Lebih Dekat Mengenal Ikan Louhan Cencu

Mengenal ikan louhan cencu

Sepintas jika kita memerhatikan ikan Louhan akan muncul perasaan takjub. Ikan Louhan memang penuh dengan keindahan dan corak yang unik. Seperti jenis ikan Louhan Cencu yang masih sangat digemari oleh penghobi ikan Louhan. Apalagi ikan Louhan Cencu anakan memiliki harga yang sangat terjangkau saat ukurannya masih kecil, sekitar 3-5 cm. Ikan Louhan Cencu atau Mutiara ini memiliki sejarah bagaimana bisa ada spesies jenis ini.

Ikan hias Louhan berasal dari hasil perkawinan silang ikan Ciclid. Asal mengapa dijuluki ikan Louhan Cencu sebab pola, corak dan warnanya pada sisik menyerupai mutiara. Harga Cencu memang relatif lebih murah. Namun bila Cencu impor akan berbeda harga lagi.

Dalam kehidupan seorang penghobi ikan hias Louhan Cencu, mereka pasti lebih dekat dengan bagaimana mengidentifikasi setiap jenis ikan Louhan. Tema itulah yang akan menjadi ulasan pada kesempatan ini.

Mengenal Ikan jenis Louhan Cencu dengan Ciri-cirinya


Ikan Louhan Cencu atau Mutiara memiliki sejumlah ciri-ciri dan corak khusus yang bisa membedakan dengan jenis Louhan lainnya. Juga terdapat perbedaan ikan Louhan jenis lokal dengan impor. Meskipun demikian keindahannya sangat relatif.

    Sebab seni estetikan suatu objek bergantung pada subjek yang menilai. Jika Anda menyukai dan berminat untuk membeli atau merawat ikan Louhan Cencu ini, jangan samai salah pilih. Kenalilah ciri-ciri dan jenisnya sebagai berikut.

1. Ikan Louhan Cencu Klasik


Ikan Louhan Cencu terbagi kedalam dua jenis. Pertama Cencu Klasik. Kepala yang terlihat pada Cencu klasik adalah benjolan yang lebih besar dan terlihat lebih bulat.

Tidak ada perbedaan yang jauh antara jenis lokal atau impor mengenai Cencu klasik ini. Ukuran tubuh lebih memanjang, warna dominan lebih ke merah, dan sirip tidak mudah layu. Ukuran tubuh Cencu Klasik sebenarnya lebih besar.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Louhan

2. Ikan Louhan Cencu Modern


Ikan Louhan Cencu jenis kedua adalah Cencu Modern. Bila Cencu Klasik jenongnya besar, Cencu Modern lebih kecil ukuran jenongnya. Keindahan Cencu Modern terletak pada corak yang hamir memenuhi seluruh tubuhnya hingga ke sirip.

Meskipun ukurannya lebih kecil, harga Cencu Modern ini sangatlah mahal dan relatif tinggi dibandingkan dengan jenis klasik. Oleh karena itu, Anda akan memilih klasik atau modern? Atau manakah kepunyaan Anda?

3. Sirip Louhan Cencu


Ciri-ciri yang membedakan jenis ikan Louhan Cencu dengan yang lain terletak pada siripnya. Sirip ikan Louhan Cencu agak lunak, tetapi ketika pertumbuhan semakin panjang sirip Louhan Cencu semakin terlihat sangat indah.

Baca Juga Artikel: Mengenal Jenis Ikan louhan SRD

Jenis lokal atau impor Cencu ketika usianya semakin tua maka siripnya berubah menjadi lebih kuncup. Apabila dianalogikan seperti sirip ikan cupang.

4. Head Marking Louhan Cencu


Ikan Louhan Cencu berasal dari persilangan Amphilophus Trimaculatus. Apa pengaruhnya terhadap Louhan Cencu. Yang jelas faktor genetik juga akan menurun pada ikan Cencu Mutiara.

Bisa terlihat pada Cencu Mutiara jenis lokal atau impor bahwa kepalanya mirip sekali dengan nenek moyangnya Amphilophus Trimaculatus. Begitu juga sirip dan bentuk tubuhnya. Namun perbedaan corak yang indah membedakan Cencu Mutiara dengan leluhurnya.

5. Body Marking Louhan Cencu


Sistem grade pada ikan Louhan Cencu Mutiara jenis lokal atau impor pada garis making dari tubuh ikan. Ada tiga grade. Pertama A, markingnya sampai pipi.

    Kedua grade B, markingnya sampai setengah badan, dan ketiga grade C markingnya sampai 1 sampai 2 dibagian tubuh ikan Louhan Cencu.

6. Anakan Louhan Cencu yang Berkualitas


Memilih ikan Louhan Cencu anakan yang berkualitas sangatlah penting. Bagaimana caranya? Cermati marking pada Cencu anakan Louhan.

Pilihlah Cencu anakan yang memiliki ciri marking yang dikelilingi pola butiran-butiran mutiara berwarna silver mengkilap. Alasannya sebab marking tersebut tidak akan hilang sampai dewasa.

Baca Juga Artikel: Karakteristik dari Ikan Louhan Cencu dan Harganya

Sekian informasi yang saya bagikan mengenai ikan Louhan Cencu. Ciri-ciri dan jenis ikan Cencu jenis lokal atau impor, serta memilih anakan Louhan yang berkualitas telah dibahas pada paragraf diatas.

Dengan mengetahui informasi diatas Anda bisa membedakan mana yang Cencu asli atau palsu, mana yang Cencu klasik atau modern. Oleh karena itu hobi ikan Louhan terkadang sangat menyenangkan dan menghibur diri karena keindahan dan keunikan ikan tersebut.

Labels: Ikan louhan

Thanks for reading Lebih Dekat Mengenal Ikan Louhan Cencu. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Lebih Dekat Mengenal Ikan Louhan Cencu"