5 Perbedaan Ikan Platy Dan Molly Yang Bisa Dengan Mudah Anda Kenali

Begini melihat Perbedaan Ikan Platy Dan Molly
Perbedaan Ikan Platy Dan Molly 

Perbedaan Antara ikan platy dan molly - Salah satu hoby yang biasa dimiliki orang adalah hoby memelihara hewan. Hewan yang mudah untuk dipelihara salah satunya adalah ikan. Ikan yang dipelihara di dalam aquarium akan terlihat sangat cantik dan meyegarkan mata. Banyak jenis ikan yang bisa dipilih untuk dipelihara di aquarium. Banyak juga warna yang tersedia dari jenis-jenis ikan hias ini.

Beberapa jenis ikan hias yang biasa dipelihara di aquarium adalah ikan platy dan ikan molly. Kedua jenis ikan ini memang terlihat mirip secara sekilas. Akan tetapi anda harus tahu bahwa dua jenis ikan ini berbeda. Di bawah ini ada beberapa informasi perbedaan ikan platy dan molly.

Perbedaan Ikan Platy Dan Molly Jantan atau Betina


Ikan platy dan molly memang secara sekilas terlihat hampir sama padahal kedua jenis ikan ini berbeda. Anda yang sedang mencari informasi perbedaan kedua jenis ikan ini, beruntung bertemu dengan artikel ini. Artikel ini berisikan informasi perbedaan ikan platy dan molly lengkap dengan cara membedakan ikan jantan dan betina dari kedua jenis ikan hias ini. Berikut informasi selengkapnya,

Perbedaan antara jantan dan betina

1. Bagian Ekor Ikan

Perbedaan ikan platy dan molly yang pertama dan bisa dengan mudah anda amati adalah pada bagian ekor kedua jenis ikan ini. Oleh karena itu, silahkan anda amati bagian ekor dari dua jenis ikan ini. Bentuk ekor ikan platy memang cukup pendek dengan bentuk sirip ekor yang lurus. Sedangkan ikan molly jika anda perhatikan memiliki bentuk ekor yang sedikit menanduk pada bagian ujungnya. Sangat mudah bukan membedakan kedua jenis ikan ini, jika melihatnya dari bagian sirip ekor?

2. Bentuk Tubuh

Bagian tubuh dapat menjadi cara yang berikutnya untuk membedakan antara ikan molly dan juga ikan platy. Secara postur tubuh memang kedua jenis ikan ini agak sulit untuk dibedakan. Akan tetapi jika anda perhatikan lebih seksama maka anda bisa dengan mudah membedakan kedua jenis ikan hias ini. Ikan platy memiliki bentuk tubuh yang sangat ramping dari ujung kepala hingga ekornya. Sedangkan untuk ikan hias platy memiliki bentuk tubuh yang lebih gemuk dibandingkan ikan molly.

3. Harga Di Pasaran

Bukan hanya dari segi fisik yang bisa digunakan untuk membedakan kedua jenis ikan yang bisa di kawin silangkan ini. Hal lain yang bisa dijadikan pembeda adalah harga kedua ikan ini di pasaran. Untuk ikan platy dan molly yang berkualitas memang tidak memiliki perbedaan berarti. Perbedaan dapat terlihat jelas pada ikan molly dan platy yang kualitasnya unggulan.

Cek juga: Daftar Harga Ikan Platy terbaru

Harga ikan molly yang berkualitas akan lebih tinggi dibandingkan dengan harga ikan platy yang berkualitas.Harga ini memang tidak bisa dijadikan patokan utama karena perbedaan dapat terlihat jelas pada bagian tubuh kedua ikan hias ini. Cek juga Harga Jenis Ikan Molly Marble Paling Cantik

Ini dia gambar Perbedaan Ikan Platy Dan Molly  Jantan atau Betina
Membedakan antara jantan dan betina

Perbedaan Ikan Platy Jantan Dan Betina


Setelah mengetahui perbedaan ikan platy dan molly tentu anda ingin mengetahui perbedaan antara jantan dan betina dari ikan platy ini. Ikan platy jantan memiliki bentuk tubuh yang lebih ramping dibandingkan dengan ikan platy betina. Bentuk ekor ikan jantan lebih lancip dan panjang jika dibandingkan dengan ikan platy betina. Yang terpenting adalah ikan platy jantan memiliki sirip anal menyerupai jarum.

Perbedaan Ikan Molly Jantan Dan Betina


Perbedaan jantan dan betina dari ikan molly dapat anda amati dari fisik ikan ini. Dari bentuk kepala ikan molly jantan memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan molly betina. Dari segi warna ikan jantan akan lebih terlihat cerah dibandingkan dengan ikan betina. Dan yang terpenting ikan molly jantan memiliki gonopodium atau benjolan dibelakang sirip ekor.

Nah, itulah beberapa informasi seputar perbedaan ikan platy dan molly yang bisa dengan mudah anda amati. Sangat mudah bukan mengenali perbedaan antara keduanya atau mengenali perbedaan antara ikan jantan dan betina pada ikan molly atau betina.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Molly

Jika sudah mengerti perbedaannya, anda bisa memilih salah satu dari 2 jenis ikan ini yang akan anda pelihara di aquarium.

Labels: Ikan molly, Ikan platy

Thanks for reading 5 Perbedaan Ikan Platy Dan Molly Yang Bisa Dengan Mudah Anda Kenali. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "5 Perbedaan Ikan Platy Dan Molly Yang Bisa Dengan Mudah Anda Kenali"