4 Cara Mudah Memelihara Ikan Cupang Hias Untuk Kontes

Cara Memelihara Ikan Cupang Hias Untuk Kontes
Gambar ikan cupang hias

Agar dapat mencetak cupang hias menjadi juara kontes, tentu saja seluruhnya bergantung pada cara memelihara ikan cupang hias untuk kontes. Karena pada saat penyeleksian atau pemilihan akan sangat diperhatikan dengan teliti dan sangat ketat. Jika perawatan yang anda lakukan tidak sesuai dengan standar perawatan, maka peluang anda sangat kecil untuk dapat memenangkan suatu kontes cupang hias.

Oleh karena itu, dalam hal perawatan cupang hias anda harus memperhatikan berbagai sarana yang nantinya dapat sesuai dengan segala kebutuhan hidup cupang hias. Umumnya, cara memelihara ikan cupang hias untuk kontes terbilang mudah, yaitu ada Sarana utama yaitu sarana yang mutlak dalam cara pemeliharaan cupang hias, lalu sarana pendukung yaitu cara pemeliharaan dengan berbagai bahan tambahan untuk cupang hias.

Sarana Dan Cara Memelihara Ikan Cupang Hias Untuk Kontes


Untuk Air dan pakan yang disediakan haruslah sesuai dengan yang dibutuhkan cupang hias. Wadah ataupun akuarium yang dipakai haruslah juga sesuai dengan kebutuhan cupang hias. Ukuran wadah untuk perawatan induk dan anakan dibedakan dengan kebutuhan masing-masing.

Untuk sarana pendukung, bahan yang diperlukan untuk usaha perawatan tersebut antara lain, obat-obatan untuk mencegah berbagai penyakit, ada juga alat pembersih yang dapat digunakan untuk selalu menjaga kualitas air yang sesuai dengan syarat hidup pemeliharaan cupang hias.

Jika sarana utama dan pendukung telah terpenuhi, anda harus memperlakukan cupang hias dengan sebaik mungkin, perawatan secara khusus yang memang perlu harus bisa diupayakan agar cara merawat cupang hias kontes untuk menjadi juara dapat dicapai.

Berikut cara memelihara cupang hias untuk kontes:


Gambar ikan cupang hias jenis lapender red
Ikan cupang lapender red

1. Kualitas Air


Air merupakan sarana paling berpengaruh dalam cara memelihara ikan hias. Kualitas air haruslah sesuai dengan syarat hidup cupang hias. Karena dapat mempengaruhi pertumbuhan dan juga perkembangan cupang hias yang anda pelihara untuk kontes. Selain itu, faktor yang dapat mempengaruhi suatu kualitas air untuk media perawatan cupang hias, yaitu derajat keasaman (pH), kesadahan, kandungan amonia dan nitrit, dan yang terakhir adalah oksigen.

2. Derajat Keasaman (pH) dan Kesadahan


Umumnya besarnya pH air yang digunakan untuk media perawatan cupang hias kontes harus disesuaikan pada habitat asalnya, antara 6,2 - 7. Besar pH tersebut hampir semuanya dipenuhi oleh air yang berada di Indonesia, pada umumnya pH 5,2 - 6,8. Kesadahan air ini didefinisikan oleh banyaknya kandungan mineral di dalam air, seperti terdapat kandungan kalsium, kapur (Ca), seng (zn), magnesium (Mg), dan juga mangan (Mn). Pada habitat asalnya, cupang hias cocok berkembang dalam kondisi air yang mempunyai kadar kesadahan 8 – 10 derajat dH.

Baca juga: Jenis Penyakit Ikan Cupang dan Tips Cara Mengobatinya

3. Amonia dan Nitrit


Secara kimia, amonia terdiri dari dua jenis bentuk, yakni ionized ammonia (IA) atau NH 4+ dan juga unionized ammonia (UIA) atau NH. Kadar UIA yang tinggi akan mengakibatkan ikan mabuk bahkan sampai keracunan. Sebaliknya, jika kadar IA rendah, daya racunnya malah semakin kuat.  Untuk mengurangi kadar amonia dan juga nitrit, dapat dilakukan dengan cara mengganti air lebih sering, memberi aerasi, yang nantinya dapat menyebabkan penguapan, atau reaksi kimia yang terjadi karena oksigen.

4. Oksigen Terlarut


Oksigen (O2) adalah unsur yang sangat penting. Oleh karena itu, umumnya kadar oksigen yang terlarut dalam kolam atau pun akuarium yang memiliki banyak lumut hijau atau ganggang, terlihat besar pada waktu siang hari jika dibandingkan dengan waktu di malam hari. Oksigen yang terlarut dalam air yang melalui proses yang disebut difusi atau persinggungan udara.

Cupang hias dikenal mempunyai daya tahan yang sangat baik pada rendahnya kadar oksigen yang terlarut dalam air. Pada kondisi air yang mempunyai kadar oksigen terlarut 3 mg/l, cupang hias masih bisa hidup dengan baik.

Kesimpulan Cara Merawat Cupang Hias Kontes
Meski begitu, jika kandungan oksigen larut dalam jumlah yang cukup besar akan berpengaruh pada perkembangan dan juga pertumbuhan cupang hias. Kandungan oksigen yang larut terlalu banyak bisa mengakibatkan menurunnya nafsu makan cupang hias, sirip akan terlambat berkembang secara sempurna, dan bentuk tubuh cupang hias menjadi tidak proporsional.

Oleh karena itu, penting sekali untuk selalu menjaga kadar oksigen yang larut ke dalam air, dan disarankan media yang jadi perawatannya di atas 5 mg/l. Besar atau kecilnya kadar oksigen yang larut dapat anda ketahui dengan cara pengukuran memakai DO meter atau juga oksigen kit. Ini adalah salah-satu langkah yang baik dalam perawatan cupang hias kontes. Dengan kriteria tertentu yang tentunya ber- SNI (Standar Nasional Indonesia).

Baca juga: Panduan Budidaya Ikan Cupang

Dengan perawatan cupang hias di atas, sangat memungkinkan cupang hias kontes anda dapat menjadi cupang hias yang indah dan menawan, dan tentu saja menjadi juara pada kontes ikan hias yang anda ikuti. Oleh karena itu kita harus pandai - pandai mengetahui cara memelihara ikan cupang hias untuk kontes yang baik dan sesuai dengan prosedur.

Labels: Ikan cupang

Thanks for reading 4 Cara Mudah Memelihara Ikan Cupang Hias Untuk Kontes. Please share this article.

Share:

1 Komentar untuk "4 Cara Mudah Memelihara Ikan Cupang Hias Untuk Kontes"

Pantas saja dirumah beberapakali pelihara ikan cupang selalu ngga bertahan hidup lama ..., ternyata airnya pun perlu adanya oksigen terlarut.
Selama ini cuma diwadahin di botol kemasan selai.

Thanks infonya, mas.