4 Perbedaan ikan Louhan Cencu dan Kamfa yang perlu anda ketahui

Ini dia Perbedaan di antara jenis louhan cencu dan kamfa
Perbedaan kamfa dan cencu

Ikan Louhan merupakan salah satu jenis ikan hias yang biasa dipelihara di dalam akuarium. Bentuk dan karakter ikan Louhan membuat ikan ini begitu di gemari. Jenis ikan Louhan sangat beragam, yang paling terkenal adalah ikan Louhan Cencu dan Kamfa. Karena ciri fisik kedua jenis ikan Louhan ini sekilas mirip, orang awam akan kesulitan dalam menemukan perbedaan ikan Louhan Cencu dan Kamfa ini.

Ciri fisik yang paling menonjol pada ikan Louhan adalah bentuk kepalanya yang benjol seperti sebuah tumor. Kepala ikan Louhan yang benjol ini membuatnya sering dijuluki ikan "Benjol Kelam". Habitat asal ikan Louhan ini dari Malaysia dan Taiwan. Akan tetapi di Indonesia, ikan ini tidak kalah populer. Selain karena bentuk kepalanya yang unik, ikan Louhan juga memiliki corak warna tubuh yang tampak hidup.

Cara Membedakan Ikan Louhan Cencu dan ikan Louhan Kamfa dengan mudah


1. Warna tubuh

Warna tubuh ikan Louhan Cencu ini dominan warna cerah seperti merah dengan beberapa pola hidup sedangkan tubuh Louhan Kamfa di dominasi dengan warna gelap seperti abu atau hitam dengan kombinasi putih. Selain itu, pola corak tubuh Kamfa juga lebih sedikit.

2. Warna mata dan bentuk sirip

Perbedaan ikan Louhan Cencu dan Kamfa yang lebih jelas terletak pada warna mata ikan Louhan Cencu yang berwarna merah disekitar retina matanya. Berbeda dengan ikan Louhan Kamfa yang sekitar mata hitamnya berwarna putih. Warna mata ikan Louhan Kamfa berwarna putih sama seperti mata ikan pada umumnya.

Perbedaan Louhan Cencu dan Kamfa yang lainnya yaitu pada sirip bagian atas ikan Louhan cencu yang panjang seperti jarum sedangkan sirip ikan Louhan Kamfa tidak ada jarumnya. Ikan Louhan Kamfa memiliki sisik dengan pola bulat dengan warna pucat sedangkan Louhan cencu memiliki pola lonjong berwarna cerah.

Lihat juga: Jenis Ikan Louhan Kamfa Kontes

3. Warna dan ukuran tubuh serta mulut

Ukuran tubuh Louhan Cencu cenderung membulat atau ekslipe sehingga terlihat lebih gemuk daripada ikan Louhan Kamfa. Terdapat pola atau bentuk bulat seperti mutiara yang dengan tekstur seperti tulang di kepalanya bahkan sampai bagian pipi. Hal ini membuat ikan Louhan Cencu disebut Louhan mutiara, atau Zenzhu. Benjolan pada kepala ikan Louhan Cencu juga lebih kecil dengan tekstur keras.

Selain itu, warna tubuh Louhan Cencu juga lebih terang dengan pola yang lebih abstrak dan kombinasi lebih banyak. Tubuh ikan Louhan Kamfa lebih besar daripada ikan Louhan Cencu serta bentuk fisiknya juga lebih mirip bentuk segi empat. Ada pula perbedaan lainnya yaitu bentuk dan ukuran mulut. Mulut Louhan Cencu lebih lonjong dan besar sedangkan mulut Louhan Kamfa lebih kecil dan rada masuk.

Baca juga: Mengenal Sejarah Ikan Louhan dan Jenisnya

4. Bentuk Ekor dan benjolan kepala

Ekor ikan Louhan Cencu lebih lonjong dan lebih kecil daripada Louhan Kamfa. Sirip bagian atas ikan Louhan Cencu memanjang dan runcing di bagian ujung belakangnya sehingga lebih mirip seperti jarum. Ekor Louhan Kamfa lebih besar dan mengembang mirip seperti kipas yang di rentangkan. Sirip bagian bawahnya juga melebar sampai ke ekor dan lebih merapat.

Perbedaan ikan Louhan Cencu dan Kamfa juga terletak pada warna tubuh keduanya dimana warna Kamfa lebih pucat. Perbedaan Louhan Cencu dan Kamfa juga tampak jelas pada ukuran benjolan kepala Louhan Kamfa yang lebih besar bahkan lebih panjang dibandingkan mulutnya. Selain itu, mulut ikan Louhan Kamfa juga lebih kecil dan cenderung masuk.

Baca juga: Mengenal Jenis Louhan Cencu

Labels: Ikan louhan

Thanks for reading 4 Perbedaan ikan Louhan Cencu dan Kamfa yang perlu anda ketahui. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "4 Perbedaan ikan Louhan Cencu dan Kamfa yang perlu anda ketahui"