Informasi Dimana Habitat asli Ikan Cupang

Info habitat ikan cupang

Jika Anda merupakan salah satu pecinta ikan cupang, maka mengetahui habitat ikan cupang merupakan sebuah hal yang tidak boleh Anda lewatkan. Dengan mengetahui habitatnya, maka Anda bisa memberikan perawatan terbaik untuk ikan cupang kesayangan Anda. Ikan cupang banyak sekali jenisnya, maka Anda bisa memeliharanya berdasarkan habitatnya.

Ikan cupang yang paling banyak dibudidayakan adalah jenis cupang laga. Di sisi lain, ikan cupang hias memiliki daya jual yang tinggi. Dengan demikian, maka tidak heran jika banyak yang memilih jenis cupang ini untuk dijual kembali. adapun mengenai habitatnya, langsung saja simak uraiannya berikut ini.

Habitat ikan cupang asli


Bagi orang Indonesia, sudah tidak asing lagi dengan namanya ikan cupang. Ikan satu ini merupakan ikan yang memiliki ukuran kecil, namun terbilang sangat galak. Anda semua tentu sudah sangat paham mengenai hal tersebut. Kemudian mengenai warnanya, ikan cupang satu ini hadir dengan warna yang beraneka ragam.

Ikan cupang merupakan jenis ikan yang hidup di perairan sungai yang dangkal , atau yang lebih dikenal dengan perairan yang dangkal, serta terlindungi dari sinar matahari. Ikan cupang merupakan jenis ikan yang tidak senang dengan cahaya matahari.

Dengan adanya hal tersebut, maka ikan cupang akan lebih senang tingggal di sela-sela tumpukkan tumbuhan air yang bisa melindunginya dari sinar matahari langsung. Ikan jenis ini dapat juga hidup meskipun dalam kondisi yang sedikit oksigen. Dengan mengetahui habitat ikan cupang, ketika Anda memelihara ikan ini di dalam toples kecil sekalipun, maka ikan cupang akan tetap bisa hidup.

Baca juga: Perbedaan Jenis Ikan Cupang Bagan dan Plakat

Habitat ikan cupang di alam bebas


Jika di alam bebeas. Ikan jenis ini mampu hidup menyendiri di dalam sebuah wilayah tertentu. Ikan cupang akan memberikan tanda mengenai kekuasaan wilayah mereka. Dengan demikian, ketika ada ikan cupang lain yang masuk ke wilayahnya, maka ikan cupang tersebut akan mengusirnya.

Jika ikan cupang pendatang tersebut masih tetap berani, maka bisa saja terjadi perkelahian diantara keduanya, bahkan sampai ada yang mati untuk bisa mendapatkan wilayahnya. Namun, hal tersebut biasanya akan terjadi untuk ikan cupang jantan. Dengan hal tersebut, ketika Anda memelihara ikan cupang, alangkah lebih baik jika tidak disatukan dengan jenis ikan lainnya.

Di sisi lain, ikan cupang betina tidak agresif seperti ikan cupang jantan. Dengan demikian maka ikan cupang betina bisa hidup berdampingan dengan jenis ikan lainnya. Akan tetapi, tetap saja jangan pernah Anda meletakkan ikan cupang jantan dan ikan cupang betina dalam satu wadah yang sama.
Kecuali ketika sedang masa pemijahan. Hal tersebut dikarenakan ikan cupang jantan bisa membunuh ikan cupang betina.

Baca juga: 5 Perbedaan Ikan Cupang dan Ikan Guppy

Lalu apa perbedaan ikan cupang jantan dengan ikan cupang betina?


Meskipun sama-sama ikan cupang, ternyata keduanya memiliki perbedaan. Adapun perbedaan antara ikan cupang jantan dengan ikan cupang betina adalah sebagai berikut:

  1. Ikan cupang jantan memiliki gerakan yang lebih lincah, serta lebih indah. Berbeda dengan ikan cupang betina yang memiliki gerakan lebih lamban dan lusuh.
  2. Pada bagian siripnya, ikan cupang jantang memiliki sirip yang lebih besar, serta lebih lebar. Sebaliknya, untuk ikan cupang betina memiliki ukuran sirip ekor yang terlihat lebih kecil dibandingkan dengan ikan cupang jantan.
  3. Kemudian mengenai ukurna perutnya, juga sangat nampak perbedaannya. Perlu Anda ketahui jika ikan cupang jantang memiliki ukuran perut yang langsing. Sangat berbeda dengan ikan cupang betina. Ikan cupang betina memiliki ukuran perut yang lebih berisi.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Cupang

Nah itu lah informasi tentang habitat ikan cupang. Semoga bermanfaat.

Labels: Ikan cupang

Thanks for reading Informasi Dimana Habitat asli Ikan Cupang. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Informasi Dimana Habitat asli Ikan Cupang"