Mengenal Jenis Ikan Louhan Kamfa Kontes

Jenis Louhan king kamfa kontes
king kamfa kontes

Siapa sih yang tidak mengenal dengan namanya ikan louhan. Ikan louhan memiliki banyak sekali jenisnya, salah satu jenis ikan louhan yang paling terkenal yaitu ikan louhan Kamfa kontes. Jenis ikan satu ini merupakan salah satu jenis louhan tercantik dan termahal di dunia. Ketika sedang booming di Indonesia, harga ikan louhan satu ini bisa mencapai hingga 10 juta rupiah.

Alasan kenapa mahal, yaitu memiliki corak warna yang sangat cantik serta bentuk tubuh yang elegan. Kamfa kontes merupakan jenis ikan yang berasal dari Thailand. Di negara aslinya, ikan louhan Kamfa ini menjadi andalan bagi sebagian ikan louhan untuk mengikuti lomba dan penghias aquarium rumah.

Lihat juga: Daftar Jenis Ikan Louhan

Ciri-Ciri Ikan Louhan Kamfa Kontes yang Memiliki Kualitas Super


Jenis ikan louhan Kamfa f3 Bahan Kontes
Kamfa F3 Bahan Kontes

1. Bentuk tubuh

Untuk bisa membedakan ikan louhan Kamfa dengan jenis ikan louhan lainnya, yaitu dengan melihat bentuk tubuhnya. Louhan Kamfa anakan memiliki bentuk tubuh agak persegi, serta lebih panjang dari ukuran louhan pada umumnya. Bukan hanya itu saja, ukuran sirip tubuh ikan louhan Kamfa juga lebih panjang serta lebar.

2. Warna Mata

Ikan louhan Kamfa yang berkualitas memiliki mata berwarna kuning keputihan. Selain memiliki warna mata yang kuning dan putih, ada juga ikan louhan yang memiliki warna mata terang merah. Terkait dengan jenis warna ikan louhan Kamfa seperti ini sangat langka, dan jelas, jika ada tentu harganya sangat mahal.

3. Bentuk Bibir

Terkait dengan ciri-ciri bibir pada ikan louhan Kamfa sangat mudah untuk dibedakan. Louhan Kamfa memiliki bentuk bibir yang rata, pada bagian atas dan bawah bibir sama panjang dan rapat. Berbeda dengan ikan louhan pada umumnya, yang memiliki ukuran bibir bawah yang agak lebih besar.

4. Corak Warna

Ukuran sisik pada ikan louhan Kamfa berbeda dengan ikan louhan lainnya. Louhan Kamfa hadir dengan ukuran sisik yang lebih besar serta tebal. Faktor ini yang menyebabkan harga dari ikan louhan Kamfa lebih mahal.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Louhan

Jenis Ikan Louhan Kamfa Kontes dan Harganya


Jenis king kamfa kontes f2
king kamfa f2

1. Louhan Kontes King Kamfa

Jenis ikan louhan ini merupakan jenis ikan louhan paling mahal di dunia. Ikan louhan King Kamfa hadir dengan ciri khas berupa tonjolan lebih besar, cenderung berwarna merah, serta lebih banyak terdapat bintik-bintik mutiara di tubuhnya.

Selain itu, louhan King Kamfa memiliki mutiara yang lebih rapi serta terlihat lebih besar. Hampir seluruh badannya berwarna silver. Harga ikan louhan jenis ini bisa di banderol mencapai Rp4.500.000 juta untuk setiap ekornya.

Baca juga: Cara Merawat Ikan Louhan

2. Louhan Kamfa Klasik

Jenis ikan louhan yang kedua ini memiliki dua warna yang berbeda di bagian tubuhnya. Di bagian kepala sampai tengah memiliki warna merah, sedangkan di bagian tengah hingga ekor memiliki warna silver keputihan.

Meskipun ada juga yang berwarna merah dan kuning, pola mutiara di sisik ikan louhan klasik lebih kecil serta hanya ada di bagian tengah tubuh sampai ekornya. Jenis ikan louhan ini biasa dibanderol dengan harga Rp3.000.000 setiap ekornya.

3. Kamfa Modern

Kamfa modern hampir sama dengan Kamfa klasik. Yang membedakan, yaitu ukuran tonjolan kepala yang lebih kecil. Ikan louhan Kamfa modern memiliki tubuh cenderung lebih kecil. Namun, meskipun ukuran tubuhnya lebih kecil ternyata harganya lebih mahal. Hal tersebut dikarenakan louhan Kamfa modern sangat langka serta memiliki corak warna sangat cantik. Untuk satu ekornya dijual dengan harga Rp4.000.000.

Baca juga: 7 Trik Cara Mempercepat Pertumbuhan Ikan Louhan

Louhan Kamfa kontes merupakan ikan yang memiliki bentuk yang sangat indah, sehingga tidak heran jika harganya cukup mahal. Untuk itu, bagi Anda yang ingin memilikinya silakan siapkan budget yang agak tebal terlebih dahulu.

Labels: Ikan louhan

Thanks for reading Mengenal Jenis Ikan Louhan Kamfa Kontes. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Mengenal Jenis Ikan Louhan Kamfa Kontes"