Ciri-Ciri Arwana Golden Red Dewasa Dan Anakan Yang Bagus

Gambar ciri ciri arwana golden red dewasa yang bagus
Gambar arwana golden red

Ciri - ciri arwana golden red dewasa dan anakan yang bagus, tentu harus anda ketahui. Ikan Arwana merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang menjadi primadona selain juga ikan cupang yang memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri. Ikan ini banyak di jumpai di wilayah Asia Tenggara khususnya di wilayah Indonesia dan Malaysia.

Ikan Arwana Golden Red, ikan ini mempunyai sisik yang berwarna kuning keemasan dengan sirip dan ekor yang berwarna kemerahan. Arwana Golden Red termasuk jenis ikan mahal, namun tentu saja untuk para pecinta ikan hias, mereka tentu tidak terlalu memperhatikan masalah harga tersebut, karena bagi mereka harga tidak bisa dibandingkan dengan keindahan ikan tersebut.

Ciri- Ciri Arwana Golden Red Dewasa Dan Anakan Yang Bagus


Dalam memilih ikan jenis ini pun harus lebih berhati-hati supaya tidak tertipu, karena hampir saja semua jenis ikan Arwana mempunyai sisik yang berwarna keemasan. Berikut ini adalah ciri-ciri Ikan Arwana Golden Red yang bagus:

1. Melihat Bentuk Serta Ukuran Tubuh

Ikan Arwana Golden Red kebanyakan berukuran 40cm, tapi tidak jarang berukuran 20-25 dan tidak jarang untuk ukuran ini biasa di perjual belikan pula. Kemudian untuk jenis anakan memang agak susah jika dibedakan dengan jenis spesies anakan lainnya. Oleh karena itu ada baiknya membeli dengan ukuran yang sedang di kisaran 15 - 20 cm, agar bisa diketahui jenis Red-Tail atau bukan.

2. Dilihat Dari Warna Kulit, Punggung, Sisik, Sirip

Arwana Golden Red tersebut mempunyai sisik dan sirip yang sama keseluruhan dengan warna di sisiknya yang berwarna emas dengan sirip berwarna merah, dengan punggung yang kehitaman. Kemudian untuk warna dasar kulit dari jenis spesies ini juga bermacam-macam, mulai warna emas, hitam, biru, hijau, dari biru, dan juga emas. Sehingga dapat membuat satu dan yang lainnya akan terlihat sangat berbeda.

3. Melihat Ciri-ciri Sirip, Ekor, Sisik Serta Sungut

Kemudian untuk Sirip punggung Ikan Arwana Golden Red ini berada di belakang tepatnya di dekat dengan ekornya, akan tetapi bentuk tubuhnya memang lebih memanjang, dan membuatnya bisa terlihat mempunyai sirip punggung. Lalu, Sirip di perutnya pun berada di dekat bagian ekor dan memiliki warna emas yang bercampur kemerahan. Karena itulah ikan ini disebut dengan nama Arwana Golden Red. Golden Red ini mempunyai sisik yang lumayan besar dan sangat terlihat jelas. Kemudian ikan jenis spesies ini pun mempunyai dua sungut yang terletak di dekat bibirnya terlihat seperti dua duri yang terlihat menancap.

4. Bermacam Jenis Spesies Arwana Golden Red

  1. Red-Tail Golden Arwana: memiliki sisik yang berwarna keemasan  hingga di level 4
  2. Highback Golden Arwana: memiliki sisik yang berwarna keemasan hingga di level 5
  3. Super Highback Golden Arwana: memiliki sisik yang berwarna keemasan hingga di level 6
  4. Crossback Golden Arwana: memiliki sisik yang berwarna keemasan hingga menutupi seluruh tubuhnya, dan ikan Arwana tersebut berasal dari wilayah Malaysia.

5. Habitat Asal dan Juga Penyebarannya

Kemudian untuk Ikan jenis ini terdapat pada habitat di Indonesia, yang biasanya dapat di temukan di daerah wilayah Sumatra, Riau dan juga pulau Kepri. Namun dapat pula ditemui di berbagai laut di beberapa benua yang juga dapat di temui di habitat yang jauh lebih kecil. Kemudian ikan jenis ini dapat berimigrasi dari satu benua ke benua yang lainnya. Akan tetapi jenis ikan ini termasuk dalam kategori ikan yang langka dan juga hampir punah.

Lihat juga: Cara Budidaya Ikan Arwana

Tips Memilih Anakan Ikan Arwana


Gambar arwana golden red anakan

Ciri- ciri arwana golden red dewasa dan anakan yang bagus dan berkualitas, tentu dapat dilakukan dengan salah satu cara yaitu membelinya di sebuah farm-farm yang terpercaya atau pada kios-kios penjual ikan hias yang memang menjual ikan arwana yang bermutu dan sudah bersertifikat.

Tentu saja dengan cara ini, resiko untuk mendapatkan anakan ikan arwana yang tidak berkualitas bisa saja diminimalisir. Meskipun dengan cara ini belum tentu bisa dijadikan jaminan. Jika anda memahami tentang sedikitnya pemahaman membeli anakan ikan arwana yang bagus, tentu anda akan lebih mengetahui ikan berkualitas yang sebenarnya.

Perilaku Anakan Ikan Arwana yang Sakit

  1. Gerakannya terlihat tidak lincah
  2. Responnya pada pakan mulai menurun.
  3. Sering terlihat berada di permukaan air karena kekurangan udara/oksigen.

Penampilan Fisik Anakan Arwana yang Sakit atau Cacat

  1. Tubuh tidak lagi licin karena selaput lendirnya berkurang, sehingga jadi mudah ditangkap.
  2. Pada bagian dada mulai perdarahan, sisik menjadi rusak, dan sirip punggungpun jadi pecah-pecah.
  3. Lalu bagian tubuhnya terdapat bercak-bercak berwarna putih akibat jamur.

Lihat juga: Harga Arwana Golden Red

Artinya, semakin anda paham akan seluk-beluk tentang ikan arwana, semakin baik kualitas anakan ikan arwana yang nantinya akan anda peroleh. Dengan anda menggeluti seluk-beluk dunia arwna secara intens, nantinya anda akan terbiasa dan dapat dengan mudahnya untuk mengidentifikasi arwana yang berkualitas.

Labels: Ikan arwana

Thanks for reading Ciri-Ciri Arwana Golden Red Dewasa Dan Anakan Yang Bagus. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Ciri-Ciri Arwana Golden Red Dewasa Dan Anakan Yang Bagus"