Daftar Jenis Ikan Louhan dan Harganya Lengkap

Daftar jenis dan harga terbaru ikan louhan

Ikan Louhan adalah salah satu jenis ikan hias yang memiliki keunikan, dimana ikan ini memiliki corak khas serta benjolan di kepalanya. Jenis ikan louhan sendiri sangatlah banyak dan tersebar di kawasan Asia. Asal dari ikan ini tidaklah diketahui secara jelas karena banyak yang berpendapat bahwa ikan ini berasal dari Malaysia, tidak sedikit pula menyebutkan bahwa ikan ini asli dari Indonesia.

Terlepas dari itu semua ikan louhan adalah ikan hias yang sangat unik, banyak sekali pecinta ikan yang menjadikan ikan ini sebagai koleksi. Bukan hanya di Asia saja namun ikan ini juga sangat populer di kawasan Eropa.

Baca juga: Bagaimana Cara Budidaya Ikan Louhan

Jenis Ikan Louhan dan Harganya


1. Ikan Louhan Golden Red

Gambar jenis ikan louhan golden red

Jenis ikan louhan yang paling terkenal adalah Ikan Louhan Golden Red, kabarnya ikan ini merupakan jenis ikan louhan paling mahal dari spesies ikan louhan. Hal tersebut disebabkan dari penampilannya yang sangat menawan, dengan corak khas serta benjolannya ikan ini juga memiliki warna yang sangat cantik yaitu merah terang dengan sedikit kuning keemasan.
Ikan ini juga sangatlah langka dan hanya bisa ditemui di beberapa negara saja, salah satunya adalah negara Thailand. Tak heran harga dari ikan louhan golden red bisa mencapai puluhan juta rupiah untuk satu ekor ikan louhan golden red dewasa.

Warnanya yang cantik ini tidak serta merta dapat ditemui di semua ikan louhan golden red, hal ini dikarenakan untuk mendapat warna yang sangat cantik ikan louhan golden red membutuhkan waktu yang lama. Dari serangkaian mutasi dan pergantian kulit yang lama, baru akan didapatkan ikan louhan golden red dewasa dengan warna yang cantik.

2. Ikan Louhan Golden Flower

Jenis ikan louhan golden flower

Ikan Louhan Golden Flower atau bisa disebut juga dengan Ikan Louhan Kamfa, ikan ini memiliki warna yang tidak terlalu terang namun memiliki corak yang menarik. Dimana terdapat bintik-bintik putih dan hitam, bintik putih cenderung lebih mendominasi seluruh tubuhnya.

Ikan ini sangat berbeda dengan ikan louhan jenis lainnya, hal ini dikarenakan warnanya yang kalem membuat ikan ini seperti bunga sehingga disebut dengan golden flower. Tak hanya itu ikan yang cantik ini juga memiliki harga yang cukup mahal, untuk satu ekor dewasa bisa mencapai harga 3-5 jutaan. Baca juga Mengenal kamfa kontes

4. Ikan Louhan Golden Base

Jenis ikan louhan golden base
Pinterest

Jenis ikan louhan selanjutnya adalah Ikan Louhan Golden Base, ikan ini sangatlah cantik dengan warna khas merah yang merata di seluruh tubuhnya. Ikan ini juga tidak memiliki bintik hitam seperti ikan louhan pada umumnya, namun memiliki corak bintik putih yang berkesan elegan.

Karena keunikannya ini ikan louhan golden base menjadi salah satu ikan louhan yang banyak digemari, untuk harganya pun cukup murah ketimbang ikan louhan lainnya, yaitu berkisar 1,5-2 jutaan per ekornya.

Dilihat dari segi keunikan serta harganya ikan ini sangatlah di rekomendasikan untuk dimiliki, dimana akan membuat akuarium anda semakin menarik dengan tambahan ikan louhan golden base yang memiliki warna merah yang memukau.

5. Ikan Louhan SRD

Jenis ikan louhan (srd) super red dragon

Ikan Louhan SRD atau Super Red Dragon, ikan ini adalah ikan louhan yang sangat populer di kalangan pecinta ikan louhan. Ikan ini memiliki ciri khas yang sangat banyak, sehingga tidak heran jika sangat mudah untuk membedakan ikan ini dengan ikan louhan lainnya.

Ciri khas ikan ini adalah benjolan atau disebut dengan jenong yang memiliki ukuran sangat besar, bahkan bisa mencapai dua kali lipat dibanding dengan ikan louhan pada umumnya. Selain itu corak serta warnanya yang cantik menjadi daya tarik tersendiri, ikan ini memiliki warna merah dari jenong hingga setengah badannya, lalu dari tengah hingga ekor memiliki warna kuning atau silver.

Perpaduan yang sangat apik antara jenong besar, warna yang memukau, hingga coraknya yang khas, menjadikan ikan ini banyak digunakan dalam kontes. Tak heran jika harganya sangatlah mahal, untuk ikan louhan super red dragon lokal saja bisa lebih dari 1,5 juta, sedangkan dari luar negeri dan banyak memenangkan kontes ikan ini bahkan mampu menembus puluhan juta rupiah per ekornya.

6. Ikan Louhan SRS

Jenis ikan louhan Super Red Synspillum

Ikan Louhan SRS atau Super Red Synspillum merupakan jenis ikan louhan yang berasal dar Thailand, ikan ini juga tak kalah cantik dengan ikan louhan lainnya. Dengan ciri khasnya yang berwarna merah di seluruh tubuhnya, ditambah dengan warna kuning atau orange di bagian siripnya. Membuat ikan ini tampil cantik dan cocok untuk dijadikan sebagai ikan hias
Ciri lainnya ikan ini adalah terdapatnya bintik-bintik putih, namun tidak terlalu jelas karena tertutup warna merah yang pekat. Selain itu mata ikan ini memiliki warna yang khas yaitu berwarna kuning atau merah. Harga dari ikan louhan SRS ini berkisar 2,5-3 jutaan per ekornya, cukup mahal namun sangat sesuai dengan kecantikan yang dimilikinya tersebut.

7. Ikan Louhan SRT

Jenis ikan louhan Super Red Texas

Ikan Louhan SRT atau disebut dengan Super Red Texas merupakan ikan yang berasal dari Thailand, ikan ini memiliki warna dasar merah dengan corak putih. Corak putih ini sangat mendominasi di seluruh bagian tubuhnya, sehingga jika dilihat secara sekilas sangat mirip dengan buah strawberi. Bentuknya pun sangat unik dimana terlihat runcing, hal tersebut karena kepala dan siripnya yang terlihat lancip.
Kecantikan ikan ini sampai membuatnya disenangi oleh penggemar ikan hias, sehingga memiliki harga yang cukup mahal berkisar 2,5-4 jutaan untuk setiap ekornya. Hal ini bukan tanpa alasan mengingat ikan SRT memiliki corak yang sangat bagus, walaupun terlihat berantakan namun coraknya sangat merata bahkan sirip dari ikan ini juga terdapat corak putih di dalamnya.

8. Ikan Louhan SRM

Jenis ikan louhan Super Red Monkey

Ikan Louhan SRM adalah singkatan dari Super Red Monkey, dari namanya saja ikan ini sudah nampak sangat unik. Dengan warna merah terang yang menutupi semua tubuhnya, membuat ikan ini tampak elegan dengan tampilannya tersebut. Ditambah lagi dengan bintik-bintik putih yang ada di sirip serta ekornya, membuat ikan ini terlihat sangat cantik dan berbeda dengan ikan louhan pada umumnya.

Ikan ini memiliki bentuk yang unik, dimana wajahnya terlihat pendek bahkan jenong yang terdapat di kepalanya lebih panjang dari pada wajahnya. Hal ini tentu saja menjadi keunikan tersendiri dari ikan louhan jenis yang satu ini.
Harga ikan hias ini cukup bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Hal tersebut tergantung kecantikan warna serta bintik-bintik yang ada di sirip serta ekornya tersebut.

9. Jenis Ikan Louhan Storm

Jenis serta gambar Ikan Louhan Storm

Ikan Louhan Storm adalah jenis ikan louhan yang cukup mudah dibedakan dengan ikan louhan lainnya, ikan ini cenderung memiliki warna yang cerah. Ditambah lagi dengan corak bintik hitam serta putih yang terdapat pada tubuhnya. Selain itu bentuk tubuh ikan ini terlihat sangat bagus dan tegas, terutama yang berjenis kelamin jantan dimana memiliki bentuk tubuh yang sangat tegas.

Terdapat beberapa warna yang dimiliki oleh ikan louhan storm ini, mulai dari warna merah, biru, hingga silver. Salah satu yang menjadi unggulan adalah ikan yang berwarna merah, dimana warnanya yang cerah ditemani corak hitam membuat ikan ini sangatlah cantik.

Harga dari ikan ini sangat bervariasi, mulai dari ratusan ribu untuk yang masih kecil dan 2,5 jutaan untuk ikan louhan storm yang sudah dewasa. Apalagi jika ikan tersebut sudah pernah mengikuti kontes akan membuat harga ikan ini melambung tinggi, bahkan bisa menembus 5 juta per ekornya.

10. Ikan Louhan Rainbow King

Jenis Ikan Louhan Rainbow King

Ikan Louhan Rainbow King merupakan jenis ikan yang sangat unik, seperti namanya ikan ini memiliki warna yang sangat bervariasi. Mulai dari merah, kuning, ungu, hingga hijau terdapat pada satu ekor ikan, paduan warna yang bervariasi tersebut membuatnya terlihat sangat cantik.

Walaupun terlihat cantik ikan ini memerlukan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan beragam warna tersebut, terdapat beberapa tahap yang harus dilalui agar bisa mendapat warna yang maksimal. Tentunya ikan louhan rainbow king yang sudah dewasa saja yang memiliki warna tersebut, terutama jantan yang menggunakan warna tersebut untuk menarik lawan jenisnya.

Ikan louhan rainbow king ini banyak dicari untuk dijadikan ikan hias, dengan warnanya yang memukau membuatnya memiliki harga yang tidak murah. Untuk satu ekor rainbow king yang sudah dewasa dapat mencapai harga 3-5 jutaan per ekornya.

Baca juga: Cara Merawat Anakan Ikan Louhan

11. Ikan Louhan Bonsai

Jenis Ikan Louhan Bonsai

Ikan berbentuk unik adalah kesan yang didapat ketika melihat ikan yang satu ini, ikan tersebut adalah Ikan Louhan Bonsai. Ikan ini memiliki bentuk yang sangat kecil dan mungil, bahkan hanya setengah telapak tangan manusia. Ikan ini memiliki warna yang cukup menawan, mulai.dari merah, hijau, hingga silver bisa kita temui di ikan louhan bonsai.

Dengan ukurannya yang kecil tidak membuat ikan ini memiliki harga yang murah, karena anakannya saja bisa memiliki harga 500 ribu. Sedangkan ikan louhan bonsai yang sudah dewasa bisa mencapai jutaan rupiah per ekornya, cukup fantastis untuk ikan yang berukuran sangat kecil ini. cek juga harga louhan bonsai terbaru

12. Ikan Louhan Cencu

Jenis Ikan Louhan Cencu

Ikan Louhan Cencu merupakan ikan hias yang memiliki tampilan sangat cantik, dengan coraknya yang seperti mutiara membuatnya dikenal sebagai louhan mutiara. Tak hanya itu warna dari ikan ini juga sangat memukau, dengan warna merah di kepala dan kuning keemasan di bagian tubuhnya. Selain itu sirip serta ekornya memiliki warna merah kehitaman dengan adanya corak putih. cek juga harga louhan cencu terbaru

Perpaduan yang sangat apik tersebut membuatnya tampak memukau, tak heran ikan louhan jenis ini adalah salah satu yang paling dicari para penggemar ikan louhan. Untuk harganya ikan ini berkisar ratusan ribu hingga jutaan rupiah tergantung ukuran serta corak mutiaranya. baca juga cara merawat ikan louhan cencu

13. Ikan Louhan Kemalau

Jenis Ikan Louhan Kemalau

Berbicara soal ikan louhan tentunya tidak lengkap jika tidak menyebutkan Ikan Louhan Kemalau, ikan ini sangatlah langka di zaman sekarang. Dimana ciri khas dari ikan ini adalah warnanya yang cantik, yaitu warna merah muda. Warna merah muda ini tidak dapat ditemui pada ikan louhan lainnya sehingga menjadi keunikan tersendiri yang hanya dimiliki oleh ikan louhan kemalau.

Baca juga: Cara Mempercepat Pertumbuhan Ikan Louhan

Jenis Ikan Louhan memang sangat bervariasi, hal ini dikarenakan banyaknya persilangan untuk mendapatkan ikan louhan dengan corak serta warna yang menarik. Bukan hanya itu saja ikan ini adalah ikan yang patut dimiliki untuk menghiasi akuarium anda, dikarenakan ikan ini merupakan ikan yang sangat unik dibandingkan dengan ikan hias lainnya.

Labels: Ikan louhan

Thanks for reading Daftar Jenis Ikan Louhan dan Harganya Lengkap. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Daftar Jenis Ikan Louhan dan Harganya Lengkap"