Mengenal Sejarah dan Jenis-jenis Ikan Louhan

Mengenal habitat dan sejarah Ikan Louhan

Ikan louhan merupakan salah satu ikan hias air tawar yang banyak diminati para penggemar. Bentuk dan warnanya sangat khas, terlebih lagi pada bagian kepalanya yang terdapat benjolan. Sisiknya juga mengkilap dengan beberapa warna yang cerah seperti mutiara. Demikianlah ciri fisik untuk mengenal ikan louhan secara umumnya.

Apa Itu Ikan Louhan?


Dalam bahasa Inggris ikan louhan disebut dengan Flowerhorn yang awalnya dikembangkan di Malaysia pada tahun 1993, namun kini juga sudah tersebar di berbagai negara termasuk Indonesia. Setelah itu perkembangan ikan tersebut terjadi sangat pesat, khususnya pada tahun 1998 lalu baru dinamakan dengan Hua Luo Han dan menjadi Lohan hingga sekarang.

Secara umum ikan jenis ini mempunyai ukuran yang panjang yaitu mencapai 30-40 cm serta bertubuh besar. Siripnya berbentuk seperti kipas dan punuk yang berwarna sangat terang di bagian dahinya. Benjolan atau punuk tersebut sering disebut sebagai jenong dan menjadi ciri khusus fisik ikan louhan.

Ikan louhan termasuk kategori hewan hibrida sehingga mudah dalam perkembangbiakannya. Mereka bisa bertahan hidup dengan ikan lain selama masih dalam satu keluarga Cichlidae. Selain itu juga tidak mudah terserang penyakit sehingga bagi Anda yang baru memeliharanya tetap aman.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Louhan untuk pemula

Jenis-Jenis Ikan Louhan


Pada umumnya ikan lohan terdiri atas beberapa kategori besar yaitu Chencu atau Zhen Zhu, Kamfa atau Chinghwa, Golden Base atau Fader, Golden Monkey atau Kamalau. Sementara itu jenis louhan yang ada di Indonesia kebanyakan adalah:

Chencu

Merupakan jenis yang paling popular di Indonesia. Ciri khasnya adalah terdapat bintik-bintik putih keabuan yang nampak seperti mutiara pada tubuhnya. Selain itu, sisik bagian kepala hingga tengah tubuhnya berwarna merah dan yang separuhnya lagi berwarna kuning keemasan.

Golden Red

Mengenal ikan louhan jenis ini sangat mudah karena mempunyai ciri khas yang unik serta indah. Louhan jenis ini dianggap yang paling cantik di dunia karena adanya perpaduan warna merah dengan kuning keemasan ada tubuhnya. Perpaduan tersebut akan nampak jika usianya sudah dewasa.

Kamfa

Louhan jenis ini sudah banyak ditemukan di Indonesia, sehingga Anda akan mudah untuk mengenal ikan louhan jenis kamfa. Warna sisiknya cenderung kalem serta terdapat bintik putih pada bagian ekor dan siripnya. Selain itu juga ada bintik hitam besar yang menghiasi bagian tertentu pada tubuhnya.

Bonsai

Kebanyakan ada dua jenis lohan bonsai yang banyak ditemukan di Indonesia yaitu bonsai super red dan bonsai kemalau. Ukuran badannya cenderung lebih kecil jika dibanding jenis louhan lainnya, namun tetap mempunyai kepala yang besar. Sementara itu, untuk warna sisiknya adalah merah berpadu dengan putih dan bintik hitam.

Super Red Dragon

Louhan jenis ini mempunyai jenong atau benjolan dahi lebih besar jika dibandingkan dengan ikan lohan pada umumnya. Warna matanya sangat merah bahkan pekat serta bagian tengahnya berwarna hitam. Jenis ini juga mudah ditemukan di wilayah Indonesia dan beberapa negara lain di Asia Tenggara.

Kemalau

Jenis lohan ini terbilang langka karena keberadaannya sudah sulit untuk ditemukan. Warna sisiknya dari kepala hingga jenong adalah merah tua dan tubuh hingga ekornya berwarna merah muda. Paduan yang cantik tersebut membuat louhan jenis ini tidak kalah unik dan menarik dengan jenis lainnya.

Lihat juga: Daftar Jenis Ikan Louhan dan Harganya

Bagi penggemar atau pembudidaya ikan louhan beberapa jenis di atas bisa menjadi referensi bagi Anda, mengingat tidak semua pemula mengenal ikan louhan dengan baik termasuk jenis-jenisnya. Semuanya sudah mudah ditemukan di pedagang ikan hias di Indonesia, kecuali yang terakhir karena hampir punah.

Labels: Ikan louhan

Thanks for reading Mengenal Sejarah dan Jenis-jenis Ikan Louhan. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Mengenal Sejarah dan Jenis-jenis Ikan Louhan"