Penyakit Yang Biasa Dialami Ikan Hias dan Tips Cara Penyembuhannya

Jenis jenis penyakit ikan hias dan cara penyembuhannya

Bagi sebagian orang ikan hias merupakan hobi yang menarik. Tak sedikit yang rela mengeluarkan banyak dana untuk membeli dan merawat ikan hias favoritnya. Ikan hias sendiri banyak variannya. Mulai dari ikan hias biasa yang banyak ditemukan ditoko ikan hingga ikan hias yang langka. Namun, perawatan yang harus diberikan pada ikan hias tentunya berbeda dengan perawatan ikan pada umumnya.

Masalah yang dihadapi oleh para pencinta ikan hias adalah perawatan yang sulit. Ikan hias harus mendapatkan perawatan ekstra dibandingkan dengan ikan lainnya. Uniknya, ada beberapa jenis penyakit pada ikan hias yang sulit disembuhkan dan sering ditemui dan menjadi masalah yang ditemui oleh para pencinta ikan hias.

Perawatan Pada Ikan Hias Agar Terhindar Dari Penyakit


Merawat ikan hias tidak sama dengan ikan-ikan biasa. Harus dilakukan dengan hati-hati dan rutin. Sedikit saja ikan hias menderita penyakit, maka akan sulit disembuhkan dan berpotensi mati. Membersihkan kolam atau akuarium tempat ikan hias harus dilakukan secara berkala, ditambah penggunaan vitamin dan obat-obatan khusus menjadi salah satu cara yang ampuh.

Banyak toko maupun dokter hewan yang menjual segala kebutuhan ikan hias, mulai dari obat-obatan, vitamin, alat pembersih dan lain sebagainya untuk menjaga ikan hias tetap sehat dan tidak mudah dihinggapi oleh penyakit.

Sebaiknya siapkan segala kebutuhan untuk ikan hias sebelum memeliharanya agar tidak mudah dihinggapi berbagai penyakit yang akan membahayakan ikan hias kedepannya. Selain itu, coba berkonsultasi dengan dokter hewan apa saja yang dibutuhkan untuk perawatan ikan hias Anda.

Jenis Penyakit Pada Ikan Hias Yang Sering Dialami


Banyak penyakit yang biasanya dialami oleh ikan hias. Mulai dari bintik putih, serangan jamur dan lain sebagainya. Hal tersebut tentunya sangat merepotkan Anda sebagai pemiliknya. Untuk itu perlu dipahami penyakit apa saja yang dialami oleh ikan hias dan bagaimana cara menanganinya.

1. Penyakit Bintik Putih

Penyakit bintik putih atau yang dikenal dengan white spot merupakan salah satu penyakit ikan hias yang sering ditemui. Penyakit ini tergolong cukup sulit untuk diberantas, penyebab dari penyakit ini adalah sejenis protozoa yang dinamakan Ichtyopthirius multifilis sehingga penyakit ini juga disebut dengan nama penyakit ich.

Protozoa tersebut hinggap dan menyerang lapisan lendir pada kulit, sirip dan juga insang ikan hias. Tentunya penyakit ini membuat ikan hias yang tadinya terlihat cantik menjadi kurang menarik untuk dilihat. Bahkan pada beberapa kasus membuat ikan hias mengalami pendarahan pada kulitnya jika dibiarkan dan tidak mendapatkan penanganan yang tepat.

2. Serangan Infeksi Jamur

Ikan hias juga biasanya diserang oleh infeksi jamur. Jamur yang tumbuh pada ikan hias adalah jamur Achlya atau Saprolegnia. Jamur ini biasanya menyerang hampir seluruh jenis ikan hias. Hal itu tentunya menjadi sesuatu yang harus diperhatikan oleh para pencinta ikan jika tak mau ikan hiasnya diserang oleh penyakit ini.

Kedua jamur ini biasanya berbentuk benang-benang yang halus dan berwarna putih kecoklatan. Jamur ini juga tumbuh di lingkungan yang kotor dan mengandung bahan organic yang tinggi. Selain itu, jamur ini juga tumbuh pada luka yang dialami oleh ikan hias.
Pada dasarnya, jamur ini tidak terlalu berbahaya. Akan tetapi, jika dibiarkan membuat ikan Anda kekurangan nutrisi dan berakibat kematian pada ikan.

3. Penyakit Busuk Sirip

Penyakit busuk sirip ini merupakan penyakit dari bakteri yang sering menyerang bagian sirip yang memang sudah terluka sebelumnya. Bakteri ini membuat sirip ikan terlihat membusuk dan hanya tersisa pada bagian pangkal ekor saja.

Penyakit ini biasanya menjadi salah satu penyebab datangnya penyakit lain bagi ikan hias. Mulai dari white spot, jamu dan lain sebagainya. Para pemilik ikan hias wajib waspada pada penyakit ini dan harus segera melakukan penanganan ekstra agar ikannya tidak mati begitu saja.

4. Penyakit Busuk Insang

Penyakit busuk insang ini diakibatkan oleh hewan bernama cacing jangkar. Disebut cacing jangkar karena pada kepalanya memiliki jangkar yang berfungsi untuk menempelkan dirinya pada insang ikan dan menghisap cairan tubuh pada ikan sehingga terjadi pembengkakan dan luka pada ikan.

Jika dibiarkan, luka tersebut akan membusuk dan lama kelamaan membuat ikan tersiksa hingga mati. Para pencinta ikan hias terkadang menganggap jenis penyakit pada ikan hias ini biasa saja, padahal penyakit yang satu ini cukup serius bagi ikan hias.

Pengobatan Pertama Yang Harus Dilakukan Saat Ikan Hias Dihinggapi Penyakit


Jika penyakit hinggap pada ikan hias. Sebaiknya segera lakukan tindakan penanganan. Salah satunya adalah dengan mengkarantina ikan yang sedang berpenyakit, hal itu dilakukan agar ikan hias lainnya tidak tertular. Tentunya para pencinta ikan hias tidak mau semua ikannya dihinggapi penyakit.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan vitamin anti jamur yang diteteskan di akuarium. Vitamin akan mencegah tumbuhnya jamur pada tubuh ikan dan membunuh berbagai bakteri berbahaya yang dibawa oleh air.

Setelah itu, biasakan gunakan air yang steril dan selalu pasang filter agar akuarium tempat ikan hias bisa tetap terjaga kebersihannya. Jangan menggunakan air yang kotor atau berminyak untuk akuarium karena hal tersebut akan membuat ikan hias dihinggapi banyak penyakit dan membahayakan hidupnya.

Baca juga: Manfaat Daun Ketapang Kering untuk Penyembuhan ikan Hias

Cara Menjaga PH Air Agar Ikan Hias Tetap Sehat


PH Air merupakan hal penting untuk berbagai ikan hias. Dengan mengatur PH atau keasaman air. Maka ikan hias bisa tetap hidup dan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya. Ada beberapa hal yang harus dilakukan agar PH Air bisa terjaga.

  1. Gunakan alat ukur PH air yang bisa dibeli di toko ikan hias.
  2. Gunakan obat khusus yang bisa mengatur tingkat PH air
  3. Selalu ganti busa filter akuarium agar PH air tetap terjaga
  4. Pelihara ikan yang memakan kotoran di dinding akuarum, ada banyak ikan jenis ini yang bisa Anda dapatkan.

Selain dari beberapa poin diatas, ada juga beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga PH air. Seperti selalu mengganti air jika terlihat sudah kurang bening atau gunakan filter ganda. Hal itu bisa tetap menjaga kualitas air dan membuat ikan hias bisa tetap hidup tanpa harus dihinggapi banyak penyakit berbahaya.

Banyak penyakit yang timbul karena biasanya para pemilik ikan hias tidak memperhatikan kualitas atau tingkat PH air. Hal ini juga bisa menimbulkan berbagai jenis penyakit pada ikan hias. Setelah itu, perhatikan juga jenis pakan yang digunakan pada ikan hias, lihat komposisi dan merknya, biasanya pakan juga berpengaruh pada kesehatan ikan.

Ikan hias juga sama seperti hewan lainnya, mereka bisa mengalami alergi pada pakan tertentu yang akhirnya membuat mereka dihinggapi berbagai penyakit. Dan pakan ikan sembarangan juga bisa menimbulkan banyak bakteri dan jamur di akuarium. Hal tersebut juga tentunya bisa membahayakan ikan hias.

Sebaiknya selalu pahami apa yang harus dilakukan ketika ikan hias Anda mengalami penyakit. Jika keadaannya semakin parah, Anda bisa membawa ikan hias ke dokter hewan yang menerima perawatan berbagai ikan hias.

Labels: Penyakit ikan hias

Thanks for reading Penyakit Yang Biasa Dialami Ikan Hias dan Tips Cara Penyembuhannya. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Penyakit Yang Biasa Dialami Ikan Hias dan Tips Cara Penyembuhannya"