Memilih Ikan Mas Koki Ranchu yang Berkualitas

Jenis Mas Koki Ranchu dan ciri cirinya
Mas Koki Ranchu

Ikan mas koki ranchu merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang sangat unik lucu serta indah ketika dipandang. Jenis ikan ini memiliki penggemar sendiri di kancah internasional ataupun di tanah air.

Ikan hias ini banyak ditemui di Indonesia, bahkan sudah ada yang membudidayakan ikan mas ini. Ikan mas ini memiliki ciri-ciri yang bisa dinikmati oleh para pencinta mas koki. Untuk itu maka Anda harus berhati-hati ketika memilih ikan mas koki serta ketika merawatnya.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Mas Koki

Ciri-Ciri Ikan Mas Koki Ranchu yang Bagus


Cara merawat Ikan Mas Koki Bkack Ranchu
Black ranchu

    1. Kesehatan pada Ikan Mas Koki


Koki ranchu yang sehat bisa dilihat dari caranya berenang. Ketika ikan mas koki tersebut berenang dengan keadaan lemas atau mendongak ke atas, kemungkinan besar ikan tersebut kurang sehat. Sebaiknya, Anda memilih ikan yang berenang aktif serta agresif. Ikan yang aktif dan agresif menunjukkan jika ikan tersebut sehat dan berkualitas.

    2. Memperhatikan Bentuk Badan


Koki ranchu berkualitas memiliki bentuk badan yang ideal. Terkait dengan ukuran ikan mas, memiliki bentuk yang pendek, akan tetapi didukung dengan perut yang bulat dan usahakan jangan terlalu besar. Hindari juga untuk memilih koki ranchu yang memiliki benjolan pada tulang punggung.

    3. Memperhatikan Sirip Ikan


Memperhatikan siripnya merupakan salah satu bagian yang sangat berpengaruh pada kualitas ikan koki ranchu itu sendiri. Hal tersebut dikarenakan, sirip yang seimbang bisa memberikan kesan keindahan di dalam diri ikan.

Koki ranchu yang memiliki sirip yang bagus yaitu memiliki keseimbangan antara sirip kanan dan kiri. Sedikit tegak dan tidak bengkok, di sisi lain, sirip ekor terlihat memiliki panjang yang sama.

    4. Memperhatikan Warna Ikan


Koki ranchu yang bagus harus memiliki warna yang cerah dan tegas. Misalnya warna merah. Ikan mas koki harus merah serta tidak ada gabungan warna lainnya. Selain itu, juga tidak terlihat kusam. Warna ikan bisa diatasi dengan diberikan pakan yang bisa merangsang warna seperti spirulina misalnya.

Baca juga: Jenis Penyakit Ikan Mas Koki dan Tips Cara Pengobatanya

Cara Merawat Koki Ranchu dengan Tepat


    1. Memperhatikan Sarana Merawat


Peternak mas koki ranchu di Jepang serta Thailand menggunakan bak plastik atau semen berukuran 1,5m x 1,5m. Selain itu dengan kedalaman kurang lebih 30 cm. Dengan ukuran wadah yang pas, maka ikan mas koki bisa bergerak dengan leluasa. Ikan yang bergerak dengan leluasa ini akan mudah untuk mengalami pertumbuhan nantinya.

    2. Memperhatikan Kualitas Air


Mas koki ranchu suka dengan suhu air dingin. Dengan hal tersebut, kedalaman air setidaknya 30 cm. Tidak perlu sering mengganti air. Menganti air bisa anda lakukan setiap 5 hingga 6 hari. Dengan memperhatikan tingkat kedalaman air, serta selalu menggantinya dengan rutin maka bisa membuat koki kesayangan Anda bisa tumbuh dengan baik.

    3. Memilih Indukan Berkualitas


Indukan yang berkualitas memiliki bentuk ekor mengembang dengan umur diatas 3 tahun. Induk sebaiknya tidak dipelihara atau diberi pakan hingga menjadi gemuk karena akan membuatnya sulit memproduksi telur dan sperma. Induk merupakan salah satu hal pokok yang sangat perlu diperhatikan. Keberadaan indukan yang bagus, akan membuat anakannya juga bagus juga.

Untuk itu, jangan asal ketika memilih indukan mas koki rancu, jika Anda menginginkan ikan koki berkualitas bagus.

Baca juga: Cara Memelihara Ikan Mas Koki Mutiara dengan Tepat

Ikan mas koki ranchu merupakan salah satu ikan mas yang cukup banyak dipelihara. Dengan memperhatikan beberapa ciri-ciri dan tips merawatnya, kami berharap Anda bisa memelihara ikan dengan baik.

Labels: Ikan mas koki

Thanks for reading Memilih Ikan Mas Koki Ranchu yang Berkualitas. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Memilih Ikan Mas Koki Ranchu yang Berkualitas"