Mengenal jenis-jenis dan Ciri Fisik Ikan Arwana

Mengenal ikan arwana

Ikan Arwana merupakan salah satu ikan yang hidup di air tawar juga dipercaya sebagai ikan purba yang keberadaannya masih eksis. Ikan ini sering disebut juga dengan ikan kayangan, ikan siluk, ikan kalikasi, dan ikan kelasa. Ikan ini mempunyai warna dan bentuk yang unik dan terkadang hampir sama dengan ikan hias lainnya, sehingga perlu mengenal ikan arwana ini dari sisi lain juga.

Bagaimana Mengenali Ikan Arwana?


Mengenal ikan arwana lebih mudah dilihat dari sisi fisiknya diantaranya adalah:

  1. Mempunyai badan dan kepala yang padat serta mempunyai ukuran yang cukup panjang yaitu mencapai 20-24 cm.
  2. Mempunya jumlah gigi dari 15 hingga 17 buah.
  3. Tubuhnya pipih serta punggung yang datar, sehingga nampak hampir lurus antara mulut, sirip, hingga punggung. Terlebih lagi ketika berenang, ikan ini terlihat meliuk-liuk indah dan cantik.
  4. Bentuk mulutnya mengarah ke atas serta mempunyai semacam sungut di bawah bibir, sehingga nampak mirip dengan naga. Selain itu mulutnya juga lebar dan rahangnya cukup kokoh.
  5. Siripnya sangat panjang, khususnya yang berada di bagian anus. Selain itu juga ada sirip punggung yang letaknya berdekatan dengan pangkal sirip ekor.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Arwana

Jenis-Jenis Ikan Arwana


Ikan Arwana mempunyai banyak jenis, khususnya yang habitatnya berada di seluruh wilayah Indonesia. Berikut adalah dan cara mengenal ikan arwana berdasarkan jenis-jenisnya:

1. Super Red

Arwana jenis ini mempunyai ukuran badan yang lebih lebar dengan kepala berbentuk menyerupai sendok. Sisiknya berwarna merah dan warna dasar yang pekat. Hal itu disebabkan oleh kondisi geografis tempat tinggalnya yang banyak terdapat tumbuhan gambut. Jenis ini banyak ditemukan di perairan wilayah Kalimantan Barat.

2. Golden Red

Jenis ini sering disebut juga dengan Red Tail Golden atau juga Arwana Golden Indonesia. Warna sisiknya keemasan yang mencapai pada bagian punggung sebanyak empat baris sisik yang dihitung dari bawah dan perut. Varieties ini banyak ditemukan di wilayah Pekan Baru , Sumatera.

Lihat juga: Ciri-ciri Arwana Golden Red yang Bagus

3. Arwana Hijau

Cara mengenal ikan arwana jenis ini adalah dari warna dan bentuk tubuhnya. Kebanyakan warna sisiknya adalah kelabu kehijauan dan terdapat pola garis-garis berwarna gelap pada ekornya. Mulut dan kepalanya lebih besar jika dibanding dengan jenis lainnya dan berbentuk bulat. Selain ditemukan di Indonesia juga banyak terdapat di Malaysia, Myanmar, dan Kamboja.

5. Banjar Merah

Jenis ini pastinya mempunyai warna sisik yang merah, namun tidak begitu pekat, sehingga digolongkan pada varieties arwana merak kelas dua. Siripnya berwarna orange pucat begitu pula dengan ekornya. Sementara itu, bentuk kepalanya cenderung lebih bulat dan mulut tidak terlalu lancip.

Lihat juga: Jenis-jenis Arwana Banjar

6. Arwana Irian

Arwana jenis ini mempunyai kebanyakan berwarna hitam kecoklatan serta terdapat bintik-bintik kuning keemasan pada bagian tengah sisiknya. Ikan ini cukup banyak ditemukan di perairan Irian dan sekitarnya, namun sebenanya berasal dari Australia.

7. Silver

Arwana jenis ini berasal dari Brazil dan sudah banyak berkembang di Indonesia. Ukuran badannya lebih panjang daripada arwana jenis lain pada umumnya yaitu mencapai 50-60 cm. Sementara itu warna sisiknya adalah silver, beberapa ada yang menyerupai warna platinum di seluruh tubuhnya.

Baca juga: Cara Membedakan Arwana Jantan dan Betina

Beberapa ciri di atas bisa menjadi acuan bagi Anda ketika ingin mengoleksi atau membudidayakan ikan arwana. Terlebih lagi bagi Anda yang mempunyai hobi atau penggemar ikan arwana yang mempunyai banyak jenis dan perlu upaya mengenal ikan arwana berdasarkan jenis dan asalnya.

Labels: Ikan arwana

Thanks for reading Mengenal jenis-jenis dan Ciri Fisik Ikan Arwana. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Mengenal jenis-jenis dan Ciri Fisik Ikan Arwana"