Makanan yang Tepat untuk Ikan Oscar Slayer

Jenis ikan hias oscar slayer
Oscar slayer albino

Astronotus ocellatus adalah sebuah nama latin dari ikan Oscar Slayer, ikan hias Oscar merupakan seekor ikan hias yang juga termasuk pada keluarga cichilid. Ikan karakter agresif dan hidup di perairan tawar serta berasal dari sebuah sungai yakni sungai Amazon ini dapat tumbuh hingga panjang badannya bisa sekitar 45 cm.

Dengan ukuran tubuh ikan hias Oscar bisa tumbuh sampai sebesar itu, maka bagi kalian yang mau memelihara ikan oskar, sebaiknya kalian menyiapkan kolam atau bisa juga aquarium yang lumayan besar. Hal tersebut dilakukan supaya ikan Oscar bisa tumbuh dengan bagus dan bebas bergerak ke setiap sudut ruang yang ada.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Oscar

Ciri-Ciri Oscar Slayer Jantan

  1. Memiliki bentuk alat kelamin meruncing.
  2. Jika diurut perutnya keluar cairan memancar.
  3. Ukuran badannya lebih panjang.
  4. Bagian badan yang berwarna merah lebih banyak.
  5. Sirip-sirip berukuran lebih lebar.
  6. Terdapat 2 atau 3 bintik di bagian sirip punggung.

Ciri-Ciri Oscar Slayer Betina

  1. Ukuran sirip relatif lebih pendek.
  2. Bagian badan yang berwarna merah relatif lebih sedikit.
  3. Ukuran badan relatif lebih pendek.
  4. Jika diurut perutnya keluar cairan pelan.
  5. Memiliki bentuk alat kelamin tumpul.

Jenis Makanan Ikan Oscar Slayer


Tidak begitu sulit untuk dapat memilih makanan pada ikan Oscar, karena ikan Oscar sendiri menyukai macam-macam jenis serangga serta hewan air yang punya ukuran kecil.

Baca juga: Kelebihan Ikan Oscar yang Perlu Anda Ketahui

Ketika memberikan pakan ikan hias Oscar seharusnya di lakukan dengan teratur, misal sehari 2 kali, berikanlah makan pada pagi dan juga sore hari. Untuk makanan nya, berikut ini beberapa contoh makanan ikan Astronotus ocellatus atau ikan Oscar.

1. Cacing Rambut

Cacing tubefifex atau biasa di kenal dengan sebutan cacing rambut, cacing sutra, dan cacing darah. Wujudnya seperti rambut dan selalu bergerombol biasanya sangat mudah di dapat di got atau selokan serta pinggiran kali. Selain bisa di ambil secara gratis di ketiga tempat itu, cacing sutra pun juga di jual di toko-toko jual ikan hias, mau yang masih hidup ataupun yang telah di bekukan.

Cacing sutra atau cacing rambut mempunyai kandungan protein yang lumayan tinggi sehingga dapat mempercepat perkembangan ikan hias Oscar milik Anda.

2. Udang

Udang adalah salah satu hewan yang juga mengandung zat karoten sangat tinggi. Bagi para penghobi ikan hias, memberi udang secara berkala dapat mencerahkan pada pewarnaan di tubuh ikan. Tapi, ikan hias Oscar yang akan di beri udang sebaiknya ikan Oscar yang sudah lumayan besar, agar cangkang serta kepala udang tidak akan membahayakan ikan oskar milik Anda.

3. Kelabang

Selain dari udang makanan ikan Oscar yang di yakini bisa mempercepat pewarnaan dan juga mencerahkan warna untuk tubuh ikan oscar ialah kelabang. Selain dapat mencerahkan, kelabang juga bisa membuat ikan merasa lebih galak atau garang. Kelabang banyak sekali di jual di toko pakan burung atau bisa juga di dapatkan di toko-toko penjual umpan memancing.

4. Ulat Jerman

Makanan ikan oscar agar cepat besar lainnya yang dapat di beli di toko pakan burung kicau ialah ulat jerman. Ulat jerman mempunyai tubuh sedikit berair dan gemuk, sehingga mempunyai banyak kandungan protein dan lemak.

Baca juga: Mengenal Ikan Oscar Batik

Beberapa jenis makanan Oscar Slayer dia atas bisa Anda pilih ketika Anda sedang atau baru akan membudidayakan ikan Oscar Slayer.

Semoga artikel ini bisa membantu Anda bila Anda menemukan kebingungan saat ingin memilih makanan yang cocok untuk ikan hias peliharaan Anda.

Labels: Ikan oscar

Thanks for reading Makanan yang Tepat untuk Ikan Oscar Slayer. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Makanan yang Tepat untuk Ikan Oscar Slayer"