5 Tanda - Tanda Ikan Koi Sakit dan Cara Mengobatinya

Bagaimana cara tepat menyembuhkan ikan koi yang sedang terkena penyakit

Ikan koi merupakan jenis ikan mas yang hadir dengan corak dan warna indah di seluruh bagian tubuhnya. Jenis ikan ini berasal dari Jepang yang dulunya dimanfaatkan sebagai ikan konsumsi akan tetapi sekarang lebih sering dipelihara sebagai ikan hias karena keindahan dan keunikan pada tubuhnya.

Ikan koi secara umum memiliki tubuh yang berwarna merah, orange, putih, kuning, biru dan cream dengan ukuran dan pola yang berbeda - beda. Sama halnya dengan jenis ikan yang lain bahwa ketika Anda tidak memeliharanya dengan baik maka ikan koi akan mudah terserang berbagai macam penyakit. Berikut kami akan uraikan apa saja tanda – tanda ikan koi sakit dan cara mengobatinya. Segera tangani jika ikan koi yang Anda pelihara menunjukkan beberapa tanda yang kami sebutkan di bawah ini!

Tanda - Tanda Ikan Koi Sakit dan Cara Mengobatinya


1. Tanda - tanda ikan koi sakit jamur batang insang


Penyakit jamur pada ikan koi memang sangat umum terjadi. Kondisi kolam yang kotor, cuaca yang tidak menentu atau karena suhu kolam yang terlalu tinggi serta juga pemberian pakan yang terlalu banyak namun tidak higienis dan berkualitas menjadi masalah ini rentan terjadi. Ikan koi yang terserang penyakit jamur batang insang memiliki beberapa tanda diantaranya timbul bercak putih di area mulut dan bisa menyebar sampai ke seluruh tubuh. Jika Anda tidak segera mengobatinya dapat berpotensi menyebar ke insang kemudian mengalami pembusukan pada akhirnya.

Dalam mengatasi masalah jamur batang insang, Anda bisa rendam ikan koi ke dalam larutan 10 liter air dengan 0,1 green F dan 1 sendok teh aureomycin. Kemudian masukkan ikan yang sakit dan diamkan kurang lebih selama 10 sampai dengan 15 menit. Penyakit ikan koi Anda akan sembuh kurang lebih dalam 10 hari ke depan setelah dilakukan pengobatan tersebut.

Baca juga: Sejarah Singkat dari Ikan Koi

2. Tanda - tanda ikan koi terserang bakteri aeromonas


Ketika ikan koi terserang dengan bakteri aeromonas, ikan koi memiliki beberapa tanda gejala diantaranya seperti kulit merah, perut membuncit dan bagian sirip serta insang yang menimbulkan bercak berwarna merah. Jika Anda tidak segera mengatasinya maka bakteri tersebut dapat menjadikan bagian tubuh ikan terluka dan semakin membusuk karena kondisi air yang kotor dan tidak terawat sempurna.

Untuk mengatasi penyakit yang terjadi akibat bakteri aeromonas ini, Anda bisa campur fenoksietanol nitrofurazon atau kloramin dengan menggunakan makanan ikan koi dan bersama takaran 1 gram per kg pakan ikan.

3. Tanda - tanda ikan koi terserang penyakit white spot


Penyakit white spot pada ikan koi bisa terjadi juga pada jenis ikan yang lain seperti ikan arwana, ikan guppy dan jenis ikan yang lainnya. Ikan koi yang terkena penyakit ini akan terlihat dari timbulnya bercak putih di tubuh yang jika Anda lihat sekilas terlihat seperti jamur. Untuk mengatasinya Anda bisa lakukan dengan menggunakan garam dapur. Langkah – langkahnya sebagai berikut :

  1. Pertama – tama Anda perlu siapkan 10 sampai dengan 15 gram NaCA per liter air kemudian masukkan ikan koi yang sakit ke dalam larutan tersebut kurang lebih selama 15 menit.
  2. Anda bisa lakukan cara ini kurang lebih sebanyak 3 sampai dengan 4 kali sehari sampai ikan koi Anda benar – benar sembuh.

4. Tanda - tanda ikan koi terserang penyakit lernaea


Penyakit ikan koi juga bisa terjadi disebabkan karena parasit cacing jangkar yang terjadi dengan cara menghisap cairan tubuh. Penyakit ini bisa mengakibatkan ikan koi menjadi kurus dan lemas serta bisa menular ke ikan koi lainnya jika Anda tidak segera mengatasi. Jika jumlahnya masih sedikit, Anda bisa menggunakan alat bantu berupa pinset. Akan tetapi jika sudah merata dan cukup banyak maka ada baiknya untuk Anda menggunakan formalin.

Anda bisa masukkan ikan koi tersebut ke dalam sebuah ember yang berisi larutan air dan formalin dengan dosis mencapai 25 ppm. Cara ini dapat Anda lakukan sebagai alternatif pengobatan pada ikan koi secara teratur sekitar 2 sampai dengan 3 kali selama 10 menit.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Koi

5. Tanda - tanda ikan koi terkena gangguan gelembung renang


Organ usus, hati dan lambung merupakan beberapa organ ikan koi yang sangat rentan terserang pembengkakan. Pola makan ikan yang tidak baik, terlalu banyak menelan udara ketika makan, mengonsumsi pakan dengan kualitas rendah dan tumbuhnya kista yang menjadikan ginjal ikan koi membengkak bisa mengakibatkan gangguan gelembung renang.

Cara mengatasi penyakit gangguan gelembung renang ini bisa dilakukan dengan Anda meningkatkan suhu pada kolam dimana suhu air yang terlalu dingin juga dapat menghambat pencernaan serta menjadikan ikan koi Anda mengalami sembelit. Mempuasakan ikan koi sekitar kurang lebih 3 hari juga bisa menjadikan organ tubuh ikan yang mengalami pembengkakan kembali pulih.

Baca juga: Ciri-ciri Ikan Koi asli jepang

Itulah apa saja tanda – tanda ikan koi sakit dan cara mengobatinya yang penting Anda tahu. Semoga menjadi informasi yang menginspirasi Anda.

Labels: Ikan koi

Thanks for reading 5 Tanda - Tanda Ikan Koi Sakit dan Cara Mengobatinya. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "5 Tanda - Tanda Ikan Koi Sakit dan Cara Mengobatinya"