Informasi Sejarah dan Asal Usul Ikan Platy

Mengenal Asal usul dan sejarah ikan hias platy

Ikan platy merupakan salah satu jenis ikan hias yang hidup di air tawar. Dalam sejarah ikan platy awalnya hanya hidup di lereng Atlantik Meksiko, namun seiring dengan kebutuhan dan perkembangan, kemudian tersebar di berbagai negara, termasuk Indonesia yang sama sekali mempunyai iklim berbeda dengan Meksiko.

Asal-Usul dan Sejarah Ikan Platy


Sejarah ikan platy memang bermula dari benua Amerika seperti Meksiko kemudian diperkenalkan dan menyebar ke beberapa negara sekitarnya seperti Amerika Serikat dan Kolombia. Selain itu juga mulai menyebar ke wilayah Asia seperti Hongkong dan Singapura serta kini sudah banyak ditemui di Indonesia.

Awalnya ada beberapa orang yang mencoba melakukan percobaan tertentu untuk mendapatkan warna ikan platy yang berbeda. Hal itu dilakukan dengan cara mengawinkan ikan platy warna atau jenis tertentu dengan yang lainnya, sehingga bisa menghasilkan pola dan kombinasi warna yang unik dan baru.

Dalam perkembangannya, ikan platy bukan hanya dimanfaatkan sebagai hobi atau ternak saja, namun juga sudah menjadi komoditas bisnis di berbagai negara termasuk di Indonesia. Bentuk dan warnanya yang unik, ikan ini cenderung lebih mahal jika dibanding dengan ikan biasa. Meskipun demikian tetap banyak orang yang mencari ikan jenis ini.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Platy

Ciri Fisik Ikan Platy


Ikan platy mempunyai ciri fisik tertentu di antaranya adalah:

  1. Mempunyai panjang badan mencapai 7 cm, sehingga tidak terlalu besar jika dibanding ikan hias lainnya.
  2. Mempunyai warna zaitun pada sisiknya dengan bintik-bintik hitam pada bagian ekornya. Selain itu juga mempunyai banyak varian warna seperti kecokelatan, bintik biru, dan bintik merah.
  3. Khusus untuk platy jantan terdapat bercak hitam pada bagian sirip punggung.
  4. Termasuk ikan omnivore yang suka makan tanaman, serangga, hingga cacing annelida.
  5. Bisa hidup di perairan yang bergerak sangat lambat seperti selokan ataupun air hangat. Jadi, tidak selalu membutuhkan akuarium jika Anda ingin menernak ikan tersebut.

Mengenal Jenis Ikan Platy

Ikan platy mempunyai banyak jenis baik dari aspek warna maupun yang lainnya. Hal itu disebabkan sudah semakin maju sistem budidaya ikan hias. Berikut adalah beberapa jenis ikan platy yang ada:
  1. Platy Gold Wagtail merupakan jenis platy yang berwarna keemasan pada bagian sirip ekornya.
  2. Platy Tuxedo Gold Wagtail yaitu jenis platy yang mempunyai warna sisik keemasan pada bagian tengah tubuhnya hingga ke ekornya.
  3. Platy Tuxedo Red merupakan jenis platy yang tubuhnya berwarna merah namun tidak sampai pada bagian sirip.
  4. Platy Red Wagtail adalah jenis platy yang terdapat warna merah pada siripnya baik ekor maupun punggung.
  5. Platy Neon Blue Wagnail adalah varieties platy yang siripnya berwarna biru berkilauan. Hal itu membuat ikan tampak lebih indah saat berenang serta berada di tempat yang cukup gelap.
  6. Platy Rainbow Wagtail, di mana sirip ekor pada jenis ini terdapat beragam warna seperti pelangi. Hal itu akan sangat nampak ketika ikan tersebut sedang berenang dan mengepakkan ekornya.
  7. Platy Pintail Red Wagtail merupakan jenis platy yang mempunyai sirip ekor berbentuk meruncing seperti mata tombak serta tubuhnya berwarna merah.
  8. Micky Mouse Platy adalah varieties platy yang sisiknya berwarna hitam dari badan bagian belakang sampai pangkal ekor.
Cek juga: Daftar Harga Ikan Platy Semua Jenis Terbaru
Secara umum, sejarah ikan platy di Indonesia sendiri tidak bisa dilepaskan dari perkembangan awalnya di tempat asal yaitu benua Amerika. Mengenai bagaimana bisa ikan platy sampai ke Indonesia nampaknya disebabkan aktivitas perdagangan ikan yang sudah berlangsung cukup lama antar negara.

Labels: Ikan platy

Thanks for reading Informasi Sejarah dan Asal Usul Ikan Platy. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Informasi Sejarah dan Asal Usul Ikan Platy"