Mengenal Jenis Ikan Louhan SRD

Louhan jenis srd dewasa

Louhan SRD - Pada kesempatan ini saya akan membahas mengenai jenis ikan Louhan SRD atau Super Red Dragon. Sepintas mengapa jenis Louhan ini sangat banyak peminatnya? Karena jika kita melihat estetika, pasti mayoritas mengatakan sangat mengesankan.

Pada artikel ini kita akan membahas tentang ciri-ciri ikan Louhan SRD Lokal Indonesia dan ikan Louhan SRD dari Thailand. Meskipun keduanya sama-sama Super Red Dragon tetapi asal usul mereka agaknya berbeda proses.

Beberapa kawasan Asia seperti Vietnam, Malaysia, Singapura sangat familiar dengan jenis Ikan Louhan SRD Thailand. Karena memang jenis ikan ini yang terbaik dari pada yang lainnya. Perlu diingat bahwa ikan Louhan merupakan hasil keturunan silang antara Merah Ciclid dari Amerika dan Parrot Ciclid dari Taiwan. Keduanya dipelihara bersama di Malaysia. Hal itu kemudian muncullah ikan Louhan.

Ciri-Ciri Ikan Louhan SRD


Jenis ikan Louhan SRD yang banyak dikenal di Indonesia, ada lokal atau Thailand. Jika Louhan SRD lokal Indonesia berasal dari budidaya dan replika genetik yang dilakukan oleh pembudidaya. Sedangkan SRD Thailand merupakan hasil perkawinan silang antara ikan Cencu dan ikan Louhan Merah.

Harga Louhan SRD lokal kisaran harga Rp 250.000 – Rp 2.500.000 tergantung ukuran, mulai 5 – 30 cm. Sedangkan SRD Thailand harganya kisaran Rp 250.000 – Rp 5.000.0000. Berikut ciri-ciri ikan Louhan SRD.

Beberapa harga louhan srd terbaru

1. Corak Warna Ikan Louhan Super Red Dragon


Ini merupakan hal penting yang menjadi daya tarik para peminat ikan Louhan SRD lokal atau SRD Thailand. Corak warna sisik pada tubuhnya memiliki dua warna yang berbeda.

Warna merah terang menghiasi bagian kepala, jenong hingga bagian tengah. Warnanya merah terang. Warna kedua dari tubuh ke ekor adalah kuning atau silver. Kombinasi kedua warna menghasilkan corak tubuh yang Indah, ditambah pola hitam berbentuk bunga dari kepala hingga ke ekor.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Louhan

2. Bentuk Tubuh


Selain corak, bentuk tubuh ikan Louhan SRD lokal atau Thailand juga unik. Jika dilihat secara cermat tubuh ikan Louhan SRD berbentuk persegi memanjang, terus sampai ke bagian ekor semakin mengecil.

Bentuk tubuhnya bisa memanjang hingga 40 cm dari jenongnya hingga ke ekor kurang lebih dalam waktu 10 tahun. Siripnya memiliki ukuran besar, panjang, dan tidak kaku ketika digunakan berenang.

Warna mata louhan srd

3. Warna Mata Ikan


Keindahan ketiga dari ikan Louhan SRD Thailand atau lokal Indonesia terletak dibagian mata. Bagian mata ikan Louhan Super Red Dragon berwarna merah pekat dan bagian tengah berwarna hitam.

Inilah salah satu yang membuat mahal ikan Louhan SRD. Semakin warnanya merah pekat semakin mahal harganya. Selain warna merah dibagian, ikan Louhan SRD memiliki warna putih pada bagian matanya.

4. Bentuk Jenong Ikan


Jenong merupakan ciri khas yang paling unik dari pada jenis Ikan Louhan SRD ataupun jenis lainnya. Inilah yang menyebabkan pula harganya lebih mahal dibandingkan jenis ikan Louhan umumnya.

Lihat Juga Artikel: Harga dan Jenis Ikan Louhan Bonsai

Ukuran jenong ikan Louhan SRD Thailand bisa mencapai 2x lipat dari jenis ikian Louhan yang biasa. Dan jenongnya pun diklaim sebagai jenong terbesar diantara ikan Louhan. Namun apakah jenongnya berhubungan dengan kecerdasan ikan sehingga mahal?

5. Louhan SRD Lokal Indonesia


Jenis pertama ikan Louhan SRD adalah SRD lokal Indonesia. SRD lokal Indonesia hasil rekayasa genetik dari pembudidaya. Hargnya tentu lebih murah sebab masih kalah dengan kecantikan atau keindahan yang dimiliki oleh SRD Thailand.

Louhan srd thailand

Selain itu ukuran tubuh dan jenong juga berbeda. SRD lokal Indonesia memiliki ukuran tubuh dan jenong yang lebih kecil. Warna tubuhnya merah dan silver keputihan. Pada bagian atas ikan terdapat corak mutiara. Harga SRD lokal cukup murah, kisaran Rp 250.000an untuk ukuran anakan yang kecil.

6. Louhan SRD Thailand


Jenis kedua dari ikan Louhan SRD adalah SRD Thailand yang sangat didambakan. Sebabnya keindahan SRD Thailand sangatlah mencolok. Persilangannya pun dari ikan Cencu dan Merah Parrot. Warna yang dimiliki kombinasi antara merah dan kuning terang. Selain itu perbedaan sengan SRD lokal Indonesia pada ukuran tubuh dan jenong yang lebih besar.

Bintik hitam yang dimiliki ikan SRD Thailand pada tubuhnya juga terlihat sangat jelas. Harga Louhan SRD Thailand untuk anakan pun cukup mahal diatas Rp 350.000an untuk ukuran 5 cm.

Sekian informasi yang saya bagikan mengenai jenis ikan Louhan SRD. Jika Anda tertarik dengan salah satunya, baik Louhan SRD lokal Indonesia atau Louhan SRD Thailand perhatikan dengan bijak kondisi dan kesiapkan dana.

Lihat Juga: Tips Cara Menyembuhkan Ikan Louhan dari Jenis-jenis Penyakit

Pasalnya harga ikan SRD saja sudah cukup tinggi, apalagi tempat hingga perawatan yang dilakukan supaya ikan bertahan lama. Mudah-mudahan artikel ini bisa menambah wawasan Anda, saya ucapkan terimakasih.

Labels: Ikan louhan

Thanks for reading Mengenal Jenis Ikan Louhan SRD. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Mengenal Jenis Ikan Louhan SRD"