5 Jenis Penyakit Ikan Louhan dan Cara Menyembuhkannya

Beberapa tips penyembuhan ikan louhan dari berbagai jenis penyakit

Salah satu jenis ikan hias yang paling banyak orang suka adalah ikan louhan. Jenis ikan ini memang sangat cantik dengan ciri khusus motif pada badan yang sangat mengesankan juga sirip yang unik dimilikinya. Hampir sebagian besar pecinta ikan hias akan membudidayakan ikan louhan ini.

Hanya saja sama halnya dengan jenis ikan yang lain, ikan hias yang satu ini juga rentan terserang penyakit. Suhu air yang kurang tepat dan cara perawatan yang salah bisa dengan mudah menimbulkan penyakit pada ikan louhan. Lantas apa saja jenis penyakit ikan louhan dan cara menyembuhkannya? Disini kami akan berikan uraian lengkapnya untuk Anda!

Penyakit Ikan Louhan dan Cara Menyembuhkannya


1. Penyakit mulut bisulan pada ikan louhan


Ikan louhan yang terkena mulut bisulan ditandai dengan terjadinya bengkak merah di mulut. Mulut ikan louhan yang bisulan bisa terjadi karena serangan Crustaceae dimana luka infeksi ini akibat perkelahian, bakteri atau jamur dan juga pakan yang tidak cocok. Mulut bisulan sendiri bisa disembuhkan dengan cara mengisolasi louhan ke dalam akuarium khusus. Mulutnya yang bisulan nanti diberikan antibiotic.

Selama masa perawatan Anda perlu puasakan louhan kurang lebih selama 2 sampai dengan 3 hari. Atau dalam artian jangan memberikan makan pada ikan louhan selama 2 sampai 3 hari. Kemudian setelahnya baru bisa Anda beri pakan yang bergizi ketika tanda – tanda penyakit tersebut sudah secara perlahan – lahan menghilang dari ikan louhan Anda.

2. Penyakit cacat atau luka pada ikan louhan


Sama halnya dengan ayam dan jenis hewan yang lain, ikan louhan juga bisa berkelahi dengan ikan lain. Pasca perkelahian ikan louhan tersebut kemudian bisa menimbulkan terjadinya cacat atau luka. Jika kualitas air di tempat hidup ikan memburuk, maka hal ini akan semakin memperburuk luka yang terjadi pada louhan.

Penyakit yang satu ini bisa disembuhkan dengan mengisolasi louhan ke dalam akuarium khusus dan juga kemudian memberikan obat luka dengan menggunakan antibiotic. Anda bisa membelinya di berbagai toko ikan atau toko perlengkapan dan peralatan ikan. Ada baiknya selama dalam masa perawatan, louhan diberikan pakan yang bergizi agar louhan cepat sembuh.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Louhan

3. Ikan louhan juga bisa mengalami stress


Jika warna tubuh pada ikan louhan Anda tiba – tiba memudar, timbul belang berwarna hitam, jenong yang mengempis dan tingkah lakunya cenderung pasif maka kemungkinan besar ikan louhan tersebut mengalami stress. Ada berbagai macam faktor yang menjadi penyebab ikan louhan stress.

Beberapa penyebab ikan louhan mengalami stress adalah karena penempatan akuarium yang tidak sesuai, pakan yang kurang berkualitas, ketakutan ikan louhan terhadap musuhnya atau sorot lampu yang menghadap ke akuarium. Dalam rangka mengatasi stress pada louhan tersebut Anda bisa lakukan beberapa cara.

Pertama akuarium diletakkan sekitar 80 cm diatas lantai. Jangan terlalu tinggi atau terlalu rendah. Kemudian louhan diberi pakan yang sesuai dan pisahkan dari ikan jenis yang lain. Baiknya jika didalam sebuah akuarium Anda memelihara ikan louhan maka sebaiknya jenisnya di akuarium tersebut harus sama – sama louhan agar mereka bisa merasa memiliki teman dan tidak merasa terancam dengan jenis ikan yang lain. Biasakan untuk ikan Anda menghadapi berbagai macam keadaan agar ia bisa beradaptasi dan tidak mudah kaget.

4. Ikan louhan mengalami kembung dan busuk mulut


Jika perut ikan louhan mengalami pembengkakan dan berwarna merah, maka ada kemungkinan ikan louhan Anda terkena penyakit kembung. Penyakit yang satu ini bisa timbul karena pakan yang tidak higienis.

Selain dapat menjadi penyebab kembung pada ikan louhan, pakan yang tidak higienis juga bisa menyebabkan busuk mulut pada ikan louhan. Penyakit busuk mulut pada louhan ditandai dengan bentuk bibir yang membengkak dan jontor. Kedua jenis penyakit pada ikan louhan tersebut bisa diatasi dengan terapi selama 7 hari didalam air larutan obat antibiotic, antiparasit dan antijamur. Selama masa terapi ini louhan tidak diberi makan atau dipuasakan. Selain cara ini, louhan juga dapat diterapi dengan menggunakan garam ikan dan juga air hangat.

Baca juga: Cara Merawat Anakan Ikan Louhan

5. Penyakit white spot pada ikan louhan


Penyakit bintik putih atau white spot muncul pada sisik di tubuh ikan louhan. White spot disebabkan karena jamur. Jamur ini kemudian muncul karena buruknya kualitas air yang digunakan. White spot sendiri merupakan penyakit yang sangat sulit untuk disembuhkan. Karenanya sebelum louhan terkena white spot ada baiknya agar kualitas air yang dipakai selalu dijaga. Anda juga bisa memberikan garam ikan ke dalam aquarium agar dapat membantu mencegah timbulnya white spot pada ikan louhan Anda yang jika dibiarkan dapat menyebabkan kematian.

Baca juga: Tips mudah Mempercepat Pertumbuhan Ikan Louhan

Itulah beberapa jenis penyakit ikan louhan dan cara menyembuhkannya yang penting Anda tahu dan pahami. Baiknya Anda cegah ikan louhan mengalami penyakit diatas dengan sanitasi air yang baik di akuarium dan pemberian garam ikan karena jika sudah terserang penyakit tersebut akan sulit dalam menyembuhkannya.

Labels: Ikan louhan

Thanks for reading 5 Jenis Penyakit Ikan Louhan dan Cara Menyembuhkannya. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "5 Jenis Penyakit Ikan Louhan dan Cara Menyembuhkannya"