Beberapa Jenis Makanan Ikan Komet yang perlu ketahui

Jenis pakan terbaik untuk Ikan Komet
Ikan komet jumbo

Untuk pemberian makanan ikan komet, Anda dapat menyediakan makanan seperti pakan untuk ikan mas. Sebab, jenis ikan komet sendiri masih satu keluarga dengan ikan mas yang tentunya banyak ditemui di wilayah Jepang dan masuk ke penjuru Indonesia sekitar tahun 70 an.

Nah, yang menjadi idola dan terkenalnya ikan komet tersebut yakni memiliki kombinasi pada warna putih dan juga merah yang terlihat mengkilap serta menyala dan juga dapat bisa menyerupai ikan koi. Kenapa demikian? Sebab keduanya memang merupakan satu keluarga dari spesies Cyprinidea. Untuk jenis makanannya, bisa simak penjelasan berikut.

Rekomendasi Jenis Makanan Ikan Komet


1. Cacing Tanah

Hampir setiap ikan amat menyukai cacing tanah untuk dijadikan sebagai makanannya. Ditambah ikan komet yang termasuk binatang omnivora serta memiliki kebiasaan makan yang banyak sekali. Cacing tanah kaya akan kandungan protein yang amat baik untuk pertumbuhan ikan komet.

Anda dapat menemukan kumpulan cacing tanah biasanya di tempat sampah dan perkebunan. Sebelum Anda tebarkan ke kolam ikan komet, alangkah baiknya bila cacing tanah dicuci bersih terlebih dahulu.

2. Cacing Sutera

Selain cacing tanah, cacing sutera juga amat disukai oleh ikan komet. Cacing ini umumnya banyak ditemui di perairan yang jorok dan tergenang. Ukurannya sangat tipis dan mempunyai warna merah muda. Sayangnya dari cacing sutera ini kerap membawa bibit penyakit.

Maka dari itu, Anda arus membersihkan cacing sutera ini terlebih dahulu kemudian merendamnya pada air bersih kurang lebih selama 3 hari berturut-turut.

3. Kroto

Kroto adalah telur semut yang merupakan jenis rang-rang. Ukuran tubuhnya yang lumayan besar menghasilakan telur semut rang-rang juga ikut berukuran lebih besar dibandingkan jenis semut yang lain. Kroto memiliki kandungan protein yang begitu tinggi.

Hingga saat ini telah banyak peternak kroto sehingga membuat Anda dapat membelinya dengan gampang. Kalau ingin dapat yang gratis, Anda bisa saja mencarinya di sebuah pepohonan yang rimbun. Untuk kroto yang telah didapatkan bisa langsung dilempar ke kolam ikan komet.

4. Ulat Daun Pisang

Dari beberapa jenis ulat yang lain, saya justru lebih menyarankan untuk menggunakan ulat daun pisang untuk dijadikan sebagai makanan untuk ikan komet. Bahkan jenis ulat ini dapat dijadikan sebagai makanan pokok sebab mengandung nutrisi yang lumayan lengkap.

Ulat dari daun pisang dapat ditemukan dengan gampang jika terdapat banyak kebun pisang di wilayah area pertambakan. Bila Anda menemukan daun pisang yang tergulung, sangat mungkin ada ulat ini di dalamnya.

5. Sekam Padi

Ikan komet tidak cuma memakan daging-dagingan saja, akan tetapi juga bentuk tanaman. Pemberian asupan sayur-mayur sesungguhnya juga sangat bagus dan juga dianjurkan, namun harganya yang cukup mahal.

Anda dapat mengatasi hal tersebut dengan hanya mengambil sayur-sayuran bekas yang ada di pasar dan biasanya terbuang begitu saja karena sisa dari dagangan pemiliknya. Jika ingin lebih praktis, Anda dapat memanfaatkan sekam padi yang sudah dicampur dengan tetes tebu, kotoran sapi, tepung ikan, serta arang kelapa yang dirubah menjadi pelet.

6. Pelet

Untuk jenis pakan yang satu ini amat khusus di formulasikan untuk seekor ikan yang sudah memasuki usia atau tahap pembesaran dengan memakai pakan pelet, pakan ini sebenarnya berfungsi untuk sebagai tambahan pakan ikan yang pada bentuknya seperti butiran – butiran (kurang lebih seperti dan sebesar pil).

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Komet

Beberapa macam jenis makanan ikan komet yang baik sangat berpengaruh pada pertumbuhan ikan komet itu sendiri. Semoga informasi terkait dengan makanan untuk ikan komet ini, bisa menjadi masukan yang baik untuk Anda.

Labels: Ikan komet

Thanks for reading Beberapa Jenis Makanan Ikan Komet yang perlu ketahui. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Beberapa Jenis Makanan Ikan Komet yang perlu ketahui"