Cara Melihat Perbedaan ikan Cupang Betina Dan Jantan secara mudah

Gambar perbedaan jenis ikan cupang jantan dan betina

Bagi yang hobi mengoleksi ikan hias, tentu saja kita sudah tidak asing dengan nama ikan Cupang. Ikan yang memang berasal dari asia tenggara ini, memang kerap menjadi hobi khusus. Apalagi di Indonesia, ikan ini memang tergolong murah, perawatannya pun tidak sesulit ikan hias lainnya. Dengan harga yang murah, tentu saja ikan ini banyak ditemui di berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Alih-alih menjadi hobi, ikan cupang ini pun memiliki prospek yang bagus dalam dunia bisnis ikan hias. Oleh karena itu bagi yang ingin memiliki ikan ini, tentu saja harus mendalami tabiat dari ikan ini. apalagi mengetahui perbedaan ikan cupang betina dan jantan, haruslah sangat didalami. Karena hal tersebut akan berguna, ketika akan melakukan perawatan terhadap ikan hias ini.

Beberapa Fakta Penting Tentang Ikan Cupang

Ikan cupang memang mempunyai beberapa jenis corak dan warna yang indah. Bagi para pencinta ikan ini, tentu saja harus memperhatikan beberapa hal seperti perbedaan ikan Cupang betina dan jantan. Agar mudah dalam merawatnya, beberapa Fakta penting tentang ikan Cupang ini diantaranya adalah

  1. Ikan Cupang merupakan ikan penyendiri. Terutama ikan cupang berjenis jantan.
  2. Ikan Cupang merupakan jenis ikan karnivora, pemakan daging, telur, cacing dan lainnya.
  3. Ikan Cupang merupakan ikan petarung dan bukan tipe ikan yang bersahabat. Karena mereka mempertahankan teritori atau wilayah tempat tinggalnya dari predator lain.
  4. Sudah sejak dahulukala bangsa Thailand menjadikan ikan ini sebagai perlombaan pertarungan ikan.
  5. Ikan Cupang bisa hidup tanpa filter air.
  6. Habitat alaminya adalah di sekitar sawah.

Sejarah Ikan Cupang

Banyak yang mengatakan bahwa ikan cupang ini berasal dari negara Indonesia. Karena habitatnya memang akan alami tumbuh di suhu sub tropis. Namun beberapa fakta membuktikan bahwa ikan ini bukan berasal dari Indonesia, namun negara tetangga yang masih berada di teritori kawasan asia tenggara.

Ikan Cupang sebenarnya dikategorikan dengan ikan Betta. Bisa di sebut ikan betta Fish / Betta Splendens. Habitat alami ikan ini memang dikawasan persawahan. Oleh sebab itu ikan Cupang ini merupakan ikan jenis air tawar. Meskipun ikan jenis ini adalah ikan yang selalu mempertahankan teritorinya, maka perbedaan ikan cupang betina dan jantan memang cukup menarik bagi sebagian peneliti.

Baca juga: Habitat Asli Ikan Cupang

Thailand mengeklaim bahwa ikan ini memang berasal dari negaranya. Karena pada zaman dahulu Raja Siam atau raja Thailand telah melisensikannya secara resmi. Niat Raja Siam, sangat serius, dengan membuat pajak khusus , dan mengoleksi ikan- ikan cupang berjenis petarung. Tercatat di tahun 1840, Raja Siam memberikan ikan Cupang ini kepada Dr. Theodor Cantor. Yang kemudian menyebar luas, dan hingga saat ini menjadi ikan hias yang terkenal di kawasan seluruh dunia.

Baca juga: Perbedaan Ikan Cupang dan Ikan Guppy

Cara Membedakaan Ikan Cupang Jantan dan Betina


Ini dia gambar perbedaan ikan hias cupang jantan dan betina

Perbedaan Ikan Cupang betina dan Jantan, terletak di sebagian hal. Apalagi tren ikan cupang telah dikembangkan dari berbagai jenisnya. Oleh sebab itu, persilangan antara cupang di lakukan oleh para pengiat hobi ikan hias ini. Dan hasilnya menjadi hasil yang cukup menakjubkan. Perbedaan tersebut diantaranya:

  1. Ikan Cupang betina lebih besar dari ikan Cupang jantan.
  2. Ikan Cupang betina akan bertelur dari hasil kawinnya.
  3. Ikan Cupang jantan lebih menarik, dari sirip, buntut yang lebar dan juga beraneka ragam corak
  4. Ikan jantan yang sedang dikembangkan adalah ikan Cupang Kohaku. Karena mereka memiliki corak yang sama dengan ikan Koi.
  5. Ikan jantan yang lainnya adalah Giant Cupang, yang memang ukurannya sangat besar di banding ikan cupang betinanya.
  6. Ikan cupang jantan tidak bisa di satukan dengan ikan cupang lainnya. Karena ikan sesama jantan tentu akan bertarung.
  7. Beberapa jenis Ikan Cupang betina, bisa disatukan dengan ikan cupang betina lainnya.


Baca juga: Cara Budidaya Ikan Cupang

Labels: Ikan cupang

Thanks for reading Cara Melihat Perbedaan ikan Cupang Betina Dan Jantan secara mudah. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Melihat Perbedaan ikan Cupang Betina Dan Jantan secara mudah"