7 Trik Cara Mempercepat Pertumbuhan Ikan Louhan

Tips agar ikan louhan tumbuh cepat besar
mempercepat pertumbuhan louhan

Budidaya ikan louhan akan memperoleh hasil yang maksimal apabila mengetahui cara mempercepat pertumbuhan ikan louhan dengan tepat dan benar. Kondisi ini disebabkan karena proses pertumbuhan ikan louhan dipengaruhi oleh beberapa hal seperti makanan yang diberikan, pemeliharaan hingga teknik pemanenan.

Selain yang disebutkan sebelumnya, ada teknik lain yang harus Anda ketahui dan pelajari tentang cara mempercepat pertumbuhan ikan louhan agar hasil panen dapat mencapai jumlah yang diinginkan. Untuk memulai usaha budidaya, Anda harus menguasai trik dan tips cara budidaya yang baik dan benar agar tidak salah dalam mengambil keputusan dari masalah yang sedang dihadapi terkait kegiatan budidaya.

Cara Mempercepat Pertumbuhan Ikan Louhan


Hampir semua pekerjaan membutuhkan cara yang baik dan benar untuk melakukannya, tidak terkecuali dengan kegiatan budidaya ikan louhan. Untuk memperoleh hasil yang sesuai dengan yang diinginkan selama ini, maka ada beberapa tips yang bisa Anda contoh agar kegiatan budidaya menjadi menguntungkan. Cara melakukan kegiatan budidaya agar pertumbuhan ikan louhan semakin cepat adalah :

1. Mendesain Aquarium seperti habitat asli

Ikan louhan tergolong jenis ikan yang mudah sekali mengalami kondisi stress, oleh sebab itu harus dilakukan pencegahan atas hal tersebut dengan membuat tempat tinggal budidayanya menyerupai habitat asli.

Habitat asli yang bisa dibuat yaitu dengan menambahkan batu-batuan dan pasir yang diletakkan pada dasar kolam atau aquarium agar mirip dengan habitat asli ikan louhan. Hal ini disebabkan karena ikan louhan sangat senang berenang dan bermain dibalik bebatuan.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Louhan

2. Pakan yang Berkualitas

Pakan merupakan faktor penting yang harus diperhatikan saat melakukan budidaya ikan louhan. Pakan sangat mempengaruhi proses pertumbuhan ikan mulai dari larva hingga dewasa. Pemberian pakan berkualitas akan menghasilkan jenis ikan louhan yang berkualitas pula.

Apabila ikan louhan yang dihasilkan berkualitas, maka harga ikan tersebut akan semakin mahal jika dibandingkan dengan jenis ikan yang memiliki kualitas biasa saja. Pertumbuhan ikan louhan akan semakin cepat jika ditunjang oleh pemberian pakan yang benar dan berkualitas.

3. Jenis pakan

Mempercepat pertumbuhan ikan louhan bisa dilakukan dengan memberi jenis pakan yang tepat. Semakin banyak kegiatan budidaya yang dilakukan oleh masyarakat atau pecinta ikan, maka semakin banyak pula pengusaha yang menjual jenis pakan untuk ikan. Pakan ikan biasa yang digunakan oleh masyarakat umumnya berupa pelet.

Untuk mendapatkan pelet terbaik, Anda bisa memperolehnya lewat pedagang atau toko yang menjual makanan ikan dengan kualitas terbaik. Jika Anda ingin mendapatkan hasil panen ikan dengan kualitas baik, maka gunakan juga jenis pakan yang mempunyai kualitas baik.

4. Jenis pakan untuk baby louhan

Untuk mempercepat pertumbuhan ikan louhan, ada beberapa perlakuan yang berbeda untuk dalam pemeliharaan ikan louhan kecil dan ikan louhan yang sudah besar. Salah satu perlakuan yang berbeda untuk memelihara ikan louhan kecil dengan yang besar yaitu cara memberi makan.

Makanan louhan kecil atau saat masih dalam bentuk larva biasanya dipilih dari jenis kutu air putih yang masih kecil untuk melatih ikan agar terbiasa dengan hal tersebut. Sedangkan untuk pakan ikan louhan yang sudah besar, biasanya menggunakan pelet atau jenis serangga lain yang lebih besar.

5. Penempatan ikan

Jika Anda ingin memperoleh hasil budidaya ikan louhan dengan jumlah yang maksimal, maka Anda harus menempatkan atau mengelompokkan ikan berdasarkan ukurannya. Karena apabila ikan louhan yang besar berada di satu kolam dengan ikan louhan kecil, maka yang terjadi yaitu ikan akan merasa takut dan lama-kelamaan akan menjadi stres. Oleh sebab itu, jika Anda ingin memelihara ikan louhan dengan baik dan benar maka pisahkan ikan berdasarkan dengan ukuran.

6. Membuat tinggi ukuran aquarium

Cara mempercepat pertumbuhan ikan louhan yang lainnya yaitu dengan membuat ukuran kolam atau aquarium ikan louhan menjadi lebih tinggi atau dalam. Mengapa demikian? Hal ini dilakukan untuk menghindari keadaan stres pada ikan jika kolam atau aquarium dibuat sangat dangkal.

Ukuran yang dangkal akan mempersulit pergerakan ikan karena tidak bisa leluasa untuk berenang. Selain itu, ciri khas ikan louhan berupa jambul atau ukuran dahi yang menonjol akan tumbuh tidak baik jika diletakkan dalam kondisi kolam yang dangkal.

7. Kandungan pakan

Faktor penting yang mempengaruhi pertumbuhan ikan louhan adalah jenis makanannya. Makanan ikan louhan harus terdiri dari beberapa unsur agar pertumbuhan berjalan dengan lancar. Unsur-unsur tersebut diantaranya adalah karbohidrat, protein dan lemak.

  1. Karbohidrat dapat digunakan sebagai sumber energi bagi anakan ikan louhan agar pertumbuhan dapat berjalan dengan cepat.
  2. Lemak berfungsi dalam menjaga suhu tubuh ikan supaya tetap normal.
  3. Protein merupakan unsur penting untuk mempercepat proses pertumbuhan.

Baca juga: Cara Merawat Anakan Ikan Louhan

Itulah beberapa cara yang tepat untuk mempercepat pertumbuhan ikan louhan yang bisa Anda contoh dalam proses budidaya atau pemeliharaan. Gunakan cara tersebut dengan benar agar hasil panen ikan louhan dan kualitasnya dapat maksimal.

Labels: Ikan louhan

Thanks for reading 7 Trik Cara Mempercepat Pertumbuhan Ikan Louhan. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "7 Trik Cara Mempercepat Pertumbuhan Ikan Louhan"