Jenis-jenis Penyakit Ikan Mas Koki dan Cara Pengobatannya

Beberapa jenis penyakit ikan mas koki serta cara penyembuhannya

Penting sekali untuk kita tahu bersama, bahwa sebenarnya jenis ikan Mas Koki satu bukan termasuk jenis ikan lemah, tetapi tidak berarti jenis ikan tersebut bisa kebal terhadap berbagai macam penyakit. Biasanya karena kesalahan dalam perawatan, khususnya untuk masalah air pada akhirnya penyebabkan ikan Mas Koki ini alami berbagai macam penyakit, bahkan buruknya lagi bisa menyebabkan ikan tersebut alami kematian. Maka dari itu penting sekali bagi pemilik ikan Mas Koki tersebut agar lebih memperhatikan pengaturan air yang tepat, misalnya saja dengan penggunaan filter yang akan membuat suasana aquarium jadi bersih dan nyaman bagi ikan Mas Koki.

Berikut ini akan kami informasikan kepada Anda tentang beberapa jenis penyakit ikan Mas Koki yang dianggap paling sering menghidap ikan hias dengan jenis tersebut, lengkap dengan cara pengobatannya. Penasaran? Langsung saja simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Mas Koki

Jenis Penyakit Ikan Mas Koki dan Cara Pengobatannya


1. Ichtyopthirius atau ICH


Ini adalah parasit yang biasanya menyerang serta melekat di bagian tubuh ikan Mas Koki pada saat sedang stress. Untuk mengantisipasinya, Anda harus menjaga kualitas air aquarium agar tetap bagus. Tetapi demikian, apabila ikan Mas Koki Anda terserang jenis penyakit tersebut, maka Anda bisa mengobatinya dengan cara menaikkan temperatur air di dalam aquarium ke suhu 30 derajat celcius, jika Anda menggunakan Malachite Green, maka pastikan aquarium tetap gelap dan terlindungi dari cahaya, lanjutkan dengan melakukan perawatan secara konstan, seperti sampai penyakit ini tidak lagi menempel di tubuh ikan Mas Koki, biasanya butuh waktu sekitar 3 – 6 hari.

2. Busuk sirip


Ini adalah jenis penyakit yang biasanya muncul karena infeksi bakteri jahat yang menyerang pada saat ikan Mas Koki dalam keadaan kurang sehat. Penyakit tersebut biasanya ditandai dengan munculnya warna putih di bagian tepi sirip, ekor, dan tubuh ikan Mas Koki. Hal tersebut karena beberapa faktor, seperti ikan Mas Koki stress, bagian tubuh terluka, dan terinfeksi.

Untuk mengobati masalah ini Anda bisa memindahkan ikan Mas Koki tersebut ke tempat karantina apabila memungkinkan. Lalu gunakan obat antibiotik dengan spektrum luas seperti Myxazin atau Maracyn. Selain itu Anda juga bisa menggunakan larutan garam untuk mengobati penyakit busuk sirip pada ikan Mas Koki. Untuk pemulihan pada jaringan siripnya bisa dibantu dengan menggunakan Melafix.

3. Cacing di tubuh dan insang ikan Mas Koki


Ciri – ciri ikan Mas Koki yang terjangkit cacing parasit adalah selaput lendir yang berlebihan, sirip mengatup dan terhimpit, tubuh yang agak kejang, dan mata yang suka berkedip. Cacing insang hidup di dalam insang ikan Mas Koki dan bertelur di dalam air, sementara itu cacing tubuh hidup di tubuh ikan Mas Koki dan sekaligus berkembangbiak di sana. Anda bisa mengobati penyakit satu ini dengan memberikan Potassium Permanganate, Fluketabs, Droncit, Formalin, Healthguard, dan Quick Cure.

Pengobatan penyakit ini pastinya perlu dilakukan secara berulang – ulang, karena telur atau pun larva cacing kemungkinan besar masih ada di dalam air walaupun pada tahapan pengobatan pertama induk cacingnya berhasil dibasmi.

Baca juga: Tips Cara Memelihara Ikan Mas Koki

4. Dropsy


Ini adalah jenis penyakit yang biasanya disebabkan oleh infeksi organ di dalam ikan Mas Koki oleh bakteri. Singkatnya, penyakit tersebut merupakan penyakit komplikasi pada ikan Mas Koki. Umumnya apabila terserang penyakit ini ikan Mas Koki tidak akan bisa hidup lebih lama lagi. Ikan Mas Koki yang terserang penyakit ini biasanya tubuhnya akan membengkak, sisiknya terbuka dan terlihat mengelupas, muncul warna kemerahan di bagian tubuh atau insang, muncul borok di tubuh ikan Mas Koki, dan kotoran yang menguntai panjang.

Untuk mengobati Dropsy pada ikan Mas Koki Anda perlu memindahkan ikan tersebut ke tempat karantina dan menjaga kualitas airnya dengan baik. Silakan gunakan obat antibiotik spektrum luas, seperti Maracyn 2, Myxazin, dan Mediagold. Dalam level rendah, larutan garam mungkin juga bisa membantu proses penyembuhan.

5. Kutu jarum


Kutu jarum ini hanya akan diam di satu tempat, dimana kutu tersebut melekat, sehingga dapat dilihat secara kasat mata. Kutu jarum ini adalah jenis parasit yang biasanya menyerang bukan karena ikan Mas Koki tersebut sedang stress, akan tetapi kutu jarum ini bisa saja terbawa dari ikan yang baru dan belum dikarantina, atau bahkan dari telur maupun tanaman air lainnya. Untuk mengobati masalah kutu jarum pada ikan Mas Koki Anda perlu menyingkirkan kutu jarumnya tersebut dengan menggunakan pinset.

Tubuh ikan Mas Koki yang terluka karena sengatan kutu jarum bisa diberikan Hidrogen Peroksida atau Yodium dengan menggunakan kapas usapan. Sementara itu untuk perawatan hariannya Anda bisa menggunakan krim Neosporin. Apabila semua kolam sudah terjangkit penyakit ini, maka langkah tambahan yang harus Anda lakukan adalah dengan menggunakan obat – obatan seperti Dimilin atau Anchors Away dan Diflubenzuron.

Baca juga: Tips Memelihara Ikan Mas Koki Mutiara

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang jenis penyakit ikan Mas Koki dan cara pengobatannya. Semoga bermanfaat.

Labels: Ikan mas koki

Thanks for reading Jenis-jenis Penyakit Ikan Mas Koki dan Cara Pengobatannya. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Jenis-jenis Penyakit Ikan Mas Koki dan Cara Pengobatannya"