Panduan Lengkap Bagaimana Cara Budidaya Ikan Komet untuk Pemula

Budidaya ikan komet
Budidaya ikan komet

Ikan Komet merupakan sejenis ikan hias yang termasuk ke dalam keluarga Ikan Mas, ikan ini memiliki keunikan serta kecantikan yang tidak bisa diremehkan. Tak heran Budidaya ikan komet memiliki potensi yang cukup besar, dikarenakan banyaknya pecinta ikan yang mulai melirik ikan ini.

Dilihat dari bentuknya ikan ini memiliki sirip serta ekor yang cukup lebar dan juga panjang, membuatnya terlihat anggun saat sedang berenang. Selain itu ikan ini juga memiliki warna yang sangat cantik, mulai dari merah, putih, hitam, kuning, hingga orange.

Cara Budidaya Ikan Komet


1. Pemilihan Induk

Dalam melakukan budidaya ikan komet diperlukan tahapan-tahapan penting, tahapan yang pertama adalah memilih indukan yang bagus. Usia ikan komet yang ideal untuk dijadikan indukan adalah sekitar 7-8 bulan, di usia ini ikan komet cenderung sangat aktif dan dalam masa yang paling subur.

Memilih ikan komet jantan bisa dengan melihatnya secara langsung, biasanya ikan jantan yang siap untuk melakukan proses pemijahan adalah yang sangat aktif dan terlihat mengejar-ngejar betina. Selain itu ia memiliki warna yang cantik dan juga cerah, tidak mengalami cacat atau mengalami penyakit.

Sedangkan betina yang baik adalah betina yang jika disentuh siripnya terasa halus, sedangkan perutnya terasa lembek jika disentuh. Ikan komet betina memiliki gemital berwarna kemerah-merahan, apabila disentuh dan diurut akan mengeluarkan cairan kuning.

2. Pembuatan Akuarium

Pembuatan akuariam perlu untuk anda perhatikan, akuarium yang cocok memiliki panjang dan lebar 100 cm dan tinggi 50 cm. Akuarium ini bisa menampung anakan ikan komet sampai 50-100 ekor, sedangkan untuk dewasa akuarium tersebut hanya bisa menampung 25-50 ekor saja.

Dalam budidaya ikan komet sendiri membutuhkan beberapa akuarium, hal ini bertujuan agar ikan komet bisa berkembang secara maksimal. Setidaknya akuarium harus di golongkan menjadi beberapa jenis, seperti untuk pemijahan, penetasan, dan untuk menumbuhkan ikan komet sampai dewasa.

3. Pemijahan

Setelah pembuatan akuarium dan pemilihan indukan, maka tahapan berikutnya adalah proses pemijahan. Proses ini cenderung cukup cepat sekitar 12 jam saja sudah cukup, waktu yang sempurna adalah saat malam hari. Usahakan dalam satu kali pemijahan dilakukan dengan 1 ekor jantan dan 2 ekor betina, hal ini bertujuan agar proses pemijahan memiliki tingkat keberhasilan lebih tinggi.

Selain itu anda juga harus menyiapkan tempat untuk telur ikan komet, tempatnya bisa berupa daun seperti eceng gondok. Namun jika kesulitan mencari daun eceng gondok, anda bisa menggantinya dengan daun lain seperti daun jati atau daun pisang. Letakkan daun tersebut di permukaan air, nantinya ikan komet akan menempelkan telur di daun-daun tersebut.

4. Perawatan

Masa perawatan adalah masa yang paling rentan terhadap budidaya ikan komet, terutama saat ikan komet berusia di bawah satu bulan. Sehingga anda perlu memberi perhatian lebih terhadap anakan ikan komet ini, usahakan agar air tetap bersih dan memiliki kadar oksigen yang cukup.

Setelah anakan ikan komet menginjak usia 1 bulan, anda bisa bernapas lega karena tingkat keberhasilan budidaya mencapai 80-90%. Terutama jika anda selalu memerhatikan kondisi air tetap bersih, dan juga memerhatikan suhu serta oksigen di dalam akuarium.

5. Pemanenan

Tahap terakhir budidaya ikan komet tentunya adalah proses pemanenan, proses ini tentunya sangat ditunggu-tunggu saat budidaya ikan ini. Ikan komet sendiri bisa anda panen ketika usia 4-5 bulan, waktu yang cukup singkat untuk mendapat hasil yang maksimal.

    Pakan Ikan Komet

1. Kutu Air

Ikan komet memiliki pakan yang sama dengan ikan hias lainnya, namun alangkah baiknya jika menggunakan pakan yang bagus. Salah satunya adalah kutu air, kutu air ini sudah ada pada air yang digunakan di akuarium sehingga anda tidak perlu susah mencarinya. Namun jika dirasa kurang anda bisa membeli kutu air di tempat pakan ikan.

2. Cacing atau Larva

Cacing atau larva cocok untuk anda berikan kepada anakan ikan komet, dimana cacing dan larva memiliki kandungan protein yang cuku tinggi antara 60% sampai 75%. Protein yang terkandung tersebut sangat bagus bagi pertumbuhan ikan komet, apalagi terdapat pendapat bahwa cacing dan larva bisa membuat ikan hias memiliki warna yang lebih cantik.

3. Pelet

Pelet bisa anda berikan kepada ikan komet yang sudah beranjak dewasa, kandungan gizi yang lengkap akan membuat ikan ini lebih sehat dan memiliki tubuh yang bagus. Selain itu ikan komet akan bisa memiliki warna yang cantik serta sirip dan ekor yang indah.

Cek juga: Daftar Jenis Makanan Ikan Komet

Tips Budidaya Ikan Komet


Jenis ikan komet

1. Perhatikan Kebersihan Akuarium

Dalam budidaya ikan komet ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, salah satunya adalah kebersihan akuarium. Sudah menjadi rahasia umum bahwa kebersihan akuarium akan memengaruhi kesehatan ikan, tak terkecuali ikan komet ini. Anda bisa membersihkan akuarium saat air sudah terlihat agak keruh, ataupun anda bisa melakukan penggantian air secara rutin agar akuarium tetap bersih.

2. Pisahkan Indukan Dari Anakan

Ikan komet adalah salah satu ikan kanibal, dimana indukan bisa saja memakan telur atau anakannya sendiri. Sehingga saat proses pemijahan selesai, usahakan memisahkan indukan dengan telur yang dihasilkan. Anda bisa menetaskan telur ikan komet di akuarium yang terpisah dengan indukannya.

3. Beri Makan Secara Kompleks

Memberi makan adalah hal penting lainnya, dimana anda harus memberi makan secara kompleks. Hal ini bertujuan agar ikan komet bisa sehat dan memiliki pertumbuhan yang baik. Gunakan pakan yang cocok untuk ikan hias seperti cacing atau larva, dimana memiliki gizi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan ikan komet ini.

4. Pisahkan Ikan yang Bagus

Untuk menambah keuntungan anda bisa memisahkan ikan komet yang bagus, bisa disesuaikan dengan warna ataupun coraknya. Semakin berkualitas anda bisa menjualnya secara mahal, sehingga nantinya anda akan mendapatkan keuntungan lebih. Perhatikan jenis ikan komet yang anda budidayakan tersebut, semakin langka jenis ikan komet tersebut semakin mahal pula harganya.

Keuntungan Budidaya Ikan Komet


Budidaya ikan komet sangatlah menguntungkan, dikarenakan ikan ini adalah salah satu ikan yang banyak digemari pecinta ikan hias. Tak hanya itu ikan komet juga memiliki warna yang cantik dan juga corak menarik sehingga memiliki harga yang cukup mahal.

Harga per ekor ikan komet berkisar Rp,10.000 sampai dengan Rp.100.000 tergantung jenis, ukuran, serta kecantikannya. Bayangkan jika sekali panen ikan ini mencapai ratusan ekor, tentu saja cukup menggiurkan untuk ukuran budidaya ikan hias sekala kecil.

Budidaya Ikan Komet memang sangatlah menarik untuk dilakukan, karena selain mudah prospek ikan komet juga sangat menjanjikan. Jika anda ingin memulai bisnis ini, maka mulailah dalam sekala kecil terlebih dahulu. Hal ini karena lebih mudah dilakukan dan juga sudah bisa menghasilkan keuntungan yang besar.

Labels: Ikan komet

Thanks for reading Panduan Lengkap Bagaimana Cara Budidaya Ikan Komet untuk Pemula. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Panduan Lengkap Bagaimana Cara Budidaya Ikan Komet untuk Pemula"