Khasiat Daun Ketapang Untuk Ikan Arwana dan Cupang

Khasiat dan manfaat daun ketapang untuk ikan hias, arwana dan cupang
Gambar daun ketapang

Pohon Ketapang ini biasanya dapat kita temui di pinggir- pingir jalan atau di taman. Habitat asli pohon ketapang adalah di pesisir pantai. Bentuk pohonnya tinggi menjulang disertai dahan-dahan melebar, dengan daun yang sangat rindang. Memiliki sebutan nama latin Terminalia Catappa, ternyata khasiat daun ketapang untuk ikan hias sangat banyak.

Khasiat Daun Ketapang Untuk Ikan Hias sangatlah banyak, dan pastinya dengan tanaman alami ini bisa sangat berguna untuk anda pembudidaya ikan hias. Pohon Ketapang di kenal menghasilkan satu toksin yang berasal dari daun- daunnya, toksin tersebut dapat menjaga daun ketapang dari gangguan serangga dan juga parasit.

Kelebihan Daun Ketapang


Daun-daun Ketapang yang telah kering ketika jatuh ke sungai, akan membuat air sungai jadi berwarna cokelat kuat. Larutan daun tersebut dipenuhi dengan asam organik seperti tannin dan juga humic. Asam Organik tersebut dapat menurunkan pH air, dan juga dapat menyerap bahan-bahan kimia berbahaya. Tentunya apabila dimasukkan ke dalam akuarium, akan menimbulkan keadaan air yang nyaman untuk ikan hias anda.

Namun ada baiknya daun ketapang yang akan anda gunakan, haruslah anda proses terlebih dahulu sebelum anda gunakan. Karena daun yang awalnya berada di alam liar, masih terdapat kotoran dan juga rawan terbawa penyakit. Jangan sampai anda mencabut daun ketapang yang masih di atas pohon, atau mengambil daun yang sudah kering dan terjatuh di tanah, tanpa mencuci nya terlebih dahulu.

Dengan mengolah daun ketapang anda bisa langsung menggunakannya pada ikan hias anda, karena daun ketapang yang sudah di olah telah terjamin kadar manfaatnya dan mengandung banyak khasiat untuk perawatan ikan hias anda. Daun ketapang telah banyak digunakan untuk ikan hias, seperti ikan arwana sampai ikan cupang.

beberapa Manfaat Daun Ketapang Untuk Ikan Arwana dan Ikan Cupang:


1. Khasiat Daun Ketapang untuk Menyembuhkan Luka

Sejatinya sudah lama daun ketapang dipakai untuk berbagai kegunaan pada ikan-ikan hias, terutama pada ikan cupang dan arwana. Khasiat yang paling utama adalah untuk menyembuhkan luka pada ikan cupang aduan. Perkelahian antara ikan cupang aduan jantan, tentu akan menimbulkan luka dari luka yang biasa saja, sampai dengan luka yang sangat serius.

Untuk pemijahan, biasanya ikan cupang aduan betina juga bisa mengalami luka- luka serius ketika dihajar oleh pejantan cupang aduan lainnya. Ikan cupang yang terluka dapat disembuhkan dengan cepat, dengan cara menambahkan air olahan Daun Ketapang. Cara ini benar-benar telah terbukti berkhasiat di kalangan para pencinta ikan cupang dan juga ikan hias lainnya.

2. Membantu Membasmi Penyakit

Jika ikan hias anda terinfeksi oleh jamur atau bakteri, maka dengan cara menambahkan air olahan daun ketapang, akan membuat ikan hias anda cepat sembuh. Karena daun ketapang juga dapat mencegah adanya bakteri ataupun jamur pada air ataupun pada ikan, dan membuat air menjadi lebih higienis dan juga sehat.

3. Menurunkan pH Air

Pada umumnya, untuk pemberian daun ketapang pada ikan hias di akuarium atau wadah lainnya tentu dapat menurunkan pH air. Tapi jika terlalu banyak memasukkan daun ketapang kering ke dalam air bisa membuat kadar pH makin rendah. Jadi sesuaikan saja pemakaian daun ketapang agar memberi dampak yang maksimal pada perawatan ikan hias.

Untuk ikan hias atau ikan cupang, pH air yang biasanya sesuai agar ikan hias hidup dengan baik adalah berkisar 6.1 ~ 6.9. Dengan menambahkan air olahan daun ketapang, secara alami dapat menurunkan kadar pH air yang terlampau tinggi hingga bisa berubah dengan alami menjadi stabil dan lebih jernih.

4. Menyerap Racun pada Air

Ikan Hias yang terlihat sehat ternyata bisa mati mendadak, karena penggunaan air yang kurang sehat pada wadah atau akuarium. Jarang mengganti air dapat menimbulkan berbagai macam bakteri hingga jamur. Dengan memasukkan olahan daun ketapang, racun apapun dapat diserap dan air dapat berubah menjadi bersih kembali dan lebih aman, higienis dari sebelumnya.

Mendeteksi air yang beracun serta mengandung logam berat tentu tidaklah mudah. Anda diharuskan memiliki berbagai peralatan yang dapat mendeteksi air. Dengan menggunakan air daun ketapang yang dapat dicampurkan pada air tempat hidup ikan cupang, tentunya dapat membuat kadar racun menurun dan menghilang dengan sendirinya.

5. Mengurangi Stres Pada Ikan dan Membuat Sisik Ikan Semakin Bersinar

Kandungan Tannin yang terdapat pada daun ketapang, dapat mengurangi stress pada ikan hias anda. Dengan menggunakan tannin pada ikan hias, juga dapat membuat sisik ikan hias menjadi lebih bersinar dan indah. Kadar Tannin juga dapat merangsang perubahan warna pada ikan, khususnya pada ikan arwana dan ikan cupang.

Beberapa Khasiat Daun Ketapang Untuk Ikan Hias memang harus anda perhatikan. Akan tetapi khasiat yang utama dari Daun Ketapang adalah untuk penyembuhan dan juga perawatan. Gunakanlah daun ketapang secukupnya dan sesuai dengan kebutuhan ikan hias anda. Agar terhindar dari hal-hal yang tentu tidak diinginkan.

Labels: Daun ketapang

Thanks for reading Khasiat Daun Ketapang Untuk Ikan Arwana dan Cupang. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Khasiat Daun Ketapang Untuk Ikan Arwana dan Cupang"