Cara Memelihara Ikan Mas Koki Mutiara dengan Tepat

Jenis ikan mas koki mutiara
Ikan mas koki mutiara

Dari beragam jenis ikan mas koki, ikan mas koki mutiara merupakan salah satu jenis ikan mas koki yang tidak kalah cantik untuk dipelihara. Sebagian dari Anda mungkin masih bingung untuk merawat di dalam akuarium. Untuk itu, berikut kami berikan info terkait dengan tips merawat koki mutiara supaya cepat besar.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Mas Koki

Cara Merawat Ikan Mas Koki Mutiara Agar Cepat Besar


Beberapa dari Anda yang baru membeli ikan koki kerap terkena penyakit dan langsung mati. Kurangnya pengertian terkait jenis air yang digunakan, serta cara menaruh yang salah merupakan salah satu faktor penyebabnya.

Tapi jangan khawatir, Anda yang baru saja memelihara khususnya dalam wadah akuarium atau aquascape. Berikut kami Berikan beberapa teknik cara merawat ikan mas koki jenis mutiara.

    1. Gunakan Jenis Air yang Baik


Untuk merawat koki jenis mutiara, ataupun koki yang lain, yang paling penting adalah memperhatikan jenis airnya. Untuk air, biasanya diendapkan terlebih dahulu setidaknya 24 jam, kemudian ikan koki mutiara baru dimasukkan.

    2. Menyediakan Hiasan Aquarium


Cara merawat ikan satu ini yang perlu diperhatikan supaya terlihat cantik, yaitu menyediakan beberapa hiasannya. Anda bisa menyiapkan beberapa perlengkapan seperti batu-batuan, pasir, ornamen serta tanaman hias khusus akuarium ataupun aquascape. Bersihkan terlebih dahulu sebelum semua perangkat atau hiasan tersebut dimasukkan ke dalam akuarium.

    3. Memperhatikan Jenis Makanan yang Cocok untuk Koki Mutiara


Sebelum memutuskan untuk membeli jenis pakan koki khususnya mutiara, kenali terlebih dahulu jenis pakan yang bisa mempercepat pertumbuhan. Hal tersebut dilakukan supaya koki mutiara cepat besar.

Anda bisa menjadwalnya sesuai dengan kebutuhan. Secara umum, pemberian makan yang baik dilakukan pada pagi dan sore hari. Jangan sampai memberikan makan yang berlebihan dan kekurangan. Ketika memberikan makan yang berlebihan, maka bisa memudahkan air cepat kotor serta menimbulkan bakteri dan virus.

    4. Menjaga Kebersihan Akuarium


Tidak hanya pakan dan hiasannya harus diperhatikan. Menjaga kebersihan akuarium merupakan salah satu hal yang penting. Dengan membersihkan akuarium, demi menjaga kualitas air nya jangan sampai telat mengganti.

Cara menggantinya cukup mudah, buanglah 1/3 air akuarium, kemudian masukkan air bersih yang sudah diendapkan sebelumnya selama 24 jam. Air yang diendapkan tersebut kadar pH serta amoniak nya sudah hilang. Idealnya Anda mengganti air setidaknya 2 minggu sekali.

Baca juga: Tips Memelihara Ikan Mas Koki

Jenis Makanan Kesukaan Ikan Mas Koki


Selain jenis makanan ikan mas koki buatan, ternyata ikan mas koki sangat menyukai jenis makanan alami. Terdapat jenis makanan kesukaan ikan mas koki, salah satunya cacing sutra. Berikut beberapa jenis makanan kesukaan mas koki yang bisa Anda berikan untuk koki mutiara kesayangan Anda.

1. Cacing Sutra

Makanan alami satu ini banyak diperjualbelikan di pasaran. Cacing sutra memiliki harga yang lebih ekonomis jika dibandingkan dengan pelet. Selain itu, cacing sutra juga banyak dipilih karena dapat membuat warna ikan mas koki menjadi lebih cantik.

2. Kutu Air

Kutu air adalah salah satu makanan kesukaan ikan mas koki. Jenis makanan ini diperuntukkan untuk ikan mas koki anakan. Kutu air bisa diberikan pada ikan mas yang berukuran 3 sampai 5 cm.

3. Cacing Darah

Sama halnya dengan jenis makanan alami lainnya. Cacing darah juga berguna untuk mempercepat pertumbuhan ikan koki mutiara kesayangan Anda. Kandungan lemak dan protein yang tinggi pada cacing darah sangat berpotensi besar mempercepat pertumbuhan. Cacing darah biasanya dibandrol dengan harga Rp10.000 untuk Satu kilonya.

Baca juga: Tips Memilih Ikan Mas Koki Ranchu yang Berkualitas

Ikan mas koki mutiara merupakan salah satu jenis ikan mas yang banyak dipilih. Untuk itu, jika Anda merupakan salah satu orang yang memelihara, perhatikan cara merawatnya agar ikan Anda tumbuh besar dan sehat.

Labels: Ikan mas koki

Thanks for reading Cara Memelihara Ikan Mas Koki Mutiara dengan Tepat. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Memelihara Ikan Mas Koki Mutiara dengan Tepat"