. Persiapan Kolam

Kolam atau media tempat dimana ikan Platy Cendrawasih hidup harus disesuaikan dengan benar. Baik ukuran atau jenis media yang akan digunakan dalam membudidayakan ikan Platy Cendrawasih. Media atau kolam yang digunakan bisa dari kolam tanah, kolam fiber, plastik, akuarium, dan plester.

Ukuran kolam disesuaikan dengan jumlah ikan yang ada. Pastikan kolam atau media yang digunakan bersih. Setelah itu pasanglah aerator dan filter pada kolam tersebut. Jangan lupa gunakan air tawar yang bisa berasal dari sumur. Aturlah suhu sesuai suhu ruangan kisaran 24 – 30 derajat celcius. pH air kisaran 7 – 7,5.

2. Memilih Indukan Yang Tepat

Indukan merupakan kunci anakan yang memiliki pola warna sangat indah. Meskipun harga ikan Platy murah, Anda bisa melakukan budidaya dengan mencoba menghasilkan turunan yang memiliki warna unik dan khas. Bagaimana indukan yang tepat? Pastinya bedakan antara betina dan jantan.

Ciri utama yang membedakan jantan dengan betina adalah adanya benjolan (gonopodium)di belakang sirip perut. Lalu warnanya cerah, kepala besar, tubuh ramping. Sedangkan betina memiliki tubuh besar, tidak ada gonopodium, kepala runcing. Pilih induk yang relatih lebih besar dari masing-masing jantan dan betina serta warna yang indah.

3. Melakukan Pemijahan yang Benar

Setelah memilih indukan yang tepat, Anda masukan pasangan – pasangan indukan tersebut ke dalam tempat kolam ikan Platy Cendrawasih. Kolam ikan harus Anda kontrol pada setiap harinya. Hal ini bermaksud untuk melakukan pemindahan anak-anak yang telah lahir dari indukan betina ke kolam yang berbeda. Jika bersama alih-alih dapat dimakan oleh indukannya sendiri atau indukan yang lain.

4. Perawatan Anakan Ikan Platy Cendrawasih

Anakan yang baru lahir masih memiliki cadangan makanan. Anda dapat memberikan makanan berupa kutu air atau kuning telur rebus yang hancur setelah 4 – 5 hari anakan tersebut lahir. Jika Anda menjual dalam kondisi masih benih tentu harga ikan Platy Cendrawasih sangatlah murah. Setelah ukurannya 2-3 cm berikan makanan cacing, ukuran 5-7 cm berupa cuk. Pemberian makan sebaiknya 2 kali sehari. Pergantian air dilakukan selama 2 -3 hari sekali.

Baca Juga: Daftar Harga Ikan Platy Terbaru

5. Masa Panen Ikan

Masa panen ikan Platy Cendrawasih sangatlah cepat. Anda dapat memanen ikan Platy Cendrawasih selama kurang lebih dua bulan. Sehingga Anda dapat memenuhi permintaan pasar dalam kurun waktu tersebut. Selain itu harga ikan Platy Cendrawasih yang telah panen usia sekitar 2 bulan juga lumayan tinggi dari pada benih.

Sekian informasi kali ini mengenai bagaimana cara melakukan budidaya ikan Platy Cendrawasih. Perlu Anda ketahui bahwa Platy Cendrawasih hanyalah salah satu dari berbagai macam jenis Platy. Misalnya ikan Platy Pedang, Coral, Mickey Mouse, Slayer, Tiger, Sanke, Coraline, Hawaii, Golden, dan lain sebagainya.

Baca juga: Tips Budidaya Ikan Platy untuk pemula

Apabila Anda berminat melakukan budidaya ketahuilah cara yang benar dalam membudidayakan, lakukan dengan serius dan jangan asal-asalan untuk hasil yang lebih baik. Sekian dan terimakasih.

Labels: Ikan platy

Thanks for reading 5 Cara Pembudidayaan Ikan Platy Cendrawasih Bagi Pemula . Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "5 Cara Pembudidayaan Ikan Platy Cendrawasih Bagi Pemula "