8 Cara Memelihara Ikan Mas Koki dengan Tepat

Cara mudah memelihara ikan mas koki

Cara memelihara ikan mas koki adalah salah satu hal yang sangat perlu diperhatikan. Ikan mas koki, merupakan jenis ikan yang sangat banyak dipelihara orang. Hal tersebut dikarenakan ikan mas ini memiliki perawatan yang tidak terlalu membutuhkan biaya besar.

Jika Anda berhasil merawatnya dengan baik, ikan koki bisa berumur cukup panjang, bahkan mencapai 10 tahunan. Kembali lagi, tentu terkait dengan cara Anda merawat dan menyayangi ikan mas koki. Berikut beberapa hal yang bisa Anda jadikan masukan bagi Anda yang sedang memelihara ikan mas koki.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Mas Koki

Cara Memelihara Ikan Mas Koki dengan Mudah


Jenis dan gambar ikan mas koki

1. Perhatikan Wadah

Beberapa dari Anda, ada yang memelihara satu atau dua ekor ikan mas di dalam sebuah wadah Kendi kaca. Dengan Anda meletakkan ikan di wadah kendi kaca tersebut maka akan memberikan kesan yang artistik. Namun sebenarnya, wadah ini memiliki ukuran yang sangat kecil bahkan hanya bisa digunakan untuk menampung 1 ekor ikan mas aja.

Dengan ukuran yang kecil tentu membuat ikan mas susah mendapatkan oksigen yang cukup dari permukaan air. Adanya hal tersebut, sebaiknya Anda menggunakan wadah akuarium yang cukup untuk memelihara ikan mas kesukaan Anda.

Akuarium bisa mendukung kehidupan dari ikan mas, permukaan akuarium yang lebar menjadikan ikan mas bisa mendapatkan oksigen yang cukup untuk mendukung kesehatannya. Hal tersebut dikarenakan oksigen yang masuk dari ujung kendi yang meruncing tidak sama dengan akuarium yang memiliki area yang lebih luas.

Memelihara ikan mas di dalam wadah kendi kaca, ini akan membuat Anda susah karena Anda harus membersihkan setiap hari untuk mengganti siklus air yang sudah kotor.

Baca juga: Mengenal Ciri-Ciri Ikan Mas Koki Oranda

2. Perhatikan Ukuran

Ukuran terbesar ikan mas koki

Awal mula Ikan mas memang berukuran kecil, namun jika Anda dapat merawatnya dengan baik, ikan satu ini bisa mencapai kaki orang dewasa. Banyak orang yang belum menyadari hal ini, sehingga mereka harus membeli wadah yang baru untuk ikan mas yang sudah besar.

Alangkah lebih baik, jika dari awal Anda sudah meletakkannya pada wadah yang cukup besar. Meletakkan ikan di wadah yang cukup besar, akan menjadikan ikan bisa tumbuh besar. Selain itu, ikan mas koki kamu juga akan merasa sangat nyaman jika memiliki ruang untuk berenang yang cukup besar.

3. Perhatikan Penutup Akuarium

Jenis ikan satu ini memiliki kecenderungan untuk bisa meloncat ke permukaan air. Untuk Menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya Anda memberikan triplek atau kayu untuk menutup akuarium Anda. Tutup tersebut juga berguna nantinya ketika Anda ingin menambahkan lampu aquarium.

4. Menambahkan Lampu

Gunakan lampu pijar yang redup untuk akuarium Anda kurang lebih 10 jam dalam 1 hari. Lampu tersebut tidak akan memakan banyak watt listrik. Panas yang cukup baik jika dibandingkan dengan lampu pijar biasa yang berwarna putih. Lampu pijar biasa yang berwarna putih juga cenderung menghantarkan panas yang berlebihan.

5. Memperhatikan Dasar Kerikil Pada Aquarium

Meletakkan kerikil sebagai penghias dasar akuarium merupakan salah satu perlu Anda lakukan. Terdapat beberapa alasan mengapa kerikil tersebut lebih baik jika dibanding dengan lainnya. Pertama, karena kerikil tersebut tidak mempengaruhi tingkat keasaman pada air akuarium Anda.

Sangat berbeda dengan terumbu karang yang memiliki pengaruh terhadap keasamaan air. Kedua, kerikil bisa membentuk permukaan yang bagus untuk tumbuhnya bakteri baik di dalam akuarium Anda. Bukan hanya untuk mendukung kehidupan ikan mas di dalamnya, bakteri ini juga dapat berfungsi untuk mengatasi partikel berbahaya yang terdapat di dalam akuarium.

6. Memperhatikan Tingkat Keasaman Air

Hal ini sangat penting untuk Anda lakukan. Anda harus memeriksa tingkat keasaman air yang ada di akuarium secara teratur. Alat pengukur pemeriksaan keasamaan ini bisa Anda beli di toko perlengkapan akuarium yang ada di kota Anda.

Sifat air yang biasanya bertambah asam menyebabkan dampak buruk kesehatan pada ikan mas koki Anda. Ketika hal ini terjadi, Anda bisa membeli obat penetralisir keasamaan di toko perlengkapan aquarium.

7. Perhatikan Penyaringan Air

Ikan mas selalu akan membuang banyak kotoran. Kotoran tersebut jika dibiarkan lama-kelamaan akan menjadi amonia. Ini adalah racun. Untuk itu, Anda sebaiknya memiliki sistem penyaringan aquarium yang bagus.

Penyaringan yang terdapat pada filter harus diganti secara teratur ketika sudah kotor. Filter ini juga harus dibersihkan setidaknya 1 kali dalam sebulan supaya bersih dari bakteri jahat yang menempel. Jangan lupa, untuk mengukur kadar amonia serta nitrit pada air akuarium Anda.

8. Memperhatikan Makanan Ikan

Pada dasarnya, ikan mas koki merupakan ikan pemakan pelet yang memiliki komposisi daging dan tumbuhan. Untuk itu, berikan sedikit pelet untuk ikan mas Anda beberapa kali di dalam satu hari. Jika pelet yang Anda berikan tidak habis dalam jangka waktu 5 menit, bersihkan segera jika Anda memberikan pelet terlalu banyak.

Baca juga: Cara Memelihara Ikan Mas Koki Mutiara dengan Tepat

Cara memelihara ikan mas koki ternyata sangat mudah sekali. Untuk itu, bagi Anda yang hendak memeliharanya maka bisa menggunakan acuan ini.

Labels: Ikan mas koki

Thanks for reading 8 Cara Memelihara Ikan Mas Koki dengan Tepat. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "8 Cara Memelihara Ikan Mas Koki dengan Tepat"