6 Cara Merawat Ikan Discus Tanpa Heater

Gambar ikan discus, tips merawat tanpa heater

Diskus umumnya tidak bisa dipelihara tanpa menggunakan heater, namun bisa saja Diskus dipelihara tanpa menggunakan heater. Sama halnya dengan ikan hias yang lain, Diskus membutuhkan suatu kondisi air yang memiliki pH yang seimbang. Dan cara merawat ikan discus tanpa heater memang tidaklah mudah.

Heater sendiri biasanya digunakan untuk meningkatkan suhu air atau juga menghangatkan kondisi air pada akuarium. Dan bisa menjaga suhu air dalam akuarium agar tetap stabil meski pada musim hujan. Namun siapa sangka Diskus bisa hidup di akuarium atau wadah lainnya tanpa heater.

Apakah Bisa Merawat Ikan Diskus Tanpa Heater?


Diskus merupakan ikan yang tergolong sensitif pada perubahan suhu yang drastis. Oleh karena itu, selalu sediakan heater ini untuk berjaga- jaga jika ikan Diskus anda mulai terkena penyakit. Dan juga selalu perhatikan perilaku ikan Diskus anda, jika ada perubahan perilaku, segera pasang Heater ini agar menjaga suhu air kembali menjadi lebih stabil.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Discus

Berikut ini adalah beberapa info Cara Merawat Ikan Diskus Tanpa Heater


Gambar ikan discus red marlboro

  1. Dengan menggunakan pencahayaan yang sesuai dengan kondisi akuarium pada ikan Discus, jika waktu siang hari ganti lampu dengan yang sedikit redup. Di malam hari, gunakan kembali lampu yang terang sesuai dengan kondisi ruangan.
  2. Kemudian jangan lupa perhatikan suhu akuarium yang optimal untuk merawat diskus tanpa heater adalah sekitar 81 ° F - 87 ° F (27 ° C-30 ° C) kurang-lebih. Kemudian perlu diperhatikan untuk suhu air yang telalu tinggi bisa beresiko menurunkan kadar oksigen di dalam air akuarium. Oleh karena itu, gunakan lampu yang tidak terlalu terang dan tidak terlalu redup.
  3. pH air yang ideal untuk diskus yaitu sekitar 5,9. Kalau kadar pH air bisa lebih dari 6.5 atau hanya di bawah 5.9 tentu dapat menyebabkan diskus mudah stres. Spesies ikan Diskus sudah dikenal dapat berkembang dengan baik di pH setinggi 7,6. Jadi usahakan pH air untuk ikan diskus setinggi 7,5 agar diskus dapat berkembang dengan lebih baik walau tanpa Heater.
  4. Ikan Diskus juga bisa peka terhadap kadar amonia. Kemudian terlihat ada perubahan warna dan juga napas menjadi berat jika terdapat kadar amonia. Perubahan air harus segera dilakukan. Agar ikan Diskus tumbuh dengan sehat, anda setidaknya harus rutin mengganti air akuarium seminggu sekali. Untuk mengurangi suatu kadar nitrat dan pastinya mengisi penuh mineral.
  5. Diskus adalah spesies yang berasal dari sungai amazon, akan terasa seperti di rumah jika anda menambahkan tanaman-tanaman hias ke dalam akuarium, dan juga dengan menambahkan batang-batang tanaman kecil serta bebatuan, lumut dan juga pasir.
  6. Selalu perhatikan pencahayaan pada waktu siang dan malam agar air pada akuarium tetap terjaga suhu hangatnya, karena merawat ikan diskus tanpa heater adalah buka hal mudah. Cara merawat ikan diskus di atas adalah salah- satu penunjang untuk berhasilnya merawat ikan diskus tanpa heater. Karena tidak jarang ikan diskus bisa cepat mati karena tidak memakai heater pada akuarium.

Baca juga: Jenis Penyakit Ikan Discus

Akan tetapi karena discus berasal dari sungai amazon, yang awalnya dari alam luar maka tidak ada yang tidak mungkin jika merawat ikan discus tanpa heater akan berjalan dengan baik dan mudah, seperti halnya merawat ikan hias lain. Tidak sedikit pencinta diskus yang percaya ini adalah salah satu cara merawat ikan diskus tanpa heater.

Labels: Ikan discus

Thanks for reading 6 Cara Merawat Ikan Discus Tanpa Heater. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "6 Cara Merawat Ikan Discus Tanpa Heater"