Informasi Tentang Proses Mutasi Ikan Louhan

Informasi mutasi ikan louhan menjadi louhan gb
Gambar mutasi ikan louhan

Proses mutasi adalah sebuah proses mekanisme perubahan warna terhadap ikan louhan. Sebut saja Ikan Louhan Golden Base, merupakan jenis ikan louhan yang warnanya dapat memudar. Ikan louhan Golden Base pada waktu tertentu akan kehilangan keseluruhan warnanya dan berubah warna menjadi hitam pekat. Maka info tentang proses mutasi ikan louhan sangat penting bagi anda.

Lalu warna hitam tersebut mulai memucat dan memudar, sampai akhirnya ikan louhan Golden Base pun berubah warna menjadi warna merah atau kuning. Proses ini disebut sebagai "mutasi". Jenis ikan louhan yang telah mengalami mutasi, disebut louhan Golden Base (GB).

Proses Mutasi Ikan Louhan


Secara ilmiah proses perubahan warna tersebut dinamakan Amelanism. Amelanism adalah sebuah kelainan pigmentasi yang ditandai dengan berkurangnya suatu pigmen yang juga disebut melanins (pigmen hitam) dan bisa mempengaruhi jenis hewan lain seperti reptil, amfibi, ikan jenis lain dll.

Kemunculan ikan amelanistic yang seperti fader/mutasi ini seluruhnya bergantung pada jenis pigmen non-melanin yang memang tersisa. Maka dengan istilah lain ikan-ikan itu telah mengalami sebuah proses pada pigmentasi warna mereka. Ikan louhan bermutasi seperti halnya ikan Red Devil atau Midas Ciclid, karena memang sudah pada genetik ikan louhan itu sendiri.

Louhan tersebut hasil kawin silang dengan jenis cichlid dari benua Amerika atau biasa disebut American Cichlid. Kemudian gen yang diturunkan dapat memiliki sifat seperti gen yang berasal dari indukannya. Maka dari itu ikan louhan yang mengalami proses mutasi besar kemungkinan hasil dari bapak atau ibu atau mungkin saja buyutnya yaitu si ikan Red Devil atau ikan Midas Cichlid.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Louhan

Info Tentang Proses Mutasi Ikan Louhan Red Devil


Ikan Red Devil Cichlid atau Midas Cichlid adalah nenek moyangnya ikan louhan. Ikan Red Devil ini termasuk ikan yang super agresif sama seperti keturunannya ikan louhan.

Ikan Midas yang hidup di Nicaragua, ditemukan juga bermutasi sangat banyak di sungai Masaya yang agak dalam dan berair keruh. Sementara itu, ikan yang bermutasi dalam Sungai Apoyo yang berair jernih tidak banyak ditemukan ikan dengan mutasi yang sempurna dan banyak ikan yang memang menyisakan marking dan bercak hitam.

Ikan louhan yang memang masih berukuran sangat kecil dan bermutasi, besar kemungkinan akan lebih cepat dalam proses mutasinya. Di dalam alam liar, mutasi hanya akan terjadi pada 10% ikan jenis red devil dari seluruh populasi di dunia.

Selama dalam proses mutasi louhan GB akan menjadi bersih, tentu saja tidak dapat ditentukan dan kadang hanya terjadi sebentar dalam proses hitungan hari, tetapi kadang pula berlangsung sampai beberapa bulan. Dalam proses mutasi tersebut mutiara louhan akan menjadi taruhannya, kemungkinan mutiara tersebut akan rontok akan menjadi rontok, tapi kemungkinan ada pula yang bertahan.

Ikan louhan yang bermutasi menjadi bersih dan mutiaranya dapat dipertahankan itulah yang diharapkan oleh semua pemilik ikan louhan GB. Sehingga bagi anda yang hobi mengoleksi Louhan, kami harap info tentang proses mutasi ikan louhan membantu anda.

Baca juga: Jenis Penyakit Ikan Louhan dan Cara Menyembukannya

Tips Mempercepat Mutasi Ikan Louhan


  1. Sebagian pembudi daya ikan louhan menyarankan agar sedikit menaikkan tingkat PH. Akan tetapi sebagian lagi malah menyarankan agar sebisa mungkin menurunkan PH tentunya dengan sedikit daun ketapang kering
  2. Pada saat proses mutasi berlangsung sebisa mungkin air dalam akuarium, botol ataupun ember jangan dulu diganti. Akan tetapi memang anda harus menjaga kualitas air agar tetap bersih. Dengan cara sering mengganti kapas filter dan menggunakan mineral khusus untuk dapat menjaga kualitas kejernihan air.
  3. Gunakanlah jenis pakan ikan yang alami dan hindari pakan ikan yang menggunakan kandungan bahan spirulina dan juga caropil saat mutasi memang sedang berlangsung. Pemberian bahan spirulina malah akan merubah warna hitam yang tadinya sudah bersih malah akan kembali berubah dan muncul bercak hitam kepada ikan louhan yang sedang proses mutasi jadi berubah pekat dan akan memperlambat proses mutasi.
  4. Akan tetapi dilain sisi pemberian bahan sprulina akan bisa membuat mutiara pada ikan calon Golden Base menjadi berubah semakin baik. Untuk menjaga proses mutasi agar lebih aman, disarankan untuk memberi bahan spirulina secukupnya atau seperlunya saja. Agar terhindar dari resiko proses mutasi pada ikan louhan yang membuat akan lebih lambat.
  5. Disaat anda meletakan ikan louhan pada akuarium, sebaiknya cukup biarkan dan jangan dipindahkan ke tempat lain, agar ikan tidak kaget dengan perubahan lingkungan yang tadinya di dalam akuarium berpindah menjadi lingkungan dalam toples/botol.
  6. Kurangilah pemakaian terlalu banyak lampu atau pencahayaan lainnya.
  7. Pastikan suhu air tidak lebih dari 28-30 derajat celcius . Ikan louhan yang sedang bermutasi saat suhu dinaikkan proses mutasinya akan sangat tiba-tiba berjalan menjadi lebih cepat dan lebih baik. Akan tetapi anda juga harus berhati-hati pada saat menaikkan suhu, disisi lain oksigen akan semakin menipis, sehingga ikan louhan akan terlihat mulai kehabisan nafas dan terengah-engah, sehingga dibutuhkan suplai oksigen lebih.

Baca juga: Ciri Peranakan Ikan Louhan yang bagus

Beberapa tips agar ikan louhan bermutasi lebih cepat dari biasanya, adalah tips yang harus anda ketahui. Karena ikan Louhan adalah ikan yang kuat, namun sensitif. Maka dari itu anda harus mampu merawat ikan tersebut dengan baik dan benar.

Labels: Ikan louhan

Thanks for reading Informasi Tentang Proses Mutasi Ikan Louhan. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Informasi Tentang Proses Mutasi Ikan Louhan"