Ketahui 5 Ciri Peranakan Ikan Louhan yang Bagus Sebagai Tahap Pertama Budidaya

Anakan ikan louhan berkualitas import

Ikan Louhan merupakan salah satu jenis ikan hias yang selain indah juga bernilai tinggi. Ikan Louhan seringkali tidak hanya dijadikan ikan peliharaan semata tetapi juga bisnis yang memiliki keuntungan besar. Agar bisa mendapat keuntungan yang besar, tahap pertama yang harus dilakukan dan di perhatikan adalah memilih anakan ikan Louhan yang bagus dan merupakan bibit unggulan.

Budidaya ikan Louhan merupakan bisnis yang menjanjikan sebab ikan Louhan yang telah dewasa dan memiliki bentuk tubuh yang indah serta pola warna yang menarik akan dikenakan harga yang sangat fantastis. Ikan Louhan unggulan juga seringkali memenangkan lomba kecantikan atau kesehatan yang dilihat dari bentuk dan warna tubuh di mana hal tersebut akan meningkatkan nilai jual ikan Louhan ini.

Lihat juga: Jenis kamfa Kontes

Ciri - Ciri Anakan Ikan Louhan yang Bagus dan Merupakan Bibit Unggulan


Tips Memilih anakan ikan louhan yang bagus untuk bibit

1. Garis pada Tubuh Ikan Louhan

Anakan Louhan yang bagus memiliki ciri terdapat garis yang membentang dari kepala tepatnya di dekat mata hingga sirip di bagian ekornya. Garis lurus tersebut berwarna gelap dengan beberapa kombinasi warna tergantung dari warna lain tubuh ikan Louhan tersebut. Semakin unik gradasi warna garis gelap dengan warna tubuh Louhan, maka bibit ikan Louhan tersebut semakin bagus.

2. Benjolan atau Jenong pada Kepalanya

Bagi orang awam yang ingin memelihara ikan Louhan baik sebagai hobi maupun usaha sampingan, maka ketika hendak membeli bibit ikan Louhan sebaiknya perhatikan benjolan yang ada pada kepalanya. Semakin besar benjolan yang tumbuh di kepala ikan Louhan tersebut, maka semakin bagus pula peranakannya. Benjolan pada kepala ikan Louhan ini menjadi ciri yang paling mudah di identifikasi.

Benjolan ini memang menjadi salah satu ciri khas Louhan, akan tetapi biasanya jika masih kecil, benjolan ini tidak terlalu dominan. Bila masih kecil saja benjolannya besar, maka nantinya jika ikan Louhan semakin besar otomatis benjolannya juga akan semakin besar. Dengan kata lain, harga jual ikan Louhan yang memiliki kepala besar akan lebih mahal dan tinggi dibandingkan yang benjolan kepalanya kecil.

3. Tidak Terdapat Cacat pada Tubuh dan Tidak Ada Bercak Putih pada Sisiknya

Anakan Louhan yang bagus tidak terdapat cacat pada sekujur tubuhnya. Cacat yang dimaksud merupakan cacat fisik yang dapat dengan mudah di identifikasi oleh mata telanjang. Adapun ciri anakan ikan Louhan yang bagus lainnya adalah tidak terdapat bercak - bercak putih atau jamur pada sisiknya. Sisik ikan Louhan bibit unggul terlihat tampak cerah dan segar dengan pola warna yang sudah terbentuk.

4. Bentuk Tubuh dan Warna Mata

Ikan Louhan yang baik memiliki ciri bentuk tubuh yang cenderung bulat akan tetapi tidak ramping dalam artian sedikit mengembung. Meski berbentuk bulat, ukuran tubuhnya tetap memanjang sehingga tampak berbentuk elips. Anakan ikan Louhan yang baik juga terdapat garis lingkaran merah pada matanya. Adanya garis lingkaran merah tersebut menandakan bahwa ikan Louhan berada pada kondisi sehat.

5. Warna Tubuh dan Corak Mutiaranya

Corak atau motif mutiara pada tubuh ikan Louhan memang akan berubah dan bertambah seiring dengan pertumbuhannya. Akan tetapi, anakan ikan Louhan yang bagus adalah yang sudah memiliki motif mutiara yang cukup dominan pada tubuhnya. Semakin banyak motif mutiaranya, maka semakin bagus pula ikan Louhan tersebut. Nantinya setelah dewasa, motif mutiara ini akan menjadi nilai jual yang tinggi.

Baca juga: Cara Merawat Anakan Ikan Louhan

Ciri-ciri di atas dapat Anda perhatikan jika ingin memilih anakan Louhan yang bagus dan merupakan bibit yang unggul. Jangan sampai merugi karena Anda salah memilih ikan Louhan yang bagus.

Labels: Ikan louhan

Thanks for reading Ketahui 5 Ciri Peranakan Ikan Louhan yang Bagus Sebagai Tahap Pertama Budidaya. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Ketahui 5 Ciri Peranakan Ikan Louhan yang Bagus Sebagai Tahap Pertama Budidaya"