Mengetahui Perbedaan Ikan Molly Jantan dan Betina secara mudah

Ini dia Perbedaan ikan molly jantan dan betina

Berbicara tentang ikan Molly, tentunya terkenal dengan kelucuan bentuknya, dan juga kemurahan harganya. Ikan Molly sendiri, merupakan ikan yang bisa anda jumpai di berbagai toko ikan di Indonesia ini. Dengan terkenalnya ikan ini, tentu saja cara perawatannya pun akan sangat mudah. Beberapa fasilitas dan perawatan untuk ikan ini bisa ditemukan di toko manapun.

Namun bagi yang akan memulai mengembang biakan ikan ini, tentu harus mengetahui perbedaan ikan Molly jantan dan betina, agar kedepannya dapat dengan mudah mengembangkan indukannya. Karena ikan ini merupakan ikan yang membentuk suatu koloni, tentu harus hati-hati juga dalam membedakannya. Jangan sampai fase bertelur ikan ini, kerap gagal karena telurnya dimakan oleh ikan lain.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Molly

Jenis Ikan Molly

Karena bentuknya yang unik dan lucu, tentu saja ikan Molly ini memiliki jenis yang lumayan sangat banyak. Yang paling terkenal dan diminati dikalangan pencinta ikan hias diantaranya:

  1. Green Sailfin Molly
  2. Sailfin Mollly biasa
  3. Yucatan Molly
  4. Black Sailfin Molly
  5. Dalmatian Sailfin Molly
  6. Harlequin Sailfin Molly
  7. Marble Lyretail Molly
  8. Platinum Lyretail Molly
  9. Black Lyretail Molly
  10. Chocolate Sailfin Molly

Perbedaan Ikan Molly Jantan Dan Betina


Cara membedakan atau ciri-ciri ikan molly jantan dan betina

1. Perhatikan Corak dan Warna

Yang harus dilakukan adalah melihat corak warna pada bagian tubuhnya. Contohnya pada bagian tubuh Molly marbel, akan terlihat bila ikan Molly yang jenis kelaminnya jantan, memiliki warna tubuh yang tidak terlalu mencolok dan condong ke arah warna cerah. Dan sebaliknya corak betina lebih terlihat beragam dengan warna sedikit gelap.

Bila menunjuk kembali kepada keterangan jenis ikan Molly diatas, tentu saja ikan Molly ini sangat banyak corak dan jenisnya. Oleh sebab itu, bagi yang ingin mencoba mengoleksi ikan ini, haru pandai- pandai mengetahui perbedaan ikan Moly jantan dan betina. Hal tersebut sangat penting agar tidak salah beli atau salah dalam merawatnya.

2. Pada bagian kepala, mata dan moncong

Perbedaan ikan molly jantan dan betina selanjutnya terlihat pada bagian ujung kepala. Pada ikan molly jantan, terlihat pada jarak mulut dan mata yang sedikit renggang dan juga kecil. Tentu saja karena jantan biasanya lebih kecil maka bentuk mata dan mulut yang terletak pada bagian kepala, lebih kecil daripada betina. Dan juga bentuk kepala atau moncong Ikan Molly jantan lebih kecil dibandingkan dengan Molly betina.

3. Perbedaan bagian ukuran tubuh

Yang termudah dalam perbedaan ikan Molly jantan dan Betina ialah terletak pada ukuran tubuhnya. Tentu saja bentuk ikan hias yang berukuran kecil baik Molly, Cupang sangat timpang. Karena biasanya ikan jantan memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil, ketimbang ukuran tubuh betinanya. Karena semua ikan betina yang berukuran kecil, akan menyimpan telur- telurnya di tubuhnya sendiri. Oleh sebab itu ikan betina pada ikan Molly akan lebih bulat dan besar, daripada ikan Molly jantan.

4. Pada bentuk siripnya

Sebenarnya Ikan molly hampir mempunyai bentuk sirip besar seperti cupang, namun tidak terlalu besar. Dan masing- masing jenis Molly memiliki ciri khas sirip tersendiri. Sirip ikan molly jantan akan cenderung lebih lebar dan juga panjang. Dan sebaliknya bila anda melihat sirip Molly tersebut pendek, dan kecil, sudah dipastikan akan berjenis betina. Maka dari itu ikan Molly jantan memiliki dayatarik tersendiri. Semakin besar dan lebar siripnya, akan semakin mahal harganya.

5. Bentuk sirip di bawah perut

Pada ikan molly jantan memiliki gonopodium, yaitu sirip yang meruncing pada bagian bawah perut ikan Molly tersebut. Bila ikan ikan Molly betina bentuknya tidak runcing, melainkan membulat dan melebar. Hal ini merupakan cara yang termudah, agar bisa membedakan ikan Molly jantan dan Betina.

Baca juga: Perbedaan Ikan Platy dan Molly

Labels: Ikan molly

Thanks for reading Mengetahui Perbedaan Ikan Molly Jantan dan Betina secara mudah. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Mengetahui Perbedaan Ikan Molly Jantan dan Betina secara mudah"