Mengenal Ikan Hias Oscar Albino

Mengenal jenis ikan hias oscar albino
Oscar albino

Sebagai pemilik ikan oscar hias mau ikan yang mereka miliki cepat tumbuh besar, serta mempunyai warna yang terang sehingga bagus untuk dipandang dan bila dijual lagi, maka bakal mengandung harga jual yang jauh lebih tinggi dan tentunya lebih menguntungkan. Ikan oscar merupakan ikan predator, makanan ikan oscar albino ialah hewan-hewan yang lebih kecil dari ukuran tubuhnya sendiri.

Ciri-Ciri Morfologi Oscar Albino


Sosok oscar albino secara sekilas tidak jauh berbeda dengan ikan nila. Oscar albino memiliki bentuk kepala besar, serta mulut sedikit meruncing di bagian tengahnya. Memiliki sirip punggung berbentuk lebar. Pada bagian belakang sirip punggung atau sirip anus memiliki bentuk meruncing

Oscar albino memiliki sepasang mata dengan sorotan tajam. Kesan ini nampak sangat nyata karena juga diimbangi dengan postur tubuh yang kokoh, kekar. Untuk warna dasarnya bervariasi, akan tetapi secara sepintas, oscar albino terlihat berwarna putih.

Makanan Ikan Oscar albino


Makanan ikan oscar yang paling tepat harus mengandung banyak komponen zat penting, seperti; vitamin, kalsium, protein, karbohidrat, lemak, dll. Zat-zat tersebut sangat amat membantu ikan oscar supaya cepat tumbuh besar dan juga menambah kecerahan atau kecantikan pada bagian sisik ikan oscar.

Apabila kita salah memberi makanan kepada ikan oscar, tentu saja akan membuat kondisi ikan oscar stres dan susah tumbuh besar, bahkan sampai mati. Di pembahasan ini akan mencoba membahas berbagai jenis makanan ikan oscar agar cepat besar.

Makanan Ikan Oscar Hidup


1. Pakan terbaik Ikan Oscar – Cacing Sutra dan Kutu Air

Kutu air dan cacing sutra merupakan makanan ikan oscar yang memiliki kandungan nutrisi tinggi seperti; protein, karbohidrat, kalsium, dan vitamin yang sangat bagus untuk membantu mempercepat perkembangan ikan oscar.

Makanan ini begitu cocok untuk ikan oscar kecil yang masih berumur 1-4 minggu. Ini disebabkan ikan oscar kecil belum dapat memakan makanan yang berat, keras dan lebih besar dari pada tubuhnya. Cacing sutra dan kutu air juga sangat cocok untuk ikan oscar dewasa supaya ikan bisa cepat tumbuh besar serta memiliki warna yang lebih indah.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Oscar

2. Pakan Ikan Oscar – Jangkrik dan Kelabang

Makanan ikan oscar jangkrik dan juga kelabang amat penting untuk bisa mempercepat pertumbuhan. Manfaat lainnya ialah menciptakan warna ikan oscar semakin lebih cerah. Jangkrik dan cacing juga begitu cocok dijadikan makanan ikan oscar yang kecil. Selain itu pada makanan ikan oscar jenis ini dapat membuat proses pemijahan indukan dari ikan oscar jauh lebih cepat.

Makanan Ikan Oscar Buatan/Mati


Untuk jenis makanan ikan oscar yang satu ini amat jarang diberikan pada ikan oscar sebab ikan oscar tidak terlalu terbiasa memakan makanan buatan yang biasanya tidak bergerak. Tetapi bila kita membeli ikan oscar dari hasil budidaya yang telah terbisa memakan makanan seperti pelet, maka hal ini tidaklah buruk dan justru bisa menghemat pakan.

Makanan ikan oscar jenis pelet ini diperuntukkan bagi para pembudidaya ikan oscar supaya mengirit pakan dan tidak gampang busuk. Bila kita membeli ikan oscar pada kondisi kurang lebih dari 10 cm, maka kita dapat melatih ikan oscar ini agar mau memakan makanan jenis pelet.

Baca juga: Cara mudah Merawat Ikan Oscar

Pada artikel di atas ada pemaparan bagaimana merawat sebuah ikan oscar albino, dengan beberapa jenis asupannya, mulai dari makanan hidup ataupun makanan mati/buatan. Semoga informasi di atas bisa menambah pengetahuan Anda tentang ikan hias dan cara perawatannya.

Labels: Ikan oscar

Thanks for reading Mengenal Ikan Hias Oscar Albino. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Mengenal Ikan Hias Oscar Albino"