Mengenal Ciri-Ciri Ikan Mas Koki Oranda

Mengenal jenis Ikan Mas Koki Oranda
Ikan mas koki oranda

Jenis Ikan Mas Koki Oranda merupakan ikan yang begitu populer dan juga paling terkenal hingga seluruh dunia bila dibandingkan dengan jenis ikan - ikan mas koki lainnya. Ikan mas koki oranda dapat disebut shishigasira sama orang Jepang itu sendiri sebab strain strainnya terlihat rimbun, dan mao tze dan juga bunga air oleh orang China.

Tapi beda lagi jika orang Indonesia, kalau di Indonesia koki oranda biasa di sebut sebagai ikan koki penser. Untuk mengetahui lebih dekat tentang ikan mas koki oranda serta pemberian pakannya, silakan simak penjelasan berikut.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Mas Koki

Ciri-Ciri Ikan Mas Koki Oranda


Gambar jambul ikan mas koki oranda

1. Terdapat Jambul

Ciri ciri dari ikan mas koki oranda di antaranya yang paling menarik ialah terdapat jambul pada bagian atas kepalanya yang terkadang sampai menutupi muka dan juga matanya. Jambul ini terdiri dari tonjolan - tonjolan dari daging yang berisikan cairan yang biasanya disebut "wen".

Wen ini akan muncul pada ikan mas koki oranda pada usia 3-4 Bulan, tapi akan benar - benar sempurna pada bentuknya ketika ikan mas koki oranda sudah berumur 2 - 2,5 tahun. Pada sisi wen ini perlu pengamatan dengan ekstra hati - hati sebab rentan sekali terhadap gangguan bakteri atau jamur.

2. Memiliki Tubuh Besar dan Bulat

Tubuh dari ikan koki oranda umumnya berbentuk besar dan bulat, dengan sisik berkilauan, dan juga mempunyai sepasang ekor yang panjang dan bisa tumbuh hingga empat kali dari panjang tubuhnya. Semua sirip dan juga ekor dari ikan koki oranda tersebut berpasangan tapi tidak pada sirip punggungnya.

3. Memiliki Sirip yang Indah

Keindahan lain ialah sirip dan ekornya segera mengembang ketika ikan ini berhenti bergerak Hal ini sudah tidak mengherankan, bila orang China biasa menyebutnya yaitu "bunga air”. Ikan oranda dapat mencapai ukuran panjang 30 cm untuk usia dewasa.

Cara Pemberian Pakan Mas Koki Oranda


Jenis pakan terbaik untuk ikan mas koki oranda

Bila Anda sudah mengetahui jenis pakan yang cocok untuk ikan mas koki, berikutnya Anda mesti memperhatikan bagaimana cara pemberian makan yang benar untuk ikan mas koki oranda yang benar. Berikut ini terdapat 5 hal yang sangat harus Anda perhatikan saat memberi pakan ke ikan koki Anda.

Ikan koki tergolong ikan yang makannya rakus serta cenderung memakan semua makanan yang berada di hadapan mereka. maka, berikanlah pakan sebutuhnya saja. Tidak perlu terlalu banyak dan terlalu sering juga, cukup 2 kali saja dalam 1 hari. Cobalah utamakan memberi kuantitas pakan yang segera habis maksimal dalam kurun waktu satu menit saja.

Jika memberi pakan menggunakan pelet, alangkah baiknya rendam terlebih dahulu peletnya di dalam sebuah air selama 5 menit atau sampai mengambang. Hal ini diperlukan untuk menghindari ikan koki merasa terlalu kenyang karena pelet yang telah mengembang di dalam perut. Dampak lain dari efek ini, yakni membuat ikan koki menjadi berenang terbalik sebab gelembung renang pada ikan yang terdesak.

Cobalah untuk selalu memberi selingan makanan alami pada ikan koki Anda. Seperti cacing sutra ataupun cacing tanah misalnya, akan sangat cocok perihal menambah asupan kandungan protein. Kedua pakan alami ini dapat ditemukan di keadaan masih hidup atau dalam kondisi beku di toko penjual ikan.

Bila ingin memberi buah-buahan ataupun sayuran kepada ikan koki, Sebisa mungkin buah tersebut mempunyai tekstur yang lembut serta tidak asam dan cincang halus dahulu sebelum diberi ke ikan. Jangan pernah memberikan pakan di waktu malam hari sebab pencernaan ikan koki yang begitu cepat bakal membuat dia buang air di malam hari.

Baca juga: Tips Memilih Ikan Mas Koki Ranchu yang Berkualitas

Ulasan di atas merupakan catatan sederhana mengenai Ikan Mas Koki Oranda dengan mengetahui ciri-ciri dari ikan jenis ini hingga cara pemberian pakannya. Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat bagi Anda dan kita semua.

Labels: Ikan mas koki

Thanks for reading Mengenal Ciri-Ciri Ikan Mas Koki Oranda. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Mengenal Ciri-Ciri Ikan Mas Koki Oranda"