Daftar Ikan Hias Air Tawar Terindah berikut Nama dan Gambarnya

Daftar Ikan Hias Air Tawar Terindah
Ikan Hias Air Tawar Terindah

Merawat ikan hias dengan media akuarium merupakan salah satu hobi yang akhir-akhir ini banyak diminati oleh banyak orang. Namun tidak hanya dijadikan hobi, banyak orang sengaja memelihara ikan hias untuk mengobati stress. Tak heran jika hobi memelihara ikan hias kini mulai banyak digemari masyarakat. Hobi tersebut dinilai mampu membuat pemiliknya merasakan kesenangan tersendiri.

Selain keunikan dan keindahan dari ikan hias, biaya perawatan yang mudah dan murah juga membuat banyak orang banyak mulai menggeluti hobi ini. Sebut saja arwana, guppy, molly, koi, hingga koki merupakan jenis ikan hias yang tak luput dari incaran para kolektor ikan hias. Simak beberapa jenis ikan air tawar terindah yang paling banyak diminati masyarakat berikut ini.

22 Jenis Ikan Hias Air Tawar Terindah



1. Ikan Hias Koi Jepang


Ikan hias air tawar terindah koi jepang
Gambar ikan koi jepang

Ikan koi seringkali memiliki makna filosofis di setiap daerah. Dalam budaya Jepang, ikan koi dianggap sebagai hewan yang mulia sehingga sangat dihormati. Menurut kepercayaan masyarakat Jepang, ikan koi mampu berenang di air terjun besar dengan berani. Tidak heran jika salah satu ikan hias air tawar termahal ini dianggap sebagai simbol kesuksesan karena merepresentasikan sifat pekerja keras.

Masyarakat seringkali memandang jenis ikan hias ini sebagi ikan yang biasa-biasa saja. Namun apabila anda jeli, ikan koi yang besar dengan corak yang unik bisa dibandrol dengan harga jutaan rupiah. Ikan jepang terlihat sangat indah ketika berenang karena sirip dan ekornya seakan terlihat menari-nari. Tak ayal jika ikan jenis ini merupakan satu dari sekian ikan hias air tawar terindah yang banyak diminati.

Baca juga: Ciri-ciri Ikan Koi Asli dari Jepang

2. Ikan Hias Guppy


Ikan hias air tawar guppy
Gambar ikan guppy

Ikan guppy merupakan salah satu ikan hias yang hidup di wilayah tropis. Saat ini ikan guppy menjadi populer dan terkenal dengan berbagai varian bentuk ekor dan warna yang dapat menyihir pecinta ikan hias.

Secara ilmiah ikan guppy memiliki nama Poecilia Reticuluta. Umumnya masyarakat sering menyebut jenis ikan ini sebagai ikan cere. Jikan ini sering ditemui di tempat yang tidak umum seperti selokan atau parit, namun hal ini sama sekali tidak mengurangi keindahan ikan ini jika diletakkan di akuarium. Ikan ini juga dikenal sebagai ikan liar sehingga sangat mudah untuk beradaptasi di segala kondisi.

Cek juga: Harga Ikan Guppy

3. Ikan Hias Kumpai


Ikan hias air tawar kumpai
Kumpai maruten kujaku

Ikan hias kumpai juga dikenal sebagai ikan hias air tawar terindah dikalangan pecinta ikan hias. Ikan indah ini memiliki bentuk sirip yang panjang dan terumbai ke belakang sehingga terlihat sangat indah ketika berenang-renang di dalam akuarium. Tak heran jika banyak orang mulai mengoleksi jenis ikan ini untuk diletakkan di kolam pekarangan rumah atau di akuarium.

4. Ikan Hias Oscar


Daftar Ikan hias air tawar terindah
Gambar ikan oscar

Pada umumnya ikan hias Oscar bersifat agresif sehingga kurang bersahabat jika disatukan dengan jenis ikan lain pada satu tempat yang sama. Meskipun digolongkan sebagai jenis ikan hias yang agresif, namun anda tidak perlu khawatir karena jenis ikan ini memiliki tampilan yang sangat menarik. Ikan Oscar akan terlihat begitu anggun ketika diletakkan pada wadah akuarium.

Ikan Oscar memiliki ciri-ciri fisik dengan bentuk gigi yang tajam dan cukup besar. Keunikan lain dari jenis ikan hias ini adalah karakternya yang cenderung agresif sehingga para kolektor ikan hias sangat tertarik untuk memeliharanya.

5. Ikan Hias Molly


Ikan hias molly air tawar terindah
Gambar ikan molly

Ikan molly memiliki nama latin Mollinesia sphenops yaitu jenis ikan hias air tawar bertubuh kecil dengan panjang maksimal mencapai 12 cm. Ikan jenis ini memiliki banyak keunggulan seperti mudah beradaptasi di lingkungannya, memiliki sifat omnivora yaitu pemakan segala, serta dapat hidup di manapun mulai dari kolam hingga akuarium.

Terdapat ciri fisik yang membedakan ikan molly dengan jenis ikan lainnya, yaitu warna hitam pada tubuhnya. Dengan kelebihan yang ada pada tubuhnya tersebut, maka jenis ikan ini tidak hanya dikenal sebagai ikan yang indah namun juga sangat mudah untuk dipelihara. Banyaknya kolektor ikan hias yang mulai memilih ikan molly untuk dikoleksi membuat permintaan jenis ikan ini juga meningkat.

6. Ikan Hias Silver Dollar


Ikan hias silver dollar
Gambar ikan silver dollar

Ikan ini umumnya terlihat seperti piranha kecil, namun sesuai dengan namanya, ikan jenis ini memiliki bentuk tubuh layaknya koin yang berwarna silver dan ukurannya bisa mencapai 15 cm. Banyak orang memelihara ikan silver dollar sebagai komoditi bisnis disamping juga karena keindahan corak dan warnanya yang cukup memikat. Tak heran jika ikan ini tergolong sebagai ikan hias air tawar terindah.

7. Ikan Vampire Tetra


Ikan predator air tawar vampire tetra
Gambar ikan vampire tetra

Ciri-ciri fisik dari vampire tetra juga sangat unik. Sesuai dengan nama yang disematkan padanya, Ikan ini memiliki sejumlah gigi yang tajam seperti layaknya vampire. Ikan vampire tetra memiliki usia yang tidak panjang. Sehingga bagi anda yang berniat untuk memelihara ikan ini, anda perlu memperhatikan beberapa hal seperti ketelitian yang tinggi serta perawatan yang intensif.

Jenis ikan lain yang banyak diminati oleh kolektor ikan hias karena agresivitasnya adalah ikan vampire tetra. Ukuran dari ikan ini memang tidak sebesar arwana, namun vampire tetra merupakan ikan hias air yang cukup banyak diminati karena sangat agresif layaknya arwana. Selain terkenal agresif, jenis ikan ini juga dikenal karena keindahannya.

8. Ikan Hias Rainbow


Ikan rainbow air tawar
Gambar ikan rainbow merah

Ikan hias lain yang juga dikenal indah adalah ikan hias rainbow. Sesuai dengan namanya, rainbow fish ini termasuk dalam famili Melanotaeniidae karena sering dijumpai berbentuk pipih dan memiliki sirip yang mengkilap. Namun terdapat beberapa jenis dari ikan rainbow yang berbentuk lebih pendek dan membulat atau membesar pada bagian perut layaknya Rainbow Ballon yang populer di pasaran.

9. Ikan Cupang


Ikan air tawar jenis cupang blue
Gambar jenis ikan cupang

Bagi sebagian besar anda, mungkin sudah tidak asing lagi dengan jenis ikan ini. Ikan cupang dikenal sebagai ikan aduan yang dikenal sangat agresif. Namun ikan ini banyak diburu oleh kolektor ikan hias karena keindahan warnanya.

Corak serta warna ikan cupang mampu menyihir siapapun yang melihatnya, tak heran jika jenis ikan ini masih saja memilki banyak penggemar. Bentuk ekor yang menawan merupakan daya tarik tersendiri bagi penggemarnya. Selain dikenal sebagai jenis ikan aduan, ikan cupang juga seringkali dikenal sebagai jenis ikan kontes. Tak heran jika ikan cupang dengan kualitas tinggi dapat bernilai hingga jutaan rupiah.

Baca juga: Budidaya Ikan Cupang

10. Ikan Mickey Mouse


Gambar ikan air tawar terindah Ikan Mickey Mouse
Gambar Ikan Mickey Mouse

Mungkin akan terdengar sedikit aneh ketika pertama kali mendengar nama ikan ini, namun faktanya ikan ini benar-benar ada. Ikan hias mickey mouse ini digolongkan dalam famili platty. Tidak jelas bagaimana sejarahnya, namun ada sebagian orang yang menganggap bentuk tubunya mirip dengan mickey mouse.

11. Ikan Hias Botia


Jenis ikan hias botia
Gambar ikan botia

Ikan hias jenis botia merupakan ikan hias akhir-akhir ini banyak diminati oleh pecinta ikan hias di Indonesia maupun mancanegara. Habitat asli dari botia berasal dari sungai yang memilki aliran arus deras dan lebih menyukai dengan cara hidup yang berkelompok.

Bagi anda yang berniat memeliharanya, disarankan untuk membuat arus buatan pada akuarium atau kolam. Anda juga perlu membeli minimal 4-6 ekor serta menyiapkan akuarium yang berukuran sedang atau lebih besar karena jenis ikan ini menyukai hidup berkelompok. Selain itu kita juga wajib memastikan bahwa suhu air bertemperatur 24-26C

12. Ikan Discus


Gambar jenis ikan discus
Gambar ikan discus

Mungkin sebagian masyarakat belum terlalu mengenal jenis ikan hias ini, namun tahukah anda bahwa ikan discus dikenal sebagai salah satu ikan hias air tawar terindah?. Ikan discus merupakan ikan hias air tawar dengan ciri-ciri corak warna yang indah dengan bentuk badan yang pipih. Sesuai dengan namanya, Ikan ini dinamai discus karena bentuk badannya yang pipih mirip dengan CD.

Cek juga: Harga Ikan Discus

Jenis ikan ini pada umumnya diminati karena corak warnanya yang sangat indah. Ikan discus memiliki berbagai warna antara lain merah, kuning, pink hijau dan warna-warna unik lainnya. Ikan discus untuk pasaran Indonesia memiliki harga yaitu berkisar antara Rp.50.000-Rp. 100.000. Ikan ini sangat diminati karena dinilai sangat menguntungkan disamping teknik budidayanya yang tergolong mudah.

13. Ikan Hias Stingray


Harga ikan Stingray termahal
Gambar Stingray black

Stingray merupakan sebangsa ikan pari yang juga dapat dikoleksi untuk dijadikan sebagai ikan hias yang juga dikenal sangat indah. Namun jenis ikan ini memiliki sedikit perbedaan dengan ikan pari pada umumnya.

Nama Polkadot stingray disematkan pada jenis ikan yang berasal dari sungai Amazon ini karena tubuhnya yang berwarna hitam dipenuhi lingkaran-lingkaran berwarna putih yang nampak seperti motif polkadot. Untuk memelihara satu ekor stingray, anda membutuhkan akuarium berukuran 180 galon.

Stringray memiliki sifat agresif sehingga untuk melindungi diri dari predator, di dalam tubuh ikan ini mengandung racun yang cukup mematikan. Polkadot stingray juga termasuk jenis ikan hias air tawar yang bernilai cukup mahal, terbukti pada sebuah kontes pameran ikan, jenis ikan ini dapat terjual dengan harga mencapai 1,4 milyar rupiah.

14. Ikan Louhan atau Flowerhorn


Gambar ikan louhan
Gambar ikan louhan

Ikan louhan atau flowerhorn adalah jenis ikan hias yang sudah lama terkenal di Indonesia dan sempat booming pada dua dekade terakhir ini. Mungkin anda tidak terlalu sulit untuk mengenali ciri-ciri fisik dari jenis ikan ini. Ikan ini memiliki bentuk kepala depan yang sedikit benjol yang menandai ciri khas serta daya tarik tersendiri dibandingkan dengan jenis ikan hias lainnya.

Harga ikan louhan cukup bervariasi tergantung dari keunikan serta corak warna yang dimilikinya. Namun Ikan louhan dapat digolongkan sebagai ikan hias air tawar termahal khususnya di Indonesia karena keindahannya sehingga dapat bernilai 50 juta rupiah per ekornya.

15. Ikan Hias Niassa


Ikan Hias Niassa
Ikan Hias Niassa

Kebanyakan orang mungkin jarang mendengar nama ikan ini. Namun semakin hari semakin banyak orang mulai menggemari ikan niassa. Niassa adalah ikan hias karnivora karena makanannya adalah daging. Ikan hias niassa akan dapat bertahan hidup lama apabila anda dapat menjaganya dengan membuat temperatur airnya tetap dalam keadaan ideal serta menerapkan penerapan yang baik.

16. Ikan Red Phantom Tetra


Gambar Ikan hias Red Phantom Tetra
Ikan Red Phantom Tetra

Red phantom tetra memiliki ciri-ciri fisik seperti adanya titik hitam bundar pada bagian belakang insang serta tanda hitam pada sirip atas yang berbatasan dengan warna putih halus. Karakteristik tersebut membuat jenis ikan ini sangat diminati oleh para pecinta ikan hias. Ikan ini merupakan spesies dari tetra yang seringkali ditemukan di kawasan aliran air Sungai Orinoco Amerika Selatan.

17. Ikan Paradise Fish


Gambar Ikan Paradise Fish
Gambar Ikan Paradise Fish

Paradise fish memiliki nama latin yaitu Macropodus opercularis. Umumnya ikan ini ditemukan di wilayah Cina. Paradise fish memilki keindahan layaknya surge sehingga banyak diminati oleh para pecinta ikan hias. Karakteristiknya yaitu terdapat garis warna merah dan biru berselang-seling pada tubuhnya sehingga membuat jenis ikan ini terlihat begitu elok dan indah.

Ciri-ciri lainnya yaitu sirip yang panjang dan berwarna biru terletak di bagian punggung. Sedangkan sirip yang berada di perut berpangkal biru dan warna merah pada ujungnya. Umumnya, ikan hias jenis ini memiliki panjang mencapai 7,5 cm ini saat ini telah banyak berkembang dengan berbagai macam variasi warna diantaranya biru, cokelat dan albino.

Paradise fish termasuk salah satu dari spesies yang beradaptasi dengan mengubah warnanya saat menghadapi rangsangan, biasanya merubah warna dari terang ke gelap. Namun saat ini populas dari jenis ikan ini mulai mengalami penurunan dalam beberapa tahun terakhir.

18. Ikan Arwana


Gambar arwana super red
Arwana super red

Siapa yang tidak tahu dengan popularitas ikan yang juga indah ini? Warna yang unik, corak yang indah, perawatan yang tidak rumit serta daya tahan tubuh yang kuat menjadikan jenis ikan ini banyak diminati. Banyak varian jenis ikan arwana, namun yang paling sering menjadi bahan pembicaraan karena mahalnya ikan ini adalah jenis arwana super red.

Ikan arwana juga dikenal sebagai ikan hias yang bernilai tinggi. Jenis silver arwana merupakan jenis arwana yang memiliki harga paling murah, sementara jenis arwana termahal adalah red albino yang dapat terjual hingga 1 milyar rupiah.

Lihat juga: Ikan Hias Air Tawar Termahal

19. Ikan Endlers Livebearer


Gambar Ikan Endlers Livebearer
Gambar Ikan Endlers Livebearer

Ikan Endlers Livebearer mungkin sangat jarang anda temui, termasuk di toko-toko atau pusat penjualan ikan hias sekalipun. Jenis ikan ini merupakan jenis ikan yang langka sehingga anda hanya dapat menemukan ikan ini di pusat penjualan ikan khusus penggemar endlers. Karakteristik fisik ikan endlers tidak jauh berberda dengan ikan guppy.

Ikan endlers juga dikenal sebagai ikan yang memilki keindahan warna dan corak yang sangat cantik. Warna yang menghiasi tubuh mereka ialah neon dengan gradasi warna orange, kuning, hitam, hijau juga baby blue. Endlers sangat mudah beradaptasi dengan ekosistem akuarium karena ukuran tubuhnya yang kecil dan sifatnya yang ramah dan jinak.

20. Ikan Koi


Jenis ikan koi lokal
Jenis ikan koi lokal

Ikan koi termasuk ke dalam salah satu jenis ikan hias yang banyak digemari oleh masyarakat. Koi merupakan keturunan dari ikan karper hitam yang akan memberikan keturunan yang memiliki warna-warna menarik. Ikan ini memiliki ciri-ciri bentuk tubuh sedikit pipih dan memanjang, memiliki dua sungut yang unik dan berfungsi sebagai indra penciuman untuk mencari makanan di daerah berlumpur.

21. Ikan Manfish


Gambar Ikan Manfish
Ikan manfish

Ikan manfish tergolong dalam famili Chiclidae. Ikan ini juga sering disebut sebagai angel fish karena warnanya yang elegan dan bentuknya yang menarik menyerupai malaikat. Gerakan ikan ini juga cukup unik dengan gerakan yang kalem dan tenang sehingga terlihat seperti melayang-layang di air. Bentuknya juga terlihat seperti anak panah dan memiliki warna yang beragam.

22. Ikan Buaya Spatula


Gambar Ikan Buaya Spatula
Buaya Spatula

Ikan yang memiliki nama latin Atractosteus ini seringkali juga disebut sebagai aligator gar. Meskipun tergolong sebagai ikan primitive, Ikan buaya spatula masih dapat kita jumpai keberadaannya hingga sampai saat ini. Keunikan lain dari jenis ikan ini yaitu bentuk kepalanya yang menyerupai buaya sehingga dapat menjelaskan bahwa jenis ikan ini termasuk jenis ikan predator.

Karakteristik lain yang menonjol dari ikan ini yaitu ada pada bagian moncong yang terlihat pendek, besar dan kokoh serta rahang atas yang ditumbuhi gigi-gigi besar berbaris ganda. Umumnya, warna dari ikan buaya spatula berwarna hitam, namun anda dapat menjumpai jenis ikan ini dengan warna kecoklatan di pasaran akibat proses persilangan.

Terdapat banyak jenis ikan hias yang saat ini dengan mudah dapat anda temui. Selain dijadikan hobi, mengoleksi ikan hias juga dinilai memiliki manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah mengurangi tingkat stress.

Jenis-jenis ikan hias yang telah diuraikan diatas merupakan jenis ikan hias air tawar yang cukup populer serta dapat anda jadikan refrensi dalam memilih ikan hias untuk dipelihara.

Labels: Ikan hias air tawar

Thanks for reading Daftar Ikan Hias Air Tawar Terindah berikut Nama dan Gambarnya. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Daftar Ikan Hias Air Tawar Terindah berikut Nama dan Gambarnya"