8 Makanan Ikan Discus Alami Dan Buatan Yang Bisa Membuat Ikan Tetap Sehat

Gambar ikan discus
Gambar ikan discus

Makanan ikan discus jelas sudah diketahui oleh penggemar ikan. Bagi anda penggemar ikan hias tentu sudah tidak asing lagi dengan ikan hias yang satu ini, ya benar ikan discus. Walaupun bukan berasal dari Indonesia, ikan hias ini cukup populer dan memiliki banyak peminat. Ikan discus sendiri merupakan ikan yang berasal dari sungai Amazon yang ada di Brazil. Ikan ini memiliki berbagai warna sehingga menarik jika anda pelihara di dalam aquarium. Anda yang berminat untuk memelihara ikan ini tentu memerlukan beberapa informasi yang berkaitan dengan ikan ini.

Makanan Ikan Discus Yang Wajib Anda Tahu


Ikan discus memang memiliki tampilan yang cantik sehingga tak ayal jika banyak yang menyukainya. Untuk anda yang akan memelihara ikan discus, akan lebih baiknya membaca list di bawah ini dengan seksama. Berikut adalah tips memberi makan dan jenis makanan ikan discus yang harus anda ketahui,

Tips Aman Memberikan Makan Ikan Discus


Sebelum mengetahui lebih jauh mengenai jenis-jenis makanan ikan discus, alangkah lebih baiknya anda mengetahui tips untuk memberi makan ikan discus. Di alamnya ikan discus memang memiliki jenis pakan yang beranekaragam sehingga anda bisa dengan mudah memeliharanya. Pastikan anda memberikan pakan dengan jumlah yang cukup dan tidak terlalu banyak karena jika terlalu banyak akan mengotori air pemeliharaan. Waktu memberi makan pun perlu anda perhatikan agar ikan tercukupi kebutuhan nutrisinya secara tepat.

Baca juga: Mengenal Ikan Discus Red Melon

1. Cacing Tubifex

Selain filter yang cocok dan baik dalam aquarium maka untuk menjamin kesehatan ikan, anda harus menyediakan makanan yang berkualitas. Makanan yang baik diberikan untuk ikan discus adalah cacing tubifex. Cacing ini memiliki kandungan nutrisi seperti lemak, protein, dan karbohidrat yang baik untuk pertumbuhan ikan discus.

2. Rotifera

Jenis pakan ikan yang satu ini memiliki ukuran yang sangat kecil atau renik. Oleh karena itu, rotifera sangat cocok dijadikan pakan burayak ikan discus. Anda hanya perlu memberikan makanan ikan ini secara teratur untuk dapat mendukung pertumbuhan ikan discus yang anda pelihara.

3. Kutu Air

Kutu air juga bisa dijadikan pakan alami yang bagus diberikan untuk ikan discus kesayangan anda. Kutu air ini sebenarnya merupukan jenis udang-udangan berukuran kecil. Karena ukurannya yang kecil inilah yang tidak akan menyulitkan ikan saat akan memakannya.

4. Jentik Nyamuk

Terdengar menakutkan memang, namun nyatanya jentik nyamuk ini merupakan pakan alami ikan discus. Jentik nyamuk baik digunakan untuk makanan ikan discus dikarenakan kandungan proteinnya yang tinggi. Andapun bisa melakukan pembudidayaan jentik nyamuk sendiri untuk menyuplai kebutuhan ikan discus yang anda pelihara saat ini. Sangat menguntungkan bukan?

5. Artemia

Pemberian makanan yang tepat dapat meningkatkan nafsu makan dari ikan tersebut. Oleh karena itu, penting sekali untuk memilih jenis pakan yang terbaik untuk ikan. Pakan alami untuk ikan discus yang berkualitas dengan kandungan yang sangat bermanfaat adalah artemia. Artemia walaupun memiliki harga yang cukup mahal namun kandungan nutrisi di dalamnya juga tinggi. Yang terpenting adalah makanan ikan ini merupakan makanan yang steril sehingga dapat dipastikan ikan anda terbebas dari penyakit.

6. Telur Udang

Jenis makanan ikan discus alami yang satu ini bisa anda dapatkan pada udang galah ataupun lobster yang dikembangkan sebagai salah satu makanan ikan. Telur udang ini akan membantu memicu munculnya pigmen warna pada tubuh ikan dan mampu meningkatkan tingkat kesuburan ikan. Pakan yang satu ini biasanya tersedia dalam bentuk yang sudah dibekukan dengan tujuan mudah untuk penggunaan.

7. Blood Worm

Lalat chironomus yang alami pembusukan memiliki larva yang disebut blood worm. Blood worm inilah yang biasanya dijadikan pakan alami untuk ikan discus. Kandungan protein yang sangat tinggi menjadi salah satu keunggulan dari jenis pakan ikan discus yang satu ini, blood worm biasanya untuk memudahkan penggunaan tersedia dalam wujud beku. Anda hanya perlu menyimpannya di lemari pendingin dan diambil saat akan diberikan kepada ikan.

8. Burger Discus

Makanan ikan discus yang satu ini merupakan makanan buatan yang bisa anda temukan di pasaran. Makanan ini bisa diberikan sebagai pengganti pakan alami yang ada. Makanan ikan yang satu ini merupakan perpaduan berbagai jenis bahan dengan kandungan yang bermanfaat untuk ikan. Kandungan dalam makanan ikan ini adalah protein, lemak, karbohidrat, serat, mineral dan juga vitamin. Anda bisa mencari informasi lebih jelasnya mengenai burger discus ini di pasaran.

Lihat juga: Cara Memelihara Ikan Discus

Bagaimana, banyak bukan jenis makanan ikan discus yang bisa anda gunakan untuk memberi makan ikan kesayangan anda?. Anda bisa memilih salah satu jenis makanan di atas dan membelinya di toko ikan hias atau tempat lain yang menyediakannya. Perlu anda perhatikan cara memberi makan ikan discus yang benar agar ikan tetap sehat dan pertumbuhannya terjaga. Semoga informasi ini menjawab rasa penasaran anda seputar ikan discus.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Discus

Labels: Ikan discus

Thanks for reading 8 Makanan Ikan Discus Alami Dan Buatan Yang Bisa Membuat Ikan Tetap Sehat. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "8 Makanan Ikan Discus Alami Dan Buatan Yang Bisa Membuat Ikan Tetap Sehat"