Mengenal Ikan Oscar Batik

Mengenal jenis oscar batik lengkap
Oscar batik

Apakah Anda sudah mengetahui ikan Oscar Batik? Siapa sih yang tidak mengenal ikan Oscar? Ikan Oscar merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang sangat mudah untuk dipelihara. Jenis ikan ini, bisa dipelihara dalam wadah akuarium sebagai hiasan, serta selalu menambah kecantikan ruangan ataupun halaman rumah.

Jika Anda memutuskan untuk memelihara ikan hias jenis satu ini, tentu Anda perlu mengetahui beberapa informasi terkait dengan Oscar Batik itu sendiri. Adapun ulasan lengkapnya bisa dilihat dalam uraian berikut ini.

Morfologi untuk Ikan Oscar Batik


Oscar batik memiliki sirip punggung yang berbentuk lebar. Sirip punggung tersebut memiliki letak yang berseberangan dengan sirip dada. Di bagian belakang sirip punggung, ataupun sirip anus memiliki bentuk yang meruncing dengan ujung yang sedikit tumpul. Kemudian, untuk sirip ekor Oscar batik memiliki bentuk bulat atau ronded.

Oscar batik memiliki sepasang mata dengan sorotan yang tajam, sehingga mampu menghadirkan kesan jantan. Kesan tersebut nampak terlihat karena diimbangi dengan postur tubuh yang kokoh dan kekar. Di bagian sisi badannya, terutama di sekitar daerah perut hingga punggung, terdapat bintik-bintik dari warna sisik yang berwarna kuning keemasan atau kemerah-merahan.

Dari batikan serta warna dasar yang kontras tersebut, ikan ini dikenal dengan Oscar Batik. Oscar yang memiliki batikan yang lebar dan utuh, serta tidak copot, maka memiliki harga yang relatif mahal.

Sebaliknya, Oscar Batik yang di bagian badannya tidak memiliki banyak hiasan batik maka dianggap sebagai below standar nya tidak terlalu tinggi. Selain warna-warni tersebut, pada bagian atasnya terdapat warna yang sedikit gelap. Pada sirip ekor, dihiasi dengan bintik berwarna hitam bertepi merah.

Kemudian, ditopang lagi dengan bentuk mulutnya yang lebar dan bergerigi. Sehingga tidak salah lagi, jika ikan Oscar ini dikenal dengan ikan yang berbahaya. Ikan Oscar bisa memakan ikan yang memiliki ukuran lebih kecil. Hanya dengan sekali sambar, biasanya udang kali atau ikan cecere seolah langsung hilang.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Oscar

Ikan oscar batik dan jenis oscar albino
Gambar ikan oscar

Gerakan inilah yang kerap membahayakan kita yang belum terbiasa. Untuk itu, bagi Anda yang belum terbiasa atau belum mengenal lebih jauh tentang Oscar Batik ini, jangan coba-coba untuk memasukkan tangan ke dalam akuarium.

Ciri-Ciri Oscar Batik Jantan

  1. Memiliki bentuk alat kelamin yang meruncing.
  2. Saat diurut, pada bagian perutnya keluar cairan memancar.
  3. Ukuran badannya cenderung lebih panjang.
  4. Pada bagian badan, memiliki berwarna merah lebih banyak.
  5. Memiliki sirip-sirip berukuran lebih lebar.
  6. Terdapat 2 atau 3 bintik pada bagian sirip punggung.

Ciri-Ciri Oscar Batik Betina

  1. Ukuran sirip cenderung lebih pendek.
  2. Pada bagian badan, memiliki berwarna merah relatif lebih sedikit.
  3. Ukuran badan cenderung lebih pendek.
  4. Saat diurut perutnya keluar cairan pelan.
  5. Memiliki bentuk alat kelamin yang tumpul.

Daerah Asal dan Penyebaran Ikan Oscar Batik


Daerah asal yang asli dari oscar batik Ini masih terus dipertentangkan. Penentangan tersebut hanya terbatas dalam literatur, dan tidak terbuka di dalam sebuah forum diskusi. Akan tetapi, hal tersebut juga perlu disimak satu persatu.

Baca juga: Beberapa Kelebihan Ikan Oscar

Terkait dengan daerah yang diklaim sebagai tempat asal serta penyebaran Oscar pertama kali yaitu di bagian timur Venezuela, Guyana, Amazon sampai Paraguay, di daerah sekitar Amerika Selatan.

Dengan daerah asal yang terkonsentrasi di Amerika Selatan, maka tidak heran jika jenis ikan ini sering digembar-gemborkan sebagai salah satu jenis cichlid yang sangat terkenal dari Amerika. Di alam aslinya, ikan satu ini banyak ditemukan di daerah perairan yang lebar.

Ikan oscar batik banyak dipilih karena memang memiliki keunikan. Semoga informasi mengenai oscar batik ini bisa bermanfaat bagi Anda nantinya.

Labels: Ikan oscar

Thanks for reading Mengenal Ikan Oscar Batik. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Mengenal Ikan Oscar Batik"