Bagi Yang Gemar Memelihara Ikan Cupang, Ketahui Perbedaan Ikan Cupang Plakat Dengan Bagan Berikut Ini

Bagaimana Perbedaan antara jenis ikan cupang bagan dan plakat

Ikan hias merupakan salah satu hewan yang menjadi hewan peliharaan paling digemari setelah burung dan kucing. Memelihara ikan hias merupakan hobi yang menantang sekaligus menyenangkan. Salah satu ikan yang menjadi pilihan para pecinta ikan hias adalah ikan cupang. Ikan cupang terdiri dari berbagai jenis sehingga kadang sulit untuk mengetahui perbedaan ikan cupang plakat dan bagan.

Ikan cupang plakat dan bagan merupakan dua dari sekian banyak jenis ikan cupang hias yang sering dipelihara. Tetapi, keduanya seringkali disamakan karena memang ciri fisik keduanya yang mirip. Berbeda dengan jenis Halfmoon atau Serit yang memiliki ciri fisik yang berbeda dan mudah diidentifikasi. Berikut perbedaan ikan cupang plakat dan bagan yang wajib diketahui oleh penggemar ikan hias.

Baca juga: Tips Memelihara Ikan Cupang Kontes

Ciri fisik Perbedaan ikan cupang bagan dengan ikan cupang Plakat


Gambar ikan cupang plakat dan bagan

1. Bentuk tubuh

Bentuk tubuh ikan cupang bagan ini menyerupai ikan cupang laga di Vietnam dengan bentuk fisik tubuh yang tebal dan lebar. Jika terlihat sepintas, ikan cupang bagan ini memang sangat mirip dengan ikan cupang Plakat. Sirip bagian bawah ikan cupang bagan berbentuk panjang akan tetapi lebih kecil. Ekor ikan cupang bagan juga berbentuk oval atau setengah lingkaran dimana ukurannya lebih kecil.

Ikan cupang plakat memiliki ciri-ciri ekor yang lebih pendek namun melebar membentuk setengah lingkaran atau seperti kipas penari. Ikan cupang Plakat ini berasal dari Thailand. Nama Plakat sendiri berasal dari bahasa Thailand yang memiliki arti cupang adu atau laga. Kata Plakat di Thailand ini digunakan untuk membedakan antara ikan cupang hias dengan ikan cupang yang dijadikan ikan adu.

2. Bentuk sirip dan ekor

Perbedaan ikan cupang plakat dan bagan dari segi fisik yang paling tampak jelas dan mudah di kenali yakni terletak pada sirip bagian atas, sirip bawah, dan pola sisik kedua ikan yang ini. kedua sirip depan ikan cupang Plakat lebih tajam dan lebih ramping. Selain itu, ekor ikan cupang bagan juga memiliki jarak atau spasi, artinya tidak saling terhubung sepenuhnya.

Perbedaan ikan cupang Plakat dengan Bagan terletak pada siripnya. Sirip di bagian bawah dekat perut dan sirip di pundak ikan cupang Bagan lebih lebar. Ekornya pun lebih lebar daripada ikan cupang Plakat. Begitupula dengan sirip di bagian depannya. Ikan cupang Plakat memiliki sirip depan yang lebih lebar sangat berbeda dengan ikan cupang Bagan yang sirip bagian depannya lebih runcing ke di bagian ujung.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Cupang

3. Bentuk dan pola sisik

Bentuk sisik ikan cupang Bagan juga lebih besar dengan pola membentuk belah ketupat. Selain itu, ikan cupang Plakat memiliki gigi yang lebih tajam yang berfungsi untuk menyerang musuh. Sisik ikan cupang Plakat juga lebih keras dan polanya membentuk heksagonal yang lebih bulat. Ikan cupang Plakat lebih cocok dijadikan ikan hias daripada ikan adu.

4. Warna tubuh

Jika dilihat dari warna kulitnya, ikan cupang bagan ini didominasi oleh warna gelap dan kombinasi warna lainnya seperti misalnya hitam dengan merah. Meski demikian, di beberapa bagian tubuh lainnya seperti sirip, ekor atau tubuh bagian atas, terdapat warna cerah seperti biru atau putih meski sangat sedikit. Dari segi warna, tubuh ikan cupang Plakat didominasi oleh warna cerah seperti, merah, putih, emas dan putih.

Baca juga: Tips Melatih cupang aduan

Labels: Ikan cupang

Thanks for reading Bagi Yang Gemar Memelihara Ikan Cupang, Ketahui Perbedaan Ikan Cupang Plakat Dengan Bagan Berikut Ini. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Bagi Yang Gemar Memelihara Ikan Cupang, Ketahui Perbedaan Ikan Cupang Plakat Dengan Bagan Berikut Ini"