5 Jenis Makanan Utama Cacing Sutra, Paling Cocok

Makanan untuk cacing sutra
Gambar cacing sutra

Makanan Utama Cacing Sutra - Bagi Anda yang membudidayakan cacing sutra maka harus mengetahui jenis makanan utama cacing sutra yang paling cocok sehingga pertumbuhan ataupun perkembangbiakan budidayanya dapat dilakukan dengan sangat cepat.

Ketahuilah bahwa cacing sutra tetaplah seekor hewan yang merupakan makhluk hidup sehingga membutuhkan asupan makanan. Dengan bentuknya yang sangat kecil, tentunya membuat makanan yang dapat dikonsumsinya juga sangat kecil. Bahkan, biasanya cacing sutra hanya mengkonsumsi makanan dari endapan makan dalam air sehingga dimakan bersama air yang mengalir.

Perlu Anda ketahui bahwa cacing sutera merupakan salah satu jenis hewan yang sangatlah pasif dalam mencari makanan. Oleh karena itu, Anda sebagai pembudidaya cacing sutra harus memberikan perhatian yang lebih intensif pada hewan yang satu ini.

Nah, sebenarnya makanan dalam bentuk besar juga dapat dikonsumsi oleh cacing sutra hanya saja membutuhkan waktu yang lama sehingga sebaiknya Anda memberikan jenis makanan kecil yang dapat dengan mudah dikonsumsi oleh cacing sutera.

Jenis Pakan Utama Cacing Sutra


Apa saja jenis makanan utama cacing sutra sebagai hewan yang sangat kecil? Nah, jika Anda tertarik untuk mengetahuinya maka simak informasinya dalam uraian list yang terdapat di bawah ini.

1. Ampas Tahu


Ketahuilah bahwa jenis makanan utama cacing tentunya pakan yang memiliki teksure sangat kecil dan halus sehingga dapat dicerna dengan baik oleh si cacing sutra. Terlebih lagi, makanannya harus dialirkan bersamaan dengan air agar dapat dicerna. Nah, ampas tahu ini dapat menjadi salah satu jenis pakan alami yang dapat dikonsumsi oleh cacing sutra.

Cara memberikannya juga dengan mengalirkan ampas tahu tersebut ke dalam aliran air sehingga dapat terserap dan dicerna dengan baik oleh cacing sutra. Jika Anda memberikannya dalam ukuran yang cukup besar maka akan membuat cacing sutra kesulitan dalam memakannya. Bisa saja dimakan tetapi memerlukan jangka waktu yang sangatlah lama.

2. Dedek


Nah, dedek sebagai salah satu jenis makanan organik yang sangat disukai oleh cacing sutra. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa cacing sutra yang memiliki bentuk sangat kecil maka membutuhkan makanan juga yang lebih kecil. Salah satu jenis makanan yang dapat membantu proses pertumbuhan cacing sutra yaitu dedek.

Pastinya Anda sudah mengenal istilah dedek bukan? dengan bentuk seperti bubuk ternyata sangat disukai oleh cacing sutra. Tidak hanya dikonsumsi oleh cacing sutra ternyata jenis makanan dedek juga dikonsumsi oleh hewan lain seperti ayam. Cara memberikan dedek kepada cacing sutra juga sama seperti ampas tahu yaitu dialirkan pada air agar lebih mudah sampai untuk dikonsumsi dan dicerna dengan baik oleh cacing sutra.

3. Pelet


Walaupun bentunya kecil, namun cacing sutra tetaplah makhluk hidup yang membutuhkan makan. Nah, Anda dapat memberikan jenis pakan pelet kepada cacing sutra. Namun, pelet ikan ini juga harus dihaluskan dialirkan dalam air agar mudah dicerna oleh cacing sutra. Ketahuilah bahwa pelet ini sebenarnya makanan organik yang juga disukai oleh cacing sutra.

Anda juga bisa memberikan pakan ikan-ikan dalam bentuk yang masih utuh tidak dihaluskan terlebih dahulu. Pelet bisa jadi makanan utama cacing sutera. Namun, hal tersebut akan membuat cacing cukup lama dalam menyerap makanan pelet tersebut karena bentukanya cukup besar.

5. Kotoran Ayam


Anda juga dapat memberikan cacing sutra makanan berupa kotoran ayam yang justru akan membuat proses budidayanya akan semakin cepat. Ketahuilah bahwa budidaya cacing sutra ini biasanya memerlukan waktu yang lama. Oleh karena itu, Anda juga harus memperhatikan makanan yang dibutuhkan oleh cacing sutra agar pertumbuhannya sangat cepat.

Baca juga: Tips Cara Budidaya Cacing Sutra Media Nampan

Bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis cacing sutra maka harus mengetahui bahwa kotoran ayam menjadi salah satu jenis makanan yang sangat bagus untuk cacing sutra.

Nah, cara memberikan makanannya juga sangatlah mudah yaitu dengan mengalirkannya pada air yang mengalir sehingga akan memberikan kemudahan kepada cacing sutra untuk mengkonsumsinya sehingga pertumbuhannya ataupun budidaya ikannya semakin cepat.

Cek juga: Daftar Harga Cacing Sutra Terbaru

Demikian informasi seputar makanan utama cacing sutra yang sangat direkomendasikan agar proses budidaya yang dilakukan memberikan hasil yang sangat cepat di waktu yang singkat.

Labels: Cacing sutra

Thanks for reading 5 Jenis Makanan Utama Cacing Sutra, Paling Cocok. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "5 Jenis Makanan Utama Cacing Sutra, Paling Cocok"