Ciri-ciri Ikan Oscar Paris yang Bagus

Jenis dan ciri ciri ikan oscar paris
Ikan oscar paris

Dengan banyaknya ikan-ikan dari jenis ikan hias hingga ikan yang bisa untuk disantap. Maka kali ini saya akan menjelaskan tentang ciri-ciri ikan oscar paris yang bagus agar kalian semua bisa membedakan mana ikan hias dan mana yang bukan.

Apa ciri-ciri ikan oscar yang bagus? Cukup banyak masyarakat Indonesia yang memiliki oscar, baik sebatas hobi ataupun bisnis. Ikan ini diyakini sebagai salah satu ikan air tawar yang memiliki keindahan tersendiri. Perawatan untuk ikan oscar pun terbilang cukup gampang. Anda bisa memasukkannya ke dalam sebuah akuarium yang sudah dilengkapi aerator.

Ciri-Ciri yang Menentukan Bagus atau Buruk dari Seekor Ikan Oscar Paris


1. Perilaku

Perilaku dari ikan oscar yang sehat diperlihatkan dari pergerakannya yang aktif. Ikan yang tampak agresif, responsif terhadap makanannya, dan bergerak ke seluruh bagian akuarium. Ikan oscar tidak akan diam, tidak juga menyendiri, atau tidak akan menjauhi ikan-ikan oscar lainnya.

Baca juga: Cara Merawat Ikan Oscar

Saat dia dimasukkan ke kolam yang berarus, ikan oscar cenderung malah berenang melawan arus dan tidak hanyut terbawa oleh arus tersebut.

2. Fisik

Pilihlah ikan oscar yang tidak cacat, memiliki anggota tubuh yang sempurna, dan kondisinya pun sehat. Amatilah seluruh tubuh ikan oscar tersebut untuk mencari barangkali terdapat tanda - tanda penyakit seperti bintik - bintik, memar, jamur, atau lendir yang berlebih.

Perhatikanlah dengan teliti mulai pada bagian mata, badan, sirip, sampai lubang genitalnya. Hindarilah membeli ikan oscar yang tidak normal sebab akan sangat mudah mati.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Oscar

3. Keindahan

Ikan oscar umumnya dipelihara untuk dijadikan sebagai ikan hias. Oleh sebab itu, Anda mesti memperhatikan sisi keindahan dalam pemilihannya. Ikan yang bagus mempunyai asal usul yang jelas, dan murni, serta tidak tercampur oleh varietas lainnya.

Misal benih dari ikan tiger oscar harus berasal dari indukan yang juga sama-sama merupakan tiger oscar, bukan ikan albino oscar ataupun ikan red oscar. Ikan oscar yang akan dipilih juga sebaiknya mempunyai warna yang jelas dan cerah. Setelah itu barulah Anda dapat memperhatikan corak yang tercipta dari susunan warna-warna tersebut.

4. Keseragaman

Sebagai jenis ikan karnivora, ikan oscar mempunyai sifat yang amat agresif. Tidak jarang ikan oscar menyerang kawanannya yang memiliki berukuran lebih kecil. Untuk mengurangi potensi terjadinya kondisi yang buruk ini, alangkah baiknya bila Anda memilih ikan oscar yang memiliki ukuran seragam.

Makanan yang Bagus untuk Oscar Paris


Jenis makanan ikan oscar paris
Gambar ikan oscar paris

Tidak begitu sulit untuk memilih makanan untuk ikan oscar, karena ikan oscar menyukai banyak dari jenis serangga serta hewan air yang mempunyai ukuran kecil. Pada pemberian makan ikan hias oscar sebaiknya di laksanakan secara teratur, misalkan dilakukan sehari 2 kali, berilah pada pagi dan juga sore hari. Anda bisa memberikan udang sebagai makanan untuk ikan oscar Anda.

Udang adalah hewan yang banyak mengandung zat karoten cukup tinggi. Bagi kaum penghobi ikan hias, sering memberikan udang dapat mencerahkan atau juga mempercepat pewarnaan pada bagian tubuh ikan. Tetapi ikan hias oscar yang di beri udang dianjurkan hanya untuk yang cukup besar agar cangkang dan juga kepala udang tidak mengancam ikan oskar kesayangan Anda.

Baca juga: Mengenal Ikan Oscar Batik


Dengan segala informasi yang ada di atas, semoga Anda tidak tertipu ketika ingin membeli ikan oscar paris dan bisa membedakannya secara seksama. Semoga artikel kali ini dapat berguna bagi Anda dan seluruh pencinta ikan hias.

Labels: Ikan oscar

Thanks for reading Ciri-ciri Ikan Oscar Paris yang Bagus. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Ciri-ciri Ikan Oscar Paris yang Bagus"